Freakonomics

0
483

1103044084_20091005035631_buku-freakonomics copy
“Freakonomics mengajak pembacanya melihat sisi tersembunyi berbagai hal yang ada di dunia ini”

DATA BUKU

  • Judul Buku: Freakonomics
  • Jenis Buku: Umum
  • Judul Asli: Freakonomics: A rogue economist explores the hidden state of everything
  • Penulis: Steven D. Levitt & Stephen J. Dubner
  • Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
  • Bahasa: Indonesia
  • Tebal Buku: 266 halaman
  • Dimensi Buku (P x L): 15 x 23 cm
  • ISBN: 979-22-2204-9
  • Website Resmi Penerbit: http://www.gramedia.com
  • Harga:
      • Gramedia: Rp.50.000 (Update Oktober 2009)
      • BukuKita.com: Rp.42.500 (Update Oktober 2009)


SINOPSIS

Buku Freakonomics ini sungguh luar biasa — kita akan diajak untuk memikirkan kembali seluruh asumsi dan anggapan kita mengenai berbagai hal dalam hidup kita. Misalnya: apakah `nama` sungguh menentukan jalan hidup seseorang? Bisa ya, bisa tidak. Ada kasus riil di Amerika: Orangtua memberi nama anaknya `Winner` dengan harapan si anak akan selalu berhasil dalam hidupnya (menjadi pemenang), tapi ternyata sejak usia remaja, Winner keluar masuk penjara karena berbagai kasus, mulai dari mengutil, mencopet, sampai merampok toko. Sementara itu, adiknya yang diberi nama `Loser` alias pecundang, justru menjadi lulus dari perguruan tinggi dengan baik dan sekarang menjadi seorang pengacara yang dipandang.Ada banyak contoh dan kasus yang sangat menarik dan penting kita ketahui sehingga kita bisa lebih bijak dalam menyikapi fakta, data, dan analisis yang dilemparkan oleh mereka yang menyebut dirinya ahli atau pakar. Mereka kerap menyesatkan kita demi kepentingan diri mereka sendiri.


REVIEW

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa berdagang narkoba memberikan keuntungan yang besar bagi penjualnya. Sehingga orang-orang pun berkeyakinan orang yang berdagang narkoba sebelum ditangkap oleh aparat keamanan hidupnya senang karena bergelimang harta. Namun penulis buku ini menunjukan tidak sedikit pedagang narkoba yang masih tinggal bersama orang tuanya karena kekurangan harta. Selain itu dibahas pula ternyata sistem bisnis yang digunakan pada perusahaan besar seperti McDonald misalnya, ternyata memiliki banyak persamaan dengan sistem bisnis yang ada pada perdagangan narkoba ini.

Shakespeare dalam karyanya pernah berkata “apalah arti sebuah nama?”. Bagi penulis buku ini, nama berarti menentukan berasal dari keluarga tingkat ekonomi mana si anak tersebut. Lebih jauh lagi penulis buku ini pun memperlihatkan kepada kita pola nama yang digunakan pada orang-orang kulit putih & hitam di negara Amerika Serikat sana. Pendek kata, nama berarti menggambarkan banyak hal menurut penulis buku ini.

Pada pokok pembahasan lainnya, penulis buku ini memberikan argumen yang cukup mengejutkan. Di mana dia berpendapat bahwa aborsi memberikan efek yang besar bagi menurunnya tingkat kriminalitas suatu negara. Penulis buku ini sendiri bukanlah seorang pendukung aborsi, dia hanya membahas pola yang saling berhubungan antara aborsi dan tingkat kriminal. Di saat kebanyakan manusia menentang aborsi dengan alasan kemanusiaan atau pembunuhan, penulis buku ini menunjukan kepada kita bahwa aborsi pun tidak sepenuhnya buruk. Ada efek positif tersendiri dari praktek aborsi.

Buku ini Kita rekomendasikan untuk anda yang ingin  melihat sisi tersembunyi dari berbagai hal yang ada di dunia ini. Terjemahan buku ini pun cukup baik, sehingga anda tidak mudah kehilangan arah ketika membacanya. Ditambah dengan pokok pembahasan yang menarik dan tidak umum, anda akan terbawa ke dunia yang berbeda. Anda siap? =)
(Gerry/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here