Dragon Age: Origins

0
763

Dragon Age: Origins
..salah satu game RPG terbaik yang pernah Kita mainkan.

DATA GAME

  • Judul Game: Dragon Age: Origins
  • Genre: 3rd person RPG (Role-Playing Game)
  • Produser: Dan Tudge – Mark Darrah
  • Sutradara: Dan Tudge – Mark Darrah
  • Pengembang: BioWare Corporation
  • Penerbit: Electronic Arts, Inc.
  • Platform: PC (tersedia juga untuk Playstation 3, XBOX 360)
  • Negara: USA – Canada
  • Bahasa: Inggris
  • Estimasi Durasi Main: 25 – 100 jam
  • Tanggal Rilis: 3 November 2009
  • Rating ESRB: Dewasa (mengandung unsur kekerasan, darah, bahasa kasar, konten seksual )
  • Situs Resmi: http://dragonage.bioware.com/
  • Situs Pendukung Lain:



SPESIFIKSI YANG DIBUTUHKAN (PC)

  • Minimum (Windows XP):
      • OS:  Windows XP with SP3
      • CPU: Intel Core 2 (or equivalent) running at 1.4Ghz or greater – AMD X2 (or equivalent) running at 1.8Ghz or greater
      • RAM: 1GB or more
      • Video: ATI Radeon X850 128MB or greater – NVIDIA GeForce 6600 GT 128MB or greater
      • DVD ROM (Physical copy)
      • 20 GB HD space
  • Minimum (Windows Vista):
      • OS: Windows Vista with SP1
      • CPU: Intel Core 2 (or equivalent) running at 1.6Ghz or greater – AMD X2 (or equivalent) running at 2.2GHZ or greater
      • RAM: 1.5 GB or more
      • Video: ATI Radeon X1550 256MB or greater – NVIDIA GeForce 7600 GT 256MB or greater
      • DVD ROM (Physical copy)
      • 20 GB HD space
  • Rekomendasi:
      • CPU: Intel Core 2 Quad 2.4Ghz Processor or equivalent
      • RAM: 4 GB (Vista) or 2 GB (XP)
      • Video: ATI 3850 512 MB or greater – NVIDIA 8800GTS 512 MB or greater
      • DVD ROM (Physical copy)
      • 20 GB HD space


STORYLINE

Empat ratus tahun sudah berlalu sejak peperangan Blight terakhir. Yaitu peperangan antara Grey Warden (pasukan elit yang terdiri dari gabungan ras Manusia, Elf, Dwarf) melawan kekuatan jahat Darkspawn (para monster yang terdiri dari Genlock, Hurlock, Ogre, dan Shriek). Setelah pimpinan para Darkspawn yaitu Archdemon berhasil dilumpuhkan oleh Grey Warden, maka berakhirlah Blight pada saat itu, dan Grey Warden pun menjadi pahlawan karena membuat rakyat kembali hidup tenteram.

Namun setelah beratus-ratus tahun hidup tenteram, saat ini rakyat Ferelden kembali dibuat gusar dan cemas. Karena beberapa kali mereka menyaksikan dan melaporkan adanya kemunculan Darkspawn di  seluruh penjuru tanah Ferelden, rakyat ketakutan bahwa Blight akan terulang kembali. Berita ini pun sampai di telinga sang raja Cailan Theirin. Dia pun lalu memerintahkan pimpinan Grey Warden saat ini, yaitu Duncan untuk memeriksa kebenaran rumor tersebut dan mengumpulkan lagi pasukan Grey Warden untuk bersiap-siap melawan Darkspawn.

Karena Grey Warden baru saja kembali aktif setelah 200 tahun terusir dari kerajaan Ferelden karena suatu insiden/skandal. Maka tidak mudah bagi Duncan untuk membangun kembali pasukan Grey Warden-nya dalam waktu singkat, karena sebagian mereka tersebar diseluruh penjuru negeri. Oleh karena itu Duncan pun memutuskan untuk merekrut calon-calon Grey Warden baru dari seluruh penjuru Ferelden untuk melawan Darkspawn. Apakah Archdemon akan kembali lagi? Mampukah para Grey Warden ini kembali menghentikan ancaman Darkspawn dan mengakhiri Blight untuk selamanya?



PREVIEW

 

 


REVIEW


Bagi para gamer, terutama RPG mania. Tentu mengenal developer BioWare, pengembang game yang satu ini selalu membuat game RPG yang sangat disukai oleh para gamer. Hampir tidak ada game RPG buatan BioWare yang tidak hits dipasaran. Sebut saja dari Baldur’s Gate yang sudah rilis lebih dari satu dekade silam, lalu seri Neverwinter Nights, Star Wars: Knight of The Old Republic, Jade Empire, hingga yang belum terlalu lama rilis seperti Mass Effect. Semuanya merupakan RPG favorit para gamer yang juga beberapa kali telah mendapatkan penghargaan. Dan kini, bekerja sama dengan publisher sekelas Electronic Arts, yang sebelumnya juga sukses menerbitkan game gore ber-genre survival horror, yaitu Dead Space. Maka lahirlah game Dragon Age: Origins, sebuah game ber-genre RPG Gore yang bernuansa dark fantasy epic, dan dibumbui unsur dewasa.

