Sherlock Holmes

0
327

Sherlock Holmes
..film ini dapat dijadikan salah satu film yang layak ditonton, untuk mengisi jadwal hang out kamu di akhir pekan ini.

DATA FILM

  • Judul Film: Sherlock Holmes
  • Genre: Action – Drama – Thriller – Adventure
  • Sutradara: Guy Ritchie
  • Produser: Joel Silver, Susan Downey, Lionel Wigram
  • Penulis Skenario: Michael Robert Johnson, Anthony Peckham, dan Simon Kinberg
  • Studio Produksi: Warner Bros. Pictures
  • Distributor: Warner Bros. Pictures – Village Roadshow Pictures
  • Negara: Amerika – Inggris – Australia
  • Bahasa: Inggris
  • Durasi: 139 menit
  • Tanggal Rilis: 30 Desember 2009 (Indonesia)


PEMERAN UTAMA

  • Robert Downey Jr. sebagai Sherlock Holmes
  • Jude Law sebagai sebagai Dr. Watson
  • Rachel Mcadams sebagai Irene Adler
  • Mark Strong sebagai Lord Blackwood
  • Eddie Marsan sebagai Inspector Lestrade
  • Kelly Reilly sebagai Mary Morstan


SINOPSIS

Mempertunjukkan kepandaiannya sebagai seorang intelektual, Holmes bertarung lebih hebat dari sebelumnya untuk menjatuhkan musuh barunya dan mengungkapkan sebuah rencana berbahaya yang dapat menghancurkan negara tersebut.

Film ini dimulai saat Holmes dan Watson berusaha menghentikan ritual pengorbanan seorang gadis  yang dilakukan oleh ketua aliran hitam yaitu Lord Blackwood. Akhirnya Holmes dan Watson berhasil menyelamatkan gadis tersebut, dan Lord Blackwood pun akhirnya berhasil ditangkap polisi, dipenjara dan diganjar dengan hukuman mati. Tetapi satu hari sebelum hukuman mati, ada satu permintaan terakhirnya yaitu ingin bertemu dengan Holmes. Holmes pun akhirnya menyanggupinya dan menemuinya di penjara. Kemudian ketika bertemu, Lord Blackwood memberi pernyataan yang sekaligus merupakan tantangan bagi Holmes, bahwa semuanya ini belum berakhir dan dia berjanji akan kembali menebar teror, dengan serentetan kejadian-kejadian yang di luar nalar dan tidak masuk akal.

Keesokan harinya, Lord Blackwood dihukum gantung dan dinyatakan telah meninggal oleh Watson. Pada hari ke tiga setelah eksekusi dilakukan, ada sebuah kejadian yang sangat mengejutkan. Seorang saksi mata mengatakan bahwa dia melihat Lord Blackwood bangkit dan berjalan keluar dari kuburannya. Setelah diperiksa, memang benar ternyata mayat yang ada di peti mati tersebut memang bukan Lord Blackwood. Holmes pun akhirnya harus percaya bahwa yang dikatakan Lord Blackwood satu hari sebelum hukuman mati sekarang terbukti. Sekali lagi kemampuan detektif dari seorang Sherlock Holmes dipertaruhkan, karena ini merupakan permulaan dari serangkaian kejadian yang lebih aneh, mistis, penuh dengan misteri dan
hal-hal yang berhubungan dengan ilmu hitam.


TRAILER

 


REVIEW

Sherlock Holmes diangkat dari novel detektif legendaris karangan Sir Arthur Conan Doyle. Seorang detektif yang terkenal akan kemampuan deduksinya dan jalan pikirannya yang sukar ditebak bahkan oleh Dr. Watson  yang merupakan seorang sahabat dekatnya yang hampir selalu ada dalam setiap petualangannya serta kejeniusannya dalam memecahkan kasus-kasus yang dianggap tidak masuk akal. Sherlock Holmes adalah seseorang yang eksentrik yang merupakan gabungan antara detektif, pengguna kokain, ahli kimia, pemusik, kutu buku, sekaligus ahli forensik. Menjadikannya seorang yang sangat “komplit” dengan segala keunikannya.

Film ini dimulai saat Holmes dan Watson berusaha menghentikan ritual pengorbanan seorang gadis  yang dilakukan oleh ketua aliran hitam yaitu Lord Blackwood. Akhirnya Holmes dan Watson berhasil menyelamatkan gadis tersebut dan Lord Blackwood pun akhirnya berhasil ditangkap polisi, dipenjara dan diganjar dengan hukuman mati. Tetapi satu hari sebelum hukuman mati, ada satu permintaan terakhirnya yaitu ingin bertemu dengan Holmes. Holmes pun akhirnya menyanggupinya dan menemuinya di penjara. Kemudian ketika bertemu, Lord Blackwood memberi pernyataan yang sekaligus merupakan tantangan bagi Holmes bahwa semuanya ini belum berakhir dan dia berjanji akan kembali menebar teror dengan serentetan kejadian-kejadian yang di luar nalar dan tidak masuk akal.

