Mengelola Keuangan Keluarga

0
202

1467981174_20100525024000_11-18

“.. Buku penuh dengan perancanaan untuk menghadapi masa depan..”DATA BUKU

  • Judul Buku: Mengelola Keuangan Keluarga
  • Jenis Buku: Manajemen
  • Penulis: Safir Senduk
  • Penerbit: Elex Media Komputindo
  • Bahasa: Indonesia
  • Cetakan kesebelas: Juni 2008
  • Tebal Buku: 207 halaman
  • Dimensi Buku (P x L): 11 cm x 18 cm
  • ISBN: 979-20-1385-7
  • Web Site Resmi Penerbit: http://www.elexmedia.co.id
SINOPSIS

Sebagian besar keluarga di Indonesia sering menggunakan penghasilan yang mereka dapat hanya untuk membiayai tujuan-tujuan jangka pendek saja, seperti membayar telepon, berbelanja kebutuhan pribadi, dan kebutuhan-kebutuhan jangka pendek lainnya. Padahal – disadari atau tidak – setiap keluarga juga memiliki tujuan-tujuan jangka panjang lainnya. Misalnya mempersiapkan dana pendidikan anak atau mempersiapkan masa pensiun.

 

Buku ini membahas secara lengkap tentang bagaimana sebuah keluarga bisa memenuhi Tujuan-tujuan Keuangannya secara lengkap, tidak hanya tujuan jangka pendek, tetapi juga jangka panjang.

Topik yang dibahas di antaranya:

  • Bagaimana menetapkan Tujuan Keuangan dan membuat Anggaran Keluarga?
  • Bagaimana mengelola keuangan keluarga sehari- hari?
  • Bagaimana menentukan apakah suami istri perlu sama-sama bekerja atau tidak?
  • Apa konsep yang baik dalam mempersiapkan dana pendidikan anak dan membuat Program Pensiun?
  • Bagaimana mengantisipasi risiko-risiko yang mungkin muncul?

Selain itu, juga dibahas hal-hal lain yang biasanya menjadi isu utama dalam keuangan keluarga. Buku ini dilengkapi juga dengan sejumlah tabel kosong yang bisa Anda isi sendiri sesuai dengan kondisi keuangan keluarga Anda, serta contoh kasus. Dipaparkan dengan gaya bahasa sederhana dan mudah dimengerti, setiap keluarga memerlukan buku ini sebagai panduan dalam mengelola keuangan keluarga.

REVIEW

Buku ini mengajarkan bagaimana mengelola keuangan keluarga dengan baik, dibaca bagi anda yang ingin serius dalam perancangan membuat anggaran pengeluaran untuk anak, belanja bulanan serta masa hari tua. Pada buku ini juga dilengkapi dengan kasus-kasus yang langsung ditangani oleh penulis. Jadi tidak salah kalau buku ini mendapat “Best Seller”.Disamping itu, buku ini membahas permasalahan ekonomi serta pengetahuan dasar akan perkembangan ekonomi sebuah negara, yang akan berpengaruh pada perancangan anggaran kuangan rumah tangga. Serta dijelaskan juga mengenai ekspansi, puncak, resesi, depresi dan likuiditas. Sedangkan untuk produk-produk investasi yang dianjurkan adalah tabungan, deposito, saham, properti, emas, koleksi, mata uang asing, dan obligasi. Dari produk investasi ini memiliki jangka waktu. Jadi tergantung kebutuhan anda dalam menentukannya.

Pada buku ini juga mengajarkan bagaimana orang tua bersikap mengajarkan nilai uang pada anak. Mereka (orang tua) Menganggap bawah anak belum seharusnya tahu bagaimana orangtuanya mendapatkan uang dan pekerjaan macam apa yang dilakukan orangtuanya mendapatkan penghasilan setiap bulan. “Pikirkan saja belajarmu sekarang …”, begitu kata mereka kalau si anak bertanya tetang pekerjaan macam apa yang dilakukan orangtuanya. Mungkin jawaban tersebut bermaksud baik, namun cara tersebut menimbulkan efek negatif. kerena anak anda beranggapan orang tuanya  medapatkan uang dengan mudah, jadinya akan selalu minta uang tanpa memikirkan bahwa orang tua sudah bersusah payah dan bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan. Akibatnya anak tidak menghargai nilai uang dan menganggap orang tuanya adalah pohon uang, hingga selalu “memetik’ uang setiap saat.

Disini juga diberikan lima cara mengajarkan anak dalam masalah keuangan:

  1. Atur uang saku yang anda berikan
  2. Ajak ia bekerja
  3. Ajarkan ia menabung
  4. Ajak ia membuat anggaran sederhana
  5. Ajarkan ia menyumbang
Begitu lengkap buku ini sampai-sampai disediakan lampiran yang tinggal diisi sesuai dengan keuangan keluarga, seperti tabel neraca keuangan keluarga, tujuan keuangan keluarga, anggaran keluarga, anggaran anak, persiapan dana pendidikan, rencana antisipasi risiko, persiapan pensiun. Disamping itu, lampiran dibuku ini disertai juga kalkulator yang tinggal dihitung sesuai target dicapai. Jadi pasti sangat bermanfaat untuk anda. Buku ini wajib dibaca, supaya anda tidak bingung di masa tua nanti… 🙂(Donny/kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here