Gardening Mama

0
196

Gardening Mama
“Siapa bilang Mama hanya bisa masak? Yuk berkebun!”

DATA GAME

  • Judul Game: Gardening Mama
  • Genre: Puzzle
  • Tahun Rilis: 31 Maret 2009
  • Pengembang: Majesco Games – Taito Corporation
  • Platform: Nintendo Dual Screen
  • Estimasi Durasi Main: –


STORYLINE


Kali ini Mama tidak mengajak Anda untuk memasak. Setelah puas dengan ketiga seri Cooking Mama: Cooking Mama 1, Cooking Mama 2: Dinner With Friends, dan Cooking Mama 3: Shop & Chop, sudah waktunya kita beralih pada sesuatu yang baru. Masih dengan sang Mama yang akan berkata “Don’t worry! Mama will fix it!” ketika Anda melakukan kesalahan fatal dan berteriak “Perfect! Even better than Mama!” ketika Anda mencapai angka 100!

Di dalam Gardening Mama, terdapat empat lokasi utama: Flower Garden, Fruit Orchard, Veggie Garden, dan Rose Garden. Di setiap lokasi tersebut terdapat banyak lahan berpasir dengan gambar berbeda. Kita memulai perjalanan pada Flower Garden. Di sana Anda dapat menanam bersama Ayaka dan Chika. Ada banyak bunga yang dapat Anda tanam seperti Morning Glory, Dahlia, Anemone, Pansy, Carnation, dan lain sebagainya. Setelah selesai mengerjakan satu macam bunga, ia akan tumbuh menjadi bunga yang indah dan akan tampil di layar: menghiasi kebun bunga kesayangan. Ada keunikan tersendiri di dalam Flower Garden karena Anda bisa menaruh aneka aksesoris yang didapat seiring berjalannya game. Mulai dari pot-pot kecil hingga kurcaci berwarna-warni.

Di lokasi lain seperti Fruit Orchard, Anda tidak lagi menanam bunga. Bersama Papa, Anda akan menanam Apple, Grape, dan Kiwi. Buah-buahan ini tidak hanya sedap dipandang, namun jika Anda berhasil panen banyak: Wow! Kita bisa mendapatkan rumah baru! Rumah ini berada di Flower Garden sebagai markas utama Anda.

Yuk berjalan-jalan di Veggie Garden! Di sana ada Grandpa dan Takuya. Berbeda dengan Fruit Orchard, tanaman yang ditanam di Veggie Garden seperti Potato, Strawberry, dan Tomato. Hmm, ingin mencoba sesuatu yang eksklusif seperti Trailing Rose? Mawar ini ditanam melingkar mengikuti bentuk spiral yang indah. Anda dapat mencobanya di Rose Garden bersama Grandma.

Wah-wah, tidak hanya seru berkebun dengan segenap keluarga besar, Anda juga masih bisa adu ketangkasan dengan teman-teman melalui wireless conection. Psst, tapi hati-hati! Jangan lupa beli pelindung layar ya! Selamat bertanam!



PREVIEW

 


REVIEW


Kalau dibandingkan dengan seri Mama yang lain, tentu memasak lebih lezat daripada berkebun. Meskipun dengan memainkan game ini, tidak ada jaminan Anda akan menjadi lebih sehat, namun setidaknya game ini telah menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan. Hal ini sangat perlu diapresiasi mengingat sedikitnya game yang menanamkan nilai baik kepada pemainnya.

Dari segi penampilan, Gardening Mama memang tidak jauh berbeda dengan Cooking Mama. Namun, aktivitas mini-games yang dihadirkan dalam Gardening Mama ternyata lebih membingungkan bagi mereka yang beru pertama kali mencobanya, juga lebih membosankan. Jarang sekali Anda harus berpacu dengan waktu. Selain itu, untuk lokasi yang sama, jenis mini-games tidak jauh berbeda.

Dalam Gardening Mama Anda harus pandai mengatur waktu agar tanaman tetap terjaga sepanjang waktu. Caranya adalah: urus maksimal 2 tanaman hingga mereka benar-benar mekar lalu mulailah 2 tanaman lagi dari awal. Jika Anda mengurus 1 tanaman sekaligus, ia membutuhkan waktu untuk berkembang (biasanya 1 sesi mini-games di tempat lain). Namun jika Anda mengurus 3 tanaman sekaligus, tanaman-tanaman itu akan layu dengan sendirinya!

Tips lainnya: 2 tanaman yang Anda urus sebaiknya berasal dari tempat berbeda. Supaya Anda tidak cepat bosan! Selamat bersenang-senang!

(Sunlita/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here