Review Game Call of Duty 4: Modern Warfare

6
4393

“Tidak salah game Call of Duty 4: Modern Warfare ini menjadi game terbaik pada tahun 2007”

DATA GAME

– Judul Game: Call of Duty 4: Modern Warfare
– Genre: First Person Shooter (FPS)
– Platform: PC (tersedia juga di PS3 dan Xbox 360)
– Produser: Mark Rubin – Peter Blumel
– Designer: Keith Arem
– Penulis: Jesse Stern
– Komposer: Harry Gregson-Williams
– Pengembang: Infinity Ward
– Penerbit: Activision
– Negara: Amerika Serikat
– Bahasa: Inggris
– Tanggal Rilis: 05 – 11 – 2007
– ESRB Rating: M (Dewasa)
– Website Resmi: http://www.callofduty.com

SPESIFIKASI PC YANG DIBUTUHKAN

Minimum:
– Windows XP/Vista/7
– Pentium 4 2.4 GHz / AMD 64 2800+ or better.
– 512MB RAM (Win XP), 768MB RAM (Win Vista)
– GeForce 6600 or better or Radeon 98000 or better
– 100% DirectX 9.0c compatible sound card
– 8GB uncompressed free space (plus 600MB for swap file)
– Broadband connection for Multiplayer

STORYLINE

Game Call of Duty 4 Modern Warfare (COD4MW) berbeda dengan seri Call of Duty sebelumnya yang selalu menceritakan kejadian sejarah pada perang dunia II, kali ini Infinity Ward membawa Anda dalam peperangan bersetting dunia modern dengan cerita fiksi mengenai perang saudara akibat kudeta di Timur Tengah dan kelompok ‘Ultranasionalis’ di Rusia yang keduanya didalangi oleh Imran Zakhaev.

Pada awalnya Sersan McTavish ‘Soap’, Kapten Price ‘Gaz’ dan beberapa prajurit SAS lainnya menemukan misil nuklir yang berada didalam kapal kargo di Laut Bering. Mereka pun mengambil sebuah bukti yaitu catatan tentang misil tersebut, yang pada akhirnya membuktikan adanya hubungan antara kejadian di Timur Tengah dan Rusia.

PREVIEW/TRAILER

REVIEW GAME CALL OF DUTY 4: MODERN WARFARE

Pada suatu game FPS, kontrol pemain terhadap gerakan karakter sangatlah penting karena hal itulah yang akan menentukan apakah game FPS tersebut enak dan mudah untuk dimainkan atau tidak. Pada game Call of Duty 4: Modern Warfare ini terdapat beberapa gerakan dasar, seperti berdiri, merunduk dan tiarap, juga Anda dapat miring ke kiri dan ke kanan untuk mengintip tanpa harus memperlihatkan badan kepada musuh.

Salah satu gerakan yang unik adalah Anda dapat mengambil granat lawan dan melemparkan kembali. Selain itu juga terdapat fitur baru yang belum pernah ada pada seri Call of Duty sebelumnya yaitu berlari. Fitur ini sangat berguna untuk menghindari musuh atau bergerak cepat ketika menyeberang sehingga menyulitkan musuh untuk menembak.

Di review game Call of Duty 4: Modern Warfare ini, kita juga akan membahas soal senjata. Anda akan memiliki banyak pilihan senjata yang nyata ada pada saat ini, seperti M4A1, AK-47, G3, R700, MP5, RPD, Desert Eagle, USP dan lainnya, juga tidak lupa senjata peledak seperti rocket launcher, grenade launcher, javelin, dan lainnya. Setiap senjata memiliki karakteristik yang berbeda-beda juga memiliki plus minus masing-masing. Tidak lupa juga pemain dapat mengaktifkan night vision goggles agar dapat melihat dengan jelas di kegelapan.

Screenshot dari game Call of Duty 4: Modern Warfare
Screenshot dari game Call of Duty 4: Modern Warfare

Grafik COD4MW sangatlah baik. Engine dari Infinity Ward yang disebut IW3 bekerja dengan maksimal, setiap objek yang ada pada layar terlihat detil, efek-efek tembakan, ledakan dan juga efek-efek lainnya sangatlah terlihat indah dan nyata. Fitur weather effect juga sangat berperan membangun suasana yang nyata saat anda memainkan game ini. Walaupun game ini memiliki grafik yang indah, tetapi game ini tetap ringan walaupun dimainkan di PC dengan spesifikasi ‘pas-pasan’.

