Sate Sapi Pak Kempleng

0
355

Sate Sapi Pak Kempleng

“Ukuran potongan daging sate disetiap tusuknya cukup memuaskan”

DATA TEMPAT

  • Nama Tempat: Sate Sapi Pak Kempleng
  • Alamat: Jl. Diponegoro No 217 Ungaran Semarang Jawa Tengah
  • Menu Utama: Sate daging sapi
  • Harga: Rp 25.000 – Rp 35.000 (update November 2012)

REVIEW

Mendengar kuliner sate yang merupakan makan paling digemari di Indonesia pasti membuat perut keroncongan. Kuliner sate yang kami review ini terletak di pinggir jalan daerah Ungaran Semarang bernama Sate Sapi Pak Kempleng.

Nama Sate Pak Kempleng sebenarnya Pak Sakimin yang dahulu berjualan di alun-alun Ungaran. Setelah sepeninggalan Pak Sakimin usaha sate kemudian dilanjutkan oleh putranya bernama Pak Sumorejo yang berhasil sampai membuat beberapa cabang disekitar semarang.

Setiba didalam warung pelayan langsung menghampirin dan siap menulis pesanan para pengunjung. Menu yang dijual bukan hanya sate dari daging sapi saja namun juga tersedia sate atau tongseng dari daging kambing. Karena tujuannya untuk mencoba masakan khasnya berupa sate sapi, terasa kurang pas jika yang dipesan adalah sate kambing.

Sate Sapi Pak Kempleng terdiri dari 10 tusuk sate dengan potongan dagingnya dapat dikatakan  cukup besar. Sebelum di panggang sate sapi ini terlihat sudah dimasak terlebih dahulu. Sehingga proses penyajian tidak perlu membutuhkan waktu cukup lama untuk memanggannya.

Dalam penyajiannya  ada tiga bagian yaitu piring Sate Sapi, mangkok berisi kuah sate dan lontong (atau bisa diganti dengan nasi). Cara menikmatinya dapat langsung menuangkan kuahnya ke atas sate atau mencelupkan sate ke dalam kuah. Setelah dicoba sate sapi pak kempleng dagingnya cukup lembut dan memiliki rasa manis. Rasa manis ini juga terasa pada kuahnya, jika dibandingkan dengan kuliner sate lainnya , rasa sate Pak Kempleng  hamper sama seperti kuliner Sate Ambal dari kebumen. Perbedaannya adalah Sate Ambal bahananya dari daging ayam. Namun biasanya untuk lidah orang Sumatra mungkin kurang pas untuk rasa sate ini.

Berminat untuk mencoba….

(MGI/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleKampoeng Kopi Banaran
Next articleTenda-ku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here