Mary and Max

0
410

Mary and Max
Amazing!!! Mary and Max tampil dengan kisahnya yang luar biasa, penuh inspirasi dan menyentuh.

DATA FILM

  • Judul Film: Mary and Max
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Adam Elliot
  • Penulis Skenario:  Adam Elliot
  • Produser: Melanie Coombs
  • Studio Produksi: Melodrama Pictures
  • Distributor: Icon Entertaiment International
  • Negara: Australia
  • Bahasa: Inggris
  • Durasi: 80 menit
  • Tahun Rilis: 9 April 2009 (Amerika)


DATA LAINNYA

  • Penghargaan yang diperoleh:
      • Annecy International Animated Film Festival (menang)
      • Berlin International Film Festival: Generation 14plus – Best Feature Film, Adam Elliot (menang)
      • Ottawa International Animation Festival: Adam Elliot (menang)


PEMERAN UTAMA

  • Toni Collette sebagai pengisi suara Mary Daisy Dinkle
  • Philip Seymour Hoffman sebagai pengisi suara Max Jerry Horovitz
  • Eric Bana sebagai pengisi suara Damien


SINOPSIS

Bersetting tahun 1976 di sebuah kota kecil di Melbourne, Australia hidpulah seorang gadis lugu Mary Daisy Dinkle (Toni Collete) berusia 8 tahun. Mary harus menerima kenyataan hidupnya tidak seberuntung anak2 lain yang dapat hidup bahagia dengan keluarganya. Ibu Mary adalah seorang alkoholik dan kleptomania yang jarang memperhantikannya, sementara ayahnya terlalu sibuk bekerja sebagai seorang buruh pabrik sehingga tidak memiliki waktu untuknya.

Sebagai anak kecil yang lugu sudah tentu Mary memiliki banyak sekali pertanyaan yang ingin ia tanyakan, namun karena ia tidak memilik orang lain untuk bertanya dan curhat ia akhirnya memutuskan untuk menulis surat kepada seseorang yang ia pilih secara acak melalui buku telepon internasional, dan ia mendapatkan nama Max Jerry Horovitz, seorang atheis  Amerika keturunan Yahudi berusia 44 tahun yang tinggal di Kota New York Amerika.

Dimulai dari surat pertama Mary kepada Max persahabatan unik beda usia ini pun dimulai. Perbedaan umur dan jarak yang sangat jauh bukanlah halangan keduanya untuk saling berbagi cerita tentang kehidupan mereka dan orang2 disekitar mereka. Senang dan sedih mereka pun saling medukung satu sama lain. Tidak jarang mereka saling membatu dalam mengahadapi setiap masalah yang dihadapi dimana mereka akhirnya menemukan apa yang dinamakan pershabatan sejati itu.



TRAILER

 


REVIEW


Amazing!!! Mary and Max tampil dengan kisahnya yang luar biasa, penuh inspirasi dan menyentuh. Sebuah kisah persahabatan sejati nan apik ini dibalut dengan teknik stopmotion clay animation yang sangat sederhana, unik namun penuh makna. Tidak seperti biasanya, dimana teknik seperti ini umumnya ditujukan pada film anak-anak atau keluarga, Mary and Max dengan cukup berani menerobos batasan tersebut. Dengan menampilkan kisah yang terbilang kelam, depressing dan penuh dengan tema-tema dewasa, yang sangat tidak pantas untuk di tonton oleh anak-anak. Walaupun tampaknya karakter-karakter yang ditampilkan disini cukup lucu. Bagi yang pernah menonton Persepolis atau Waltz With Bashir mungkin akan mengerti seperti apa Mary and Max.

Dukungan naskah yang jenius Adam Elliot, menjadikan film yang memenangkan Annecy International Animated Film Festival 2009 ini, penuh dengan dialog-dialog yang penuh penuh makna disetiap adegannya. Film ini juga akan membuat penontonnya tertawa dengan banyaknya komedi hitam yang cukup menghibur. Dan mungkin juga film ini membuat penontonya terharu dan bersimpati melihat perjalanan hidup dan masalah yang menimpa kedua karakter utamanya.

Sebuah film animasi jelas belum lengkap tanpa kehadiran para pengisi suara, dan disini Sang sutradara Adam Elliot tidak tanggung-tanggung menunjuk aktor dan aktris kelas atas untuk mengisi suara-suara para karakaternya. Sebut saja nama Toni Collette, Philip Seymour Hoffman dan Eric Bana. Di sini mereka tampil luar biasa, khususnya Philip Seymour Hoffman dan Toni Collette yang mengisi suara Max dan Mary, sehingga karakater-karakter yang terbuat dari tanah liat ini benar-benar tampil hidup dan penuh emosi.

Overall, ditengah gemerlapnya berbagai animasi CGI dari studio-studio besar, seperti Pixar dan Dreamworks, yang tampil dengan dukungan warna cemerlang dan spesial efek nan canggih, Mary and Max tampil dengan kesederhanaan stopmotion clay animation-nya yang unik, dan kekuatan ceritanya yang luar biasa. Sebuah film yang akan menyentuh nurani dan emosi siapa saja, kecuali anak-anak tentu saja, yang menontonya.

(Hary/Kitareview.com)
SHARE
Previous articleThe Visitor
Next articleThe Proposal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here