Para Gokil

0
178

Para Gokil
Dengan gambar yang memiliki ciri khas, tanpa meniru-niru manga atau superhero Amerika, tersajilah cerita-cerita unik dari dalam negeri.

DATA BUKU

    • Judul: Para Gokil
    • Jenis Buku: Komik
    • Penulis: Golongan Komikus Usil
    • Penerbit: Gradien Mediatama
    • Cetakan Pertama: 2010
    • Bahasa: Indonesia
    • Tebal Buku: 184 halaman
    • Dimensi Buku (P x L): 13 x 19 cm
    • Website Resmi Penerbit: http://www.gradienmediatama.com
    • Nomor ISBN:  978-602-8260-60-2
    • Harga Buku: 
        • Toko Gunung Agung: Rp.30.000 (Harga Update April 2011)


DATA LAINNYA


SINOPSIS


Komik humor merupakan cerita yang paling banyak disukai oleh pembaca. Selain karena sangat menghibur, cerita pada komik humor umumnya dibuat sederhana. Tapi kadang menggelitik pikiran lebih dalam lagi. Para komikusnya selalu usil dengan keadaan di sekitarnya sampai mengusili karakter dan dunia karangannya sendiri. Maka, kumpulan delapan komikus ini diberi nama Gokil, Golongan Komikus Usil, dan kumpulan karya mereka diberi judul Para Gokil.

REVIEW

Bagaimana rasanya jika sekomplotan komikus tengil menggabungkan karyanya dan menyajikannya ke hadapan anda? Sebuah kesenangan! Sebab, orang-orang tengil, apalagi yang punya skill, tahu cara bersenang-senang.

Mau tahu cerita tentang anak motor yang bertingkah aneh, simak langsung saja karya Kuskus Kusmayadi yang berjudul “Oplu”. Komik rada garing yang menggunakan pendekatan karikatural. Sedikit mirip dengan komik strip di tabloid “Bola”. Jelas sekali komik ini membawa pesan geng motor ceria dari Bandung, bukan yang rusuh-rusuh karena salah asuh.

Kemudian ide brilian mencampurkan humor dan ironi dalam komik KULINER, karya vbi_djenggotten. Bila Anda simak acara kuliner di televisi yang mampu membuat air liur Anda bergenang, semua itu dirombak oleh vbi_djenggotten menjadi miris, misalnya saat makan bakso ekstrim kuliner. rupanya menjadi ekstrim karena makannya sambil dikejar-kejar Satpol PP. Ya, nasib warga marjinal.

Lalu siapa yang bilang jadi Superhero enak melulu dan bisa memberantas kejahatan sampai akar-akarnya? Eko S Bimantara menyajikan kisah seorang supir bajaj bernama Salim yang tiba-tiba diberi kekuatan dari langit dan dia pun menjadi SUPERHERO. Banjir, kemacetan, dan kemiskinan bisa diubahnya (meski instan), namun hanya satu yang tidak bisa dia ubah: Korupsi!

Selain itu, ada parodi dalam karakter Superman bernama KIBEZO, kreasi Text and Pict Studio. Karakter Kibezo adalah seorang kakek genit dan usil bernama Bejo yang punya kekuatan aneh namun bisa terbang. Dengan kemampuannya, dia berusaha menyentil isu-isu sosial di sekitar Anda. Lelucon anehnya misalnya saat dia bertarung dengan seekor anjing “ramah”. Dia hempaskan anjing itu menggunakan kentut. LOL!

Untuk ranah Sci-Fi ringan, ada LOLIPET, kreasi dari Wisnoe Lee. Lolipet adalah mahluk luar angkasa yang bentuknya mirip cicak, ekor melintir, ada sayap kecil seperti lalat. Imut lah intinya. Dia datang ke bumi dan berkenalan dengan mahluk-mahluk rawa. Kekuatan ekornya mampu membuat dia bertahan hidup.

Sisanya adalah CUNGHIL, seorang remaja tanggung yang mau tahu urusan orang namun sebenarnya baik hati, karya Adhiw; ABIM, si iseng akut, karya Aria Nindita; dan adik kakak ADLAN dan DELIA buatan Budesain.

Semua karya ini terangkum dalam 182 halaman. Dengan gambar yang memiliki ciri khas, tanpa meniru-niru manga atau superhero Amerika, tersajilah cerita-cerita unik dari dalam negeri. Umumnya menggambarkan kehidupan sehari-hari. Hey, bukankah segala sesuatu yang dekat dengan keseharian itu lebih menarik? Makanya, jangan ragu untuk membaca komik buatan anak bangsa. Inilah parade komik gokil ^_^

(yasyus/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleToTo
Next articlePara Gokil 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here