Dragon Age: Origins merupakan salah satu game RPG terbaik tahun 2009, dan telah memenangkan beberapa penghargaan untuk kategori Best RPG of 2009 dari berbagai ajang penghargaan game. Dan menurut Kita sendiri, inilah game terbaik yang Kita mainkan sepanjang tahun 2009 silam. Selain gameplay yang keren, grafik yang memukau dan cerita yang sangat menarik, masih banyak sekali berbagai hal yang terdapat dalam dunia Dragon Age: Origins ini yang bisa Anda ekplorasi.

Game Dragon Age: Origins sendiri berlangsung di daerah bernama Ferelden yang terletak di sebuah benua bernama Thedas yang terletak di daerah selatan dari dunia Dragon Age. Ada banyak negara yang berdiri di Thedas seperti Anderfels, Antiva, The Free Marches, Ferelden, Nevarra, Orlais, Par Vollen, Rivain, Seheron, Tevinter Imperium dan beberapa negara lain yang tidak diketahui namanya. Sebuah info menarik, nama Thedas sendiri pada awalnya merupakan sebuah singkatan dari The Dragon Age Setting yang digunakan dalam forum Bioware untuk menunjuk kepada setting Dragon Age yang pada saat itu belum memiliki nama.

Game RPG ini berjenis open-ended game, jadi banyak sekali variasi jalan cerita yang bisa dimainkan sebagai roleplay avatar kalian. Dari awal mula game saja Anda sudah disodorkan 6 pilihan background dengan pilihan 3 ras utama yaitu Human, Elf, dan Dwarf. Keenam background itu antara lain adalah: Dalish Elf, Dwarf Commoner, City Elf, Magi, Human Noble, dan Dwarf Noble. Enam background yang Anda pilih ini akan berbeda-beda jalan ceritanya, dan mempengaruhi akhir cerita atau ending dari Dragon Age ini.Dalish Elf adalah sebuah komunitas free-elf yang tinggal di hutan, dan misi-misi awalnya adalah menyelamatkan temannya yang terjebak di dalan dungeon. Cerita pada Dwarf Commoner adalah seorang Dwarf miskin yang merupakan kasta terbawah dari struktur kasta Dwarf, dimana dia berusaha menjadi seorang pejuang. Cerita pada City Elf adalah seorang Elf yang menjadi budak para human, tinggal di daerah kumuh bernama Alienage, ketika akan melangsungkan pernikahan, mempelainya diculik oleh seorang bangsawan, dan dia harus menyelamatkan mempelainya. Cerita Magi adalah seorang apprentice yang sedang mengikuti ujian akhir memasuki Fade untuk menjadi seorang magician. Human Noble menceritakan anak seorang bann (bangsawan pada dunia Dragon Age, sekelas baron kalau pada jaman kerajaan eropa kuno) yang ingin menjadi Grey Warden, tapi harus menghadapi aksi kudeta dari orang kepercayaan ayahnya. Dan terakhir Dwarf Noble menceritakan anak seorang raja Dwarf yang telah dikhianati dan difitnah oleh saudaranya sendiri, akibat dari skandal perebutan tahta kerajaan. Walaupun pada awalnya keenam background ini memiliki cerita berbeda, tapi pada akhirnya Avatar Anda akan bertemu dengan pemimpin Grey Warden yaitu Duncan untuk di tes masuk ke dalam jajaran Grey Warden, dan membantu memerangi Darkspawn. Ending-nya sendiri ada berbagai macam variasi, kurang lebih hingga 16 macam variasi ending.



Seperti biasanya pada sebuah game RPG pasti ada yang namanya job atau class yang akan menjadi profesi dasar Avatar Anda. Terbagi tiga job dasar pada Dragon Age ini yaitu Warrior, Mage, dan Rogue. Yang nantinya pada 7 dan 14 bisa mengambil advanced job atau spesialisasi seperti, Berserker; Templar; Champion; Reaver untuk job dasar Warrior. Shapeshifter; Spirit Healer; Blood Mage; Arcane Warrior untuk job dasar Mage. Dan Assassin; Bard; Ranger; Duelist untuk job dasar Rogue. Tiap job dan spesialisasi-nya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta keunikannya tersendiri.

Di game Dragon Age ini terdapat para companion yang akan membantu misi-misi Avatar Anda dalam dunia Ferelden. Jadi Avatar Anda tidak akan sendirian menghadapi para Darkspawn. System pertempuran pada game ini adalah Party Battle dengan maksimal 3 companion yang bisa Anda bawa, maka dari itu pada game ini Anda dituntut untuk berstrategi dalam mengatur party dengan memilih komposisi party yang tepat. Tidak hanya Avatar Anda saja yang dapat digerakkan, tetapi companion juga bisa dikontrol. Total ada 9 companion yang bisa kalian rekrut selama perjalanan kalian menjelajahi dunia Dragon Age, ada companion yang pasti akan direkrut karena sesuai dengan main story, ada juga companion yang harus Anda cari sendiri untuk direkrut melalui sebuah side-quest, dan juga ada yang namanya temporary companion atau companion yang hanya akan menemani untuk satu atau beberapa misi saja, setelah itu pergi. Para major companion ini antara lain: Alistair (Templar), Dog (Warrior), Leliana (Bard), Morrigan (Shapeshifter), Oghren (Berserker), Shale (Warrior), Sten (Warrior), Wynne (Spirit Healer), Zevran (Assassin).

