Horton Hears a Who!

0
316

Horton Hears a Who!
“Selain anak-anak dapat menikmati kelucuan tingkah si Horton, orang dewasa juga akan diajak sedikit berpikir…”

DATA FILM

  • Judul Film: Horton Hears a Who!
  • Genre: Animasi – Keluarga
  • Sutradara: Jimmy Hayward & Steve Martino
  • Penulis Skenario: Ken Daurio & Cinco Paul
  • Produksi: Blue Sky Studios
  • Distributor: 20th Century Fox
  • Bahasa: Inggris
  • Durasi:  86 menit
  • Tahun Rilis: 14 Maret 2008 (Indonesia)


PEMERAN UTAMA

  • Jim Carey sebagai pengisi suara Horton
  • Steve Carell sebagai pengisi suara Mayor of Whoville
  • Dan Vogler sebagai pengisi suara Councilman
  • Isla Fisher sebagai pengisi suara Dr.Larue
  • Carol Burnett sebagai pengisi suara Kangaroo
  • Will Arnett sebagai pengisi suara Vlad
  • Seth Rogen sebagai pengisi suara Morton


SINOPSIS

Film ini bercerita tentang Horton, seekor gajah yang tinggal di hutan Nool. Tanpa sengaja Horton mendengar suara yang datangnya dari sebuah speck (Kita terjemahkan saja debu). Karena penasaran, setelah menempatkan debu itu pada sebuah bunga, Horton mengajak bintik debu itu berbicara dan menemukan bahwa pada permukaan debu itu ternyata terdapat sebuah kota bernama Whoville, lengkap dengan para Who penghuninya. Walikota Whoville meminta bantuan pada Horton untuk menempatkan debu itu pada posisi yang aman dan stabil, sehingga Whoville tidak mengalami kehancuran.Sementara, para hewan di hutan Nool, terutama Kangaroo yang menjadi penguasa merasa terganggu dengan pernyataan Horton mengenai keberadaan seseorang di debu tadi. Kangaro memaksa Horton untuk membuang bunga tempat debu itu berada. Horton tetap berpegang teguh pada prinsipnya “a person is a person, no matter how small” sehingga dia merasa bahwa dia harus membantu para Who dengan sekuat tenaga.Kesal dengan sikap Horton, Kangaroo kemudian meminta bantuan Vlad, seekor burung bangkai (vulture) yang ‘menyeramkan’, untuk mengenyahkan Horton dan debu tersebut. Sedangkan Horton, walaupun sudah diperingatkan oleh sahabatnya, Morton si tikus, tetap akan berusaha untuk menyelamatkan Whoville dengan menempatkan bunga tersebut di sebuah gua di gunung Nool.

Bagaimana perjuangan Horton menyelamatkan Whoville?


TRAILER

 

 

 

REVIEW

Agak berat. Itu komentar pertama Kita waktu selesai menonton film ini. Lucu sih..banyak tingkah Horton yang membuat kita tertawa terbahak-bahak. (Sepertinya Jim Carrey memang lebih cocok menjadi kartun daripada orang:p hihi..peace). Akan tetapi walaupun dari luar terlihat seperti film anak-anak, filosofi di balik ceritanya sangat dalam dan membuat kita sedikit berpikir.

Ketika pertama kali Horton berdialog dengan Mayor Whoville, kita diajak untuk membayangkan bagaimana si Mayor seperti mendengar suara dari ‘sesuatu yang lebih besar’, yang begitu besarnya sampai-sampai tidak terlihat tetapi ada. Begitu juga ketika Horton mencoba menjelaskan kepada Kangaroo, ‘bagaimana jika sebenarnya dunia yang kita tinggali sekarang itu seperti debu ini’. Atau bahkan nama mahluk Who yang jika diterjemahkan berarti ‘siapa’, sedikit mempermainkan kata-kata dengan memberi kesan bahwa mereka bukan siapa-siapa bagi orang yang tidak percaya. Atau kita simak ketika Horton kehilangan bunga tempat debu tersebut dan mencarinya kemudian berujar “Who’s there?” (terasa ironinya kan?).

(Hmm..mungkin bakalan jadi panjang kalau Kita membahas ini)

Kembali ke film. Film ini dihias dengan cast yang cukup populer seperti Jim Carey, Steve Carell, atau bahkan Isla Fisher (agak sayang sebenarnya karena mereka hanya terdengar suaranya saja:p). Kapasitas Jim Carey sangat mendukung karakter Horton dalam film ini yang begitu unik, dalam kepolosan dan penuh dengan optimisme. Selain cast, film ini diproduksi oleh rumah produksi yang membuat film Ice Age, sehingga menampilkan animasi yang penuh warna-warna cerah. Tampilan yang indah untuk membungkus berbagai pesan yang terkandung di balik ceritanya.

Overall, dengan cerita yang dibungkus secara sederhana namun sarat makna, ditambah suasana riang dan positif yang dibawakan Horton, film ini menawarkan sebuah karya animasi yang sedikit berbeda dari yang lain. Selain anak-anak dapat menikmati kelucuan tingkah si Horton, orang dewasa juga akan diajak sedikit berpikir mengenai eksistensi mahluk di dunia ini. Tidak perlu terlalu berat dipikirkan kok, toh si penulis memberikan pesannya dengan cara yang ceria, sehingga akan mudah anda nikmati. Jadi, selamat menonton dan nikmati filmnya..
(noHan/KitaReview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here