Keesokan harinya, Lord Blackwood dihukum gantung dan dinyatakan telah meninggal oleh Watson. Pada hari ke tiga setelah eksekusi dilakukan, ada sebuah kejadian yang sangat mengejutkan, seorang saksi mata mengatakan bahwa dia melihat Lord Blackwood bangkit dan berjalan keluar dari kuburannya dan setelah diperiksan memang benar ternyata mayat yang ada di peti mati tersebut memang bukan Lord Blackwood. Holmes pun akhirnya harus percaya bahwa yang dikatakan Lord Blackwood satu hari sebelum hukuman mati sekarang terbukti dan sekali lagi kemampuan detektif dari seorang Sherlock Holmes dipertaruhkan, karena ini merupakan permulaan dari serangkaian kejadian yang lebih aneh, mistis, penuh dengan misteri dan hal-hal yang berhubungan dengan ilmu hitam.

Robert Downey Jr. sebagai Sherlock Holmes dan Jude Law sebagai Dr. Watson ternyata mampu memainkan perannya masing-masing dengan sangat baik, dan mereka berdua seperti menyatu, layaknya dua orang kawan yang memang sudah lama bersahabat. Dalam setiap petualangannya, mereka berdua terlihat saling melengkapi dan saling membutuhkan. Kata-kata yang dilontarkan oleh mereka seringkali membuat Kita tertawa dengan lelucon-leluconnya yang pintar dan cerdas. Lord Blackwood yang merupakan musuh utama di dalam film ini diperankan oleh Mark Strong mampu menjadikannya lawan yang sepadan. Karena Holmes, yang biasa menggunakan logika, harus berhadapan dengan Lord Blackwood yang dalam setiap tindakannya berkaitan dengan hal-hal yang di luar logika. Sesuatu yang sangat menarik bukan?

Mungkin bagi penggemar fanatik Sherlock Holmes yang biasa disebut Sherlockian akan sedikit kecewa dengan film ini. Seakan-akan Guy Ritchie, sang sutradara, mencoba merombak karakter dalam novel Sherlock Holmes, yang mungkin terlihat cukup mencolok. Seperti Sherlock Holmes yang seharusnya jangkung dan kurus, dan Watson yang seharusnya lebih pendek dan gemuk, di film ini justru berkebalikan, Holmes lebih pendek daripada Watson, walaupun tidak lebih gemuk. Tingkah Holmes yang  agak konyol, bertolak belakang dengan novelnya yang biasanya lebih tenang. Dia yang biasanya menghindari perkelahian, malah lebih suka berkelahi. Tetapi walaupun begitu, elemen-elemen khas Sherlock Holmes tetap dipertahankan. Kebiasaannya menghisap tembakau melalui pipa rokok, kamar yang acak-acakan, memakai kokain ketika sedang tidak ada kasus, bereksperimen dengan bahan-bahan kimia, bermain biola, jalan pikirannya yang sukar ditebak, jeli akan hal-hal yang detil, dan tidak ketinggalan yaitu kemampuannya dalam menganalisis suatu kasus.

Jika biasanya film ber-genre detektif kebanyakan dipenuhi dialog-dialog membosankan antar para tokohnya, Anda tidak akan menemukannya di sini. Karena justru film ini dibawakan dengan serius tapi santai. Ditambah juga dengan unsur komedi dan adegan action, sehingga memberikan sensasi baru dan kesegaran bagi para pencinta Sherlock Holmes maupun para pencinta film ber-genre petualangan. Saya acungi dua jempol untuk Guy Ritchie yang mampu menghidupkan kembali negara Inggris pada tahun 1800-an. Dalam film ini, Professor Moriarty yang merupakan musuh utama Sherlock Holmes hanya dimunculkan sangat sedikit. Itu artinya akan ada sekuel berikutnya yang akan menceritakan duel apik antara Holmes dan Moriarty.

Kita nantikan saja sekuel berikutnya film Sherlock Holmes yang akan berhadapan dengan Professor Moriarty. Tetapi sebelum itu, film ini dapat dijadikan salah satu film yang layak ditonton, untuk mengisi jadwal hang out kamu di akhir pekan ini.

(aRz/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleThe Tournament
Next articleFrom Paris With Love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here