Review Film Disturbia

0
546

“Alur cerita yang menegangkan dan sulit ditebak, membuat penontonnya enggan untuk berkedip sekalipun.”

DATA FILM

– Judul Film: Disturbia
– Genre: Thriller – Crime
– Sutradara : D.J. Caruso
– Produser: Ivan Reitman – Steven Spielberg
– Penulis Skenario: Christopher B. Landon, Carl Ellsworth
– Studio Produksi: DreamWorks Pictures – Cold Spring Pictures
– Distributor: DreamWorks Pictures
– Negara: Amerika
– Bahasa: Inggris
– Durasi: 105 menit
– Tahun Rilis: 13 April 2007 (USA)

PEMERAN UTAMA

– Shia LaBeouf sebagai Kale Brecht
– Sarah Roemer sebagai Ashley
– Carrie-Anne Moss sebagai Julie Brecht
– David Morse sebagai Robert Turner
– Aaron Yoo sebagai Ronnie

SINOPSIS

Setelah kematian ayahnya karena kecelakaan mobil, Kale Brecht memasuki babak baru dalam kehidupannya. Suatu hari, Kale meninju guru bahasa Spanyol di sekolahnya karena beliau menyinggung perihal ayahnya yang membuat ia jengkel. Akibatnya, ia ditetapkan sebagai tahanan rumah selama tiga bulan dan wajib memakai alat monitor yang dilengkapi sensor jarak di pergelangan kakinya untuk mengawasi pergerakannya.

Merasa bosan dengan aktivitasnya di rumah, Kale mencoba memata-matai tetangga sekeliling rumahnya dengan menggunakan teropong. Ia bersama temannya, Ronnie mulai tertarik memperhatikan aktivitas yang dilakukan tetangganya sehari-hari, bagian yang paling disukainya adalah ketika ia memata-matai tetangga barunya, Ashley, seorang gadis jelita yang baru pindah dari luar kota bersama kedua orang tuanya. Karena, ruang gerak yang terbatas, ia tak bisa mendekati gadis itu secara langsung.

Kegiatan memata-matai mulai menyita perhatian Kale ketika suatu hari ia melihat Robert Turner, tetangganya yang tinggal seorang diri, membawa pulang mobil Ford Mustang tahun 1967 dengan bemper sebelah kanan penyok. Mobil tersebut sesuai dengan yang dideskripsikan progam berita yang ditontonnya, bahwa mobil itu milik seorang pembunuh dari Texas yang suka berkelana dan belum ditemukan hingga saat ini.

Kale semakin mencurigai lelaki paruh baya itu ketika ia melihat seorang wanita malam yang dibawa pulang Turner mencoba melarikan diri dari rumah tersebut sambil berteriak minta tolong. Ketika teriakan wanita tersebut tak terdengar lagi, ia menduga Turner pasti telah membunuh wanita malang itu. Namun, beberapa saat kemudian, seorang wanita keluar dari rumah Turner lalu masuk ke mobil dan meninggalkan rumah itu. Kale merasa bahwa itu adalah wanita yang sama dengan yang dilihatnya tadi. Hal itu melumpuhkan kecurigaannya terhadap Turner.

Namun, kecurigaan Kale terhadap Turner kembali bangkit ketika ia melihat percikan darah di jendela tetangganya itu. Bagaimanakah usaha Kale dalam mengungkap keberadaan pembunuh di sekitar rumahnya? Dan bagaimanakah usaha Kale mendekati gadis yang selama ini ia mata-matai?

TRAILER

REVIEW FILM DISTURBIA

Disturbia merupakan sebuah film yang sedikit berbeda dari film bergenre thriller lainnya. Film ini agak lebih modern, dan unsur dramanya masih diperhitungkan. Film yang dibintangi aktor tampan pujaan para gadis, Shia Labeouf, menyuguhkan cerita yang menegangkan dan sesekali diselingi unsur drama yang seru untuk diikuti.

Aktivitas memata-matai yang dilakukan karakter utama dalam film ini, akan mengajak anda untuk ikut terlibat di dalamnya. Alur cerita yang menegangkan dan sulit ditebak, membuat penontonnya enggan untuk berkedip sekalipun. Karena setiap detailnya film ini mengandung makna yang harus dicerna, untuk mengungkap siapa sebenarnya sang pembunuh yang sadis itu. Namun jangan salah, cerita film ini tidak terlalu berat, hanya saja akan agak mengecoh anda dengan alur ceritanya yang dibuat sedemikian rupa.

Musik latar dan efek suara yang sempurna semakin melengkapi ketegangan dalam film ini. Apalagi, karakter-karakter dalam film tersebut diperankan dengan sangat baik oleh para pemain, menjadikan film tersebut terlihat riil. Terutama akting dari si aktor utama, Shia Labeouf. Bagi anda yang belum mengenal atau lupa siapa itu Shia Labeouf, dia adalah pemeran Sam Witwicky di film Transformers dan Transformers: Revenge of The Fallen. Anda pasti tahu bagaimana akting  “si tampan” ini di kedua film tersebut. Begitu memuku dan meyakinkan. Loh kok jadi berasa terlalu berlebihan memuji Shia Labeouf yah? Hahaha.. :DSelain itu, Jalan cerita yang dirancang sang penulis skenario, didukung sentuhan sutradara D.J. Caruso yang sukses mengarahkan para pemainnya, berhasil menghipnotis para penonton seperti ikut terlibat dalam film ini.

Dari taglinenya, “every killer lives next door to someone”, film ini mencoba memperingatkan anda agar berhati-hati dengan lingkungan sekitar tempat anda tinggal. Belum tentu orang yang anda kenal dengan baik ataupun menurut anggapan anda baik, memang seperti yang anda kenal selama ini. So beware guys, and watch this movies for great experience. Semoga anda tidak menjadi paranoid setelah menonton film ini =)

Demikian review film Disturbia dari Kitareview.com, semoga bermanfaat 🙂

(aMi/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here