Selain untuk teman hunting, Anda juga bisa membangun relationship dengan para companion, semakin tinggi hubungan Anda (diukur dengan barometer bernama approval rating), maka companion ini akan semakin bersahabat dengan Avatar Anda dan bisa memberikan companion quest kepada kalian. Tetapi apabila approval rating rendah atau malah minus point-nya, maka hati-hati companion Anda bisa saja meninggalkan party camp untuk selamanya. Cara menaikkan approval rating yaitu sering-sering mengobrol dengan companion, memberikan pujian atau menaikkan moralnya, setuju dengan pendapatnya, atau bisa juga dengan cara memberikan hadiah kepada companion tersebut. Hal unik lainnya, Anda bisa juga berpacaran dengan para companion ini, ada beberapa companion yang bisa diajak pacaran. Kalau Anda memakai gender laki-laki, maka Leliana dan Morrigan bisa menjadi pacar apabila approval rating mencapai 90  poin keatas. Apabila genre Anda wanita, maka Alistair dan Zevran bisa menjadi pacar apabila approval mencapai 90 poin keatas juga. Dan, apabila companion yang sudah menjadi pacar Avatar Anda ini approval-nya sudah mencapai 100 poin, maka mereka bisa kalian ajak ke dalam tenda untuk selanjutnya….ehm…tebak saja sendiri kira-kira apa yang mereka lakukan di dalam tenda berduaan (adult content) :p.

Dari segi suara, Kita cukup salut dengan pengerjaan musik dan voice acting pada Dragon Age ini. Background musik mengalun sangat indah dan tepat sesuai dengan tema atau situasi yang sedang dihadapi Avatar Anda. Voice acting-nya pun menawan, hampir tidak ada suara atau tone yang sama pada setiap NPC yang Kita temui. Walaupun mungkin ada beberapa NPC yang diisi suaranya oleh satu orang, tetapi perbedaan tone atau nada suara serta perbedaan aksen itu yang membuat kita salut, sehingga tiap NPC memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Misalnya seperti Zevran asal negara Antiva yang memiliki aksen italia, Leliana asal negara Orlais memiliki aksen prancis, Morrigan memiliki aksen British yang kental, dan beberapa NPC lainnya yang memiliki aksen berbeda-beda.

Untuk control, Kita rasa tidak cukup sulit beradaptasi dengan kontrol pada Dragon Age. Bagi penggemar Neverwinter Nights atau game sejenis yang terbiasa dengan point ‘n click, kamera pada Dragon Age bisa diubah ke top view dan menggerakkan karakter dengan mouse. Yang terbiasa menggunakan keyboard juga kamera bisa diubah ke 3rd person atau 1st person dan menggerakkan karakter dengan keyboard menggunakan tombol WASD.

Salah satu fitur menarik lainnya (yang membuat Kita makin jatuh cinta dengan Dragon Age), adalah tersedianya fitur modification (atau dikenal dengan sebutan Mod) pada game ini. Mod adalah program atau file tambahan yang dibuat sendiri oleh para fans untuk menambah kenikmatan bermain, dengan tidak mengubah gameplay secara keseluruhan. Misalnya Mod untuk mengubah warna atau model rambut para companion, Mod untuk membuat equipment dan senjata baru yang tidak ada di dalam game, dan Mod lainnya yang sangat banyak versinya. Komunitas Mod untuk game Dragon Age ini cukup aktif dan para kontributornya selalu meng-update Mod-Mod terbaru mereka. Mod ini bisa Anda unduh pada website yang sudah Kita cantumkan diatas pada bagian Data Game. Proses instalasi dan penggunaan Mod ini cukup mudah, Anda tinggal mengikuti tutorial yang ada di situs tersebut.

Well, sebenarnya masih banyak sekali fitur dan hal-hal lainnya tentang Dragon Age yang bisa Kita review disini, tetapi biarlah itu menjadi rahasia untuk kalian eksplorasi sendiri nantinya. Secara keseluruhan game ini sangat Kita rekomendasikan terutama bagi Anda RPG-mania, dijamin nyesel deh kalau sampai tidak dimainkan, karena seperti sudah disebutkan diatas, Dragon Age adalah salah satu game RPG terbaik tahun ini, malah salah satu game RPG terbaik yang pernah Kita mainkan. Kita sendiri sudah memainkan game ini hingga lebih dari 100 jam, dan mengeksplorasi hampir tiap variasi cerita yang ada. Hanya satu pesan Kita untuk kalian ketika memainkan Dragon Age, jauhkan dari  jangkauan anak kecil, karena banyak mengandung unsur dewasa  🙂(Chibot/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleTom Clancy’s H.A.W.X
Next articleReview Game ARMA 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here