Konjugasi Verba Perancis v5.0

0
527

396409384_20100327061643_buku-konjugasiverbaprancis5
“Sedang belajar Bahasa Perancis? Buku ini pasti menjadi teman setia Anda!”

DATA BUKU

    • Judul Buku: Konjugasi Verba Perancis v5.0
    • Jenis Buku: Umum
    • Penulis: Marc Le moullec & Novi Erytryasilani
    • Penerbit: Enrique Indonesia
    • Bahasa: Indonesia
    • Cetakan Edisi 5: Oktober 2006
    • Tebal Buku: 144 halaman
    • Dimensi Buku (P x L): 11,6 x 16,3 cm
    • No. ISBN: 979-96177-1-5
    • Website Resmi Penerbit: –
    • Harga:

        • Gramedia: Rp.40.000
        • (Harga Update Maret 2010)


SINOPSIS

Verba digunakan di mana-mana, terlebih untuk Bahasa Perancis. Jika di dalam penggunaan Bahasa Inggris kita hanya perlu menghafalkan kata-kata tertentu saja, Bahasa Perancis memiliki aturannya sendiri dalam menggunakan verba. Sebagai kata kerja, penggunaan verba dapat ditemui di hampir setiap kalimat. Namun, verba dalam Bahasa Perancis berbeda-beda untuk setiap pelaku/subyek yang digunakan!

Misalnya, di dalam Bahasa Indonesia, terdapat kata-kata seperti “saya pergi”dan “dia pergi”. Kata “pergi” tidak berubah menurut subyeknya. Sedangkan di dalam Bahasa Perancis, untuk keadaan present “vais” hanya digunakan untuk subyek “je” menjadi “je vais” (saya pergi), sedangkan “vous” (Anda) menggunakan “allez”. Belum lagi ditambah verba-verba untuk waktu yang berbeda! Seperti layaknya Bahasa Inggris, kita mengenal “go, went, gone”, di dalam Bahasa Perancis juga terdapat perbedaan kata-kata verba untuk masing-masing keterangan waktu.

Namun, ada sebuah kabar gembira! Anda tidak perlu bingung dalam menentukan verba Bahasa Perancis yang kompleks itu. Buku ini telah hadir untuk Anda!

 

REVIEW

Buku ini sangat aplikatif dan mudah untuk digunakan! Ukurannya yang mungil dapat digunakan di mana saja. Dari segi kualitas fisik, buku ini menggunakan kertas berkualitas baik yang terkadang terlupakan dari buku-buku pembelajaran bahasa. Meskipun demikian, harganya pun cukup terjangkau.Menyajikan aturan penggunaan verba dan cara mengaplikasikannya dalam penggunaan nyata, buku ini juga dilengkapi dengan tabel konjugasi verba. Seperti layaknya sebuah kamus verba, terdapat 8000 indeks verba yang dapat digunakan untuk memudahkan pencarian verba yang ingin diketahui. Indeks ini memungkinkan kita untuk mengetahui verba asal dari verba yang belum kita ketahui, sehingga buku ini dapat menjadi teman setia kita ketika membaca, memahami, ataupun menulis dalam Bahasa Perancis.

Namun, setiap buku pasti memiliki kekurangannya masing-masing. Buku ini mungkin sangat tepat bagi para peneliti kebahasaan atau sastrawan, namun nampaknya agak sulit dicerna oleh masyarakat awam karena bahasa yang digunakan banyak menggunakan istilah khusus dalam ilmu kebahasaan.

Tidak perlu khawatir, meskipun demikian Anda masih dapat mempelajari beragam implementasi dari berbagai macam penggunaan verba. Buku ini disajikan secara ringkas sehingga di satu sisi kita mungkin lebih sulit memahaminya, namun di sisi lain akan memudahkan kita untuk memantapkan pemahaman kita sepanjang waktu.

Jika Anda tengah mempelajari Bahasa Perancis, buku ini akan selalu setia menjadi teman belajar Anda! 🙂

(Sunlita/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here