New Wave Marketing: The World Is Still Round, The Market is Already Flat

0
294

1556956760_20091104010648_buku-new wave marketing copy
“Buku yang cukup mengasyikan buat dibaca dengan santai.”

DATA BUKU

  • Judul Buku: New Wave Marketing: The World Is Still Round, The Market is Already Flat        
  • Jenis Buku: Umum             
  • Penulis: Hermawan Kartajaya
  • Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
  • Bahasa: Indonesia
  • Cetakan Pertama: Desember 2008
  • Tebal Buku: 320 halaman
  • Dimensi Buku (P x L): 15 x 23 cm
  • No. ISBN: 979-2242-39-3
  • Website Resmi Penerbit: http://www.gramedia.com
  • Harga:
      • Gramedia: Rp.65.000 (Update November 2009)

SINOPSIS

Facebook,Blog, Web 2.0, Wikipedia, Social Networking, Mobile Marketing, Experiential Marketing, Offline dan Online Community, Many-to-Many Marketing. Itulah istilah-istilah yang belakangan sangat marak dalam dunia bisnis, khususnya marketing. Lanskap bisnis memang sudah dan sedang berubah dengan cepatnya, sehingga memerlukan berbagai pendekatan baru untuk menyikapinya. Konsep-konsep marketing yang ada dalam buku-buku teks saat ini menjadi kurang relevan lagi, di tengah gelombang perubahan yang utamanya dipicu oleh perkembangan teknologi internet dengan Web 2.0-nya, serta perkembangan mobile technology.

Pendekatan marketing yang bersifat vertikal, top-down, dan one-to-many akan digantikan oleh pendekatan yang bersifat horisontal, bottom-up, dan peer-to-peer serta many-to-many. “Legacy Marketing” akan digantikan oleh “New Wave Marketing”. Dengan pendekatan ini, pemasar bisa melakukan aktivitas low-budget high-impact marketing.

The New Wave Marketing berintikan 12C:

  1. Communitization
  2. Confirming
  3. Clarifying
  4. Coding
  5. Co-Creation
  6. Currency
  7. Communal Activation
  8. Conversation
  9. Commercialization
  10. Character
  11. Caring
  12. Collaboration

 


REVIEW

 

Buku yang cukup mengasyikan buat dibaca dengan santai. Seperti tulisan-tulisan Hermawan sebelumnya, kekuatan buku ini terletak pada cerita-cerita pengantar yang up to date. Konten yang serius namun dikemas dalam ilustrasi pengantar yang sangat funky, gaul dan enak dibaca.Bagi pemula dalam hal dunia marketing, jangan khawatir. Karena buku ini juga menyisipkan ilmu–ilmu marketing dasar di beberapa babnya. Beberapa bab awal dari buku ini, berusaha untuk menggambarkan lanskap yang telah berubah, serta kaitannya dengan aktivitas pemasaran. Contoh-contoh yang digunakan berkaitan dengan isu-isu politik dunia, sosial, budaya serta teknologi. Bagian pertengahan sampai akhir buku, berisi bab-bab yang membahas konsep 12C yang menjadi esensi buku ini.

Sayangnya konten dalam buku ini, terutama konsep 12C yang baru, yang digunakan untuk menggantikan 9 elemen dalam Legacy Marketing (segmenting, targeting, positioning, diferensiasi, marketing mix, selling, brand, service, proccess), menurut Kita agak sedikit dipaksakan. Kita sangat setuju dengan konsep New Wave, bahwa lanskap telah berubah. Tetapi Kita merasa konsep 12C tadi agak sedikit mengada-ada. Dalam artian, bahwa konsep 12C tadi masih merupakan perluasan dari konsep 9 Elemen Marketing, yang dahulu pernah dipopulerkan oleh Hermawan Kertajaya juga. Bukan suatu konsep baru yang orisinal. Ditambah lagi Buku ini disusun dengan “copas”, alias copy paste, dari kompas.com. Sehingga bentuknya lebih mirip kliping dari pada buku =(

Namun terlepas dari itu semua, menurut Kita, sang penulis buku ini, Hermawan Kertajaya, benar-benar seorang “The Guru of Modern Marketing”. Semoga buku selanjutnya bisa sama dahsyatnya seperti Marketing in Venus 🙂

(Andi/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleTipping Point
Next articleThe Road Less Travelled

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here