Review Komik Rave

0
255

“Jurus dan magic yang dimiliki oleh tiap karakter dalam komik Rave ini, sangat beragam dan fantastis..”

DATA BUKU

– Judul Buku: Rave
– Jenis Buku: Komik
– Nama Pengarang: Hiro Mashima
– Penerbit: Elex Media Komputindo
– Bahasa: Indonesia
– Cetakan Pertama: 2003
– Tebal Buku: –
– Dimensi Buku (P x L): 11 cm x 17 cm
– Jumlah Volume: 1 – 35 (Tamat)
– No. ISBN: 979-20-6209-0
– Website Resmi Penerbit: http://www.elexmedia.co.id
– Harga:
– Gramedia: Rp.15.000 (Harga Update Desember 2009)

KARAKTER UTAMA KOMIK RAVE

– Haru Glory
– Elie
– Hamrio Musica
– Plue
– Let
– Julia
– Sieg Hart

SINOPSIS KOMIK RAVE

Di tahun 0015, 50 tahun sebelum cerita dimulai, dunia berada dalam pengaruh Dark Bring, batu jahat yang dapat memberikan kekuatan menakjubkan kepada pemiliknya. Dark Bring digunakan oleh Kerajaan Rareglove untuk menguasai dunia. Suatu Kerajaan yang bernama Symphonia, berusaha untuk melawan mereka dengan menggunakan Holy Bring miliknya, yang disebut dengan Rave.

Shiba, Rave Maste pertama, berusaha untuk menghancurkan Sinclaire, “mother” dari Dark Bring, dengan menggunakan pedang miliknya, bernama Ten Commandments, yang telah dipasangi Rave. Hal ini menyebabkan Overdrive, yaitu ledakan dahsyat yang menghancurkan sepersepuluh wilayah dunia. Shiba berhasil selamat dari kejadian tersebut karena terlindungi oleh Plue, “anjing” penjaga miliknya. Akibat lain dari Overdrive adalah hancurnya Rave dan Dark Bring menjadi kepingan-kepingan kecil dan tersebar ke seluruh belahan dunia. Plue pun ikut hilang bersama ledakan tersebut. Shiba pun mengembara untuk mencari kepingan Rave yang tersebar, dan juga Plue.

50 tahun kemudian, Haru Glory, seorang remaja yang hidup di sebuah pulau yang damai bernama Garage Island, secara tidak sengaja berhasil menangkap Plue ketika sedang memancing. Beberapa kejadian kemudian terjadi, termasuk munculnya Shiba di pulau tersebut dan hadirnya organisasi misterius yang ingin menguasai dunia bernama Demon Card, dimana anggotanya memiliki kepingan Dark Bring.

Setelah pertarungan Haru dengan salah satu anggota Demon Card, Shiba menyadari bahwa Haru adalah Rave Master kedua. Dia mempercayakan Rave miliknya, Plue, dan pedang Ten Commandments kepada Haru. Haru kemudian berjanji pada Shiba bahwa dia akan mengumpulkan seluruh kepingan Rave yang tersebar, dan menghancurkan Demon Card. Haru pun meninggalkan Garage Island untuk membawa kedamaian kepada dunia.

REVIEW KOMIK RAVE

Hmm.. Gimana yah menceritakannya.  Awalnya Kita membeli komik Rave ini, karena sebelumnya telah menonton kartunnya yang tayang di salah satu stasiun tv. Yah seperti kebiasaan yang selalu dilakukan oleh stasiun tv, dan dilakukannya pun berulang-ulang, mereka menayangkan kartun/anime berseri tidak pernah sampai tamat.

Rada menyebalkan kalau menurut Kita. Ketika cerita sedang seru-serunya, dan Kita sudah siap di depan tv untuk menonton kelanjutan ceritanya. Ternyata yang ditayangkan adalah pengulangan episode sebelumnya. Masih mending lah, karena paling tidak Kita masih bisa menonton kartun kesayangan Kita tersebut, walaupun dengan hati dongkol. Tapi yang lebih parahnya lagi, ketika sudah siap di depan tv untuk mengikuti kelanjutan cerita, tenyata kartunnya raib, alias diganti oleh acara lain!

Itulah yang terjadi ketika Kita menonton anime Rave di tv. Karena sudah telanjur penasaran dengan ceritanya, akhirnya Kita memutuskan untuk membeli komiknya. Toh dulu ketika pertama kali menonton animenya, Kita tidak menontonnya dari episode awal, ada beberapa yang terlewati. Jadi dengan membeli komiknya, jadi bisa sekalian mencari tahu cerita awalnya seperti apa.

Seru banget! Itulah yang Kita rasakan ketika pertama kali membaca komiknya. Penokohan yang mampu saling mengisi. Haru yang penolong dan berjiwa ksatria, Elie yang lugu, Musica yang terlihat ugal-ugalan namun baik hati, Plue yang aneh tapi lucu, Let dan Julia yang setia kawan, serta Sieg Hart yang penuh misteri. Karakter jahatnya pun tak kalah hebat penokohannya.

Hal lain yang juga menarik adalah, bagaimana si pengarang menggambarkan dunia Rave, begitu imajinatif. Jurus dan magic yang dimiliki oleh tiap karakter dalam komik ini, sangat beragam dan fantastis. Alur cerita yang menarik, dimana satu persatu karakter bergabung dengan Haru, untuk menghancurkan musuh utama mereka, Demon Card. Semua hal tersebut digabung ke dalam satu judul cerita, yaitu Rave.Tidak hanya sampai disitu, seperti di komik Jepang lainnya, di dalam komik Rave ini diselipkan juga nuansa humor, yang membuatnya menjadi lebih berwarna.  Kelucuan yang dilakukan oleh karakter utama, ataupun karakter sampingan, membawa suasana ceria ke dalam Rave. Sekalipun komik ini adalah komik bertemakan action.

Dengan semua kelebihan di atas, menjadikan komik ini layak untuk anda baca, atau bahkan anda koleksi, walau kemungkinan anda akan kesulitan mencarinya di toko buku, karena komik ini sudah cukup lama terbit. Dan bagi anda yang menggemari game bergenre Role Playing Game, biasa disingkat RPG, pasti akan suka sekali dengan komik Rave ini. Ceritanya RPG banget. Kita luar biasa senangnya dengan game RPG, itu sebabnya Kita berlebihan dalam memuji Rave 🙂

(FrameRate/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here