Real Food True Health

0
497

716104575_20100312121336_buku-real food true health
“..jika Anda peduli pada kesehatan pribadi, keluarga, dan masyarakat, buku ini wajib dimiliki..”
 
DATA BUKU

    • Judul Buku: Real Food True Health
    • Jenis Buku: Umum
    • Genre: Kedokteran – Kesehatan Keluarga
    • Penulis: Dr. Ir. Muhammad Ahkam Subroto, M.App.Sc.
    • Penerbit: PT Agromedia Pustaka
    • Cetakan Pertama: 2008
    • Bahasa: Indonesia
    • Tebal Buku: vii + 152 hlm
    • Dimensi Buku (P x L): 17,5 x 25 cm
    • Website Resmi Penerbit: http://www.agromedia.net
    • No. ISBN: 979-006-143-9
    • Harga:
        • Toko Gunung Agung: Rp.43.000
        • (Harga Update Maret 2010)


SINOPSIS

Real food, sebagian dari Anda mungkin belum pernah mendengar istilah tersebut. Kalaupun sudah, persepsi Anda tentang real food pasti berbeda dengan persepsi orang lain. Mengapa? Karena belum ada definisi baku untuk istilah real food itu sendiri. Namun demikian, terdapat beberapa kata kunci yang menunjukkan adanya kesamaan persepsi mengenai real food, misalnya ‘organik’, ‘alami’, ‘tradisional’, ‘keberlanjutan’, ‘menyehatkan’, ‘ramah lingkungan’, dan ‘kembali ke alam’.

Buku ini membahas konsep real food secara komprehensif, dari pengertian real food, ragam jenis pangan yang termasuk real food, hingga manfaat real food untuk menangkal penyakit degeneratif, seperti kanker, jantung, darah tinggi, dan kolesterol. Selain itu, buku ini juga membahas pola makan real food dan membandingkannya dengan pola makan lain yang sudah populer.


REVIEW

Apa itu “Real Food”? Mungkin hal inilah yang pertama kali Anda tanyakan ketika membaca judul buku ini. Karena banyak orang yang tidak tahu tentang apa yang dimaksud real food, bahkan mungkin tidak begitu peduli. Penulisnya, Muhammad Ahkam Subroto yang mendapatkan gelar Master of Applied Science (M.App.Sc.) dan Doctor of Phylosophy (Ph.D.) dari Department of Biotechnology, The University of New South Wales, Sidney, Australia, sepertinya menyadari betul tentang fenomena ini.

Terdiri dari 5 bab yang lebih diperinci lagi menjadi beberapa subbab, buku ini mengupas tuntas tentang real food dari berbagai aspek, yaitu aspek food (kandungan dan manfaatnya) dan nonfood. Yang termasuk aspek nonfood itu meliputi aspek ketahanan pangan, aspek lingkungan, aspek sosial, dan aspek ekonomi masyarakat. Berbagai jenis zat gizi dan macam-macam pola diet pun dijelaskan secara gamblang dan illmiah. Beberapa fakta ilmiah yang diungkapkan tentang bahan pangan (nabati dan hewani), mulai dari cara pembibitan hingga efeknya bagi tubuh, cukup mencengangkan.


Yang membuat buku ini menarik yaitu tampilan cover-nya yang berkesan segar dan mewah. Pada halaman isi beberapa diantaranya dicetak berwarna, juga terdapat berbagai tabel dan gambar yang menunjang bahasannya. Lalu pada lembar daftar pustaka (sampai 10 halaman!) dituliskan berbagai sumber pustaka yang digunakan oleh penulis, mulai dari sumber buku, jurnal ilmiah, media cetak populer, peraturan pemerintah, hingga internet. Selain itu, buku ini dilengkapi juga dengan halaman glosarium yang memuat penjelasan dari istilah-istilah ilmiah yang digunakan pada bab-bab pembahasannya. Jadi Anda tak perlu risau, jika menemukan istilah yang asing saat membaca buku ini.


Begitu banyak wawasan dan manfaat di dalam buku ilmiah ini. Karena tak hanya ilmu teori yang akan Anda peroleh, tapi juga berbagai ilmu yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, jika Anda peduli pada kesehatan pribadi, keluarga, dan masyarakat, buku ini wajib dimiliki, sebagai bahan referensi.
(AnnaTomi/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here