Ketika mereview game ini, kita juga memperhatikan suara. Suara dari game Call of Duty 4: Modern Warfare ini pun tidak kalah baiknya jika dibandingkan dengan sisi grafik. Suara terdengar sangat jelas, efek-efek tembakan dan ledakan sangat baik, suara tembakan dari masing-masing senjata memiliki ciri khas masing-masing sehingga Anda bisa tahu senjata apa yang sedang Anda dengar. Efek 3D yang disajikan pun sangat terasa.

Ketika Anda bermain mode multiplayer, efek suara 3D tersebut sangatlah membantu Anda untuk mengetahui dimana keberadaan musuh. Voice acting dari setiap karakter pun sangatlah baik, tidak kaku, tampak seperti film Hollywood kelas atas. Sangat rapi, tidak kaku dan terdengar natural tidak dibuat-buat. Sehingga ketika Anda bermain, para karakter NPC yang terdengar disekitar Anda juga akan turut membangun suasana yang Anda alami. Beberapa efek suara ada yang diambil dari seri Call fo Duty sebelumnya.

Di dalam game ini, anda dapat memilih untuk memainkannya dalam Single Player Campaign ataupun Multiplayer. Pada mode single player, Anda akan memainkan 6 karakter yang berbeda dalam setiap stagenya. Seperti seri-seri Call of Duty sebelumnya, ada 2 kubu yang akan Anda mainkan, pertama adalah tentara SAS (Special Air Service) dan yang kedua adalah tentara USMC (United States Marine Corps). Pada mode ini terdapat beragam misi yang harus diselesaikan pada setiap stage, misi akan terus berkembang seiring dengan perkembangan yang ada dalam stage tersebut. Contohnya seperti mencari orang, masuk ke daerah musuh, membunuh, meledakan alat dan lainnya. Pemain akan diberitahu arah tujuan dari misi melalui radar yang tampak pada layar.

Saat menyelesaikan misi pada setiap stage, pemain akan selalu ditemani oleh AI yang turut membantu Anda dalam menembaki musuh.Tiap stage menyuguhkan pertempuran yang sangat seru dan sangat intens. Peperangan terjadi indoor dan outdoor sehingga suasana perang benar-benar terasa seperti perang sebenarnya, atau paling tidak seperti terasa berada di film perang 🙂

Kerusuhan yang dirasakan benar-benar akan membuat Anda merasakan betapa sulitnya untuk maju terus pada medan perang. Hal ini lah yang membuat seri COD selalu menjadi game perang terbaik sepanjang masa dan berhasil mengalahkan seri game Medal of Honor.

Tapi sayangnya, mode single player terasa sangat cepat selesai, cerita pun begitu pendek, langsung kepada inti permasalahan tanpa ada basa-basi. Sedangkan untuk Multiplayer, tampaknya Infinity Ward lebih menonjolkan mode ini, dilihat dari single player yang sangat pendek. Pada mode mutiplayer, pemain benar-benar akan merasakan pengalaman multiplayer yang baru. Terdapat beberapa mode permainan, seperti team deathmatch, free for all, domination, search and destroy, sabotage, dan lain-lain. Masing-masing mode memiliki objektif yg berbeda-beda, sehingga dapat dipastikan anda tidak akan bosan memainkan multiplayer ini.

Secara keseluruhan, COD4MW merupakan game yang sangat baik dan seru, baik dari sisi single player maupun multiplayer yang begitu unik dan menarik. Tembakan demi tembakan pada game ini benar-benar terasa, sehingga keseruan yang didapat dari bermain pun menjadi pengalaman yang baru dari sebuah game FPS bertemakan perang. Cerita pun sangat menarik, berbobot tetapi mudah untuk dimengerti dan metode pembawaan ceritanya pun baik.

Game ini sangatlah adiktif, apalagi jika Anda memainkan multiplayer-nya. Tidak salah game Call of Duty 4: Modern Warfare ini menjadi game terbaik pada tahun 2007, bersama-sama dengan Super Mario Galaxy yang menjadi saingan berat COD4MW pada saat itu. Salut kepada Infinity Ward yang selalu membuat seri COD menjadi seri game FPS perang terbaik sepanjang masa pada setiap aspeknya.

Oke itulah review game Call of Duty 4: Modern Warfare. Ingat kalo main game ini jangan sampai lupa waktu ya. Yuk langsung dicoba game nya 🙂

(Salman/Kitareview.com)

6 COMMENTS

  1. gan ane minta info nya dong yg bener yg mana sih susunan Call of duty modern walfare 2 ….3…. 4 ane baru maen yg ketiga serie itu yg modern walfare yg pertama yg mana ya…. ko engga ada modern walfare ke 1..trims

  2. saya udah main sampe peluncuran rockrt tapi saat misi selesai kok tiba" keluar dan komputernya ngak bisa di apa"in itu cara ngatasinya gimana y. minta bantuannya…!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here