kozorai

Karimun Jawa

http://www.kitareview.com/travelling/karimun-jawa

Karimun Jawa

“Wisata dengan pesona ke indahan pantai dan biota laut mempersona”


DATA TEMPAT

  • Nama Tempat: Karimun Jawa
  • Lokasi: Kecamatan Karimun Jawa Kabupaten Jepara Jawa Tengah
  • Biaya: Rp 650.000 / orang (update September 2012)


AGEN WISATA

Fasilitas:

  • Tiket kapal cepat pulang pergi
  • Penginapan Home Stay
  • Sewa alat Snorkeling dan perahu
  • Guide lokal HPI
  • Tiket masuk antar pulau
  • Tiket taman wisata karimun jawa
  • Kamera dalam air
  • Ansuransi perjalanan

Waktu: 3 Hari 2 Malam

Kontak:

 

PETA

Lihat Karimun Jawa di peta yang lebih besar

REVIEW

Siapa yang tidak pernah mendengar akan keindahan  kepulauan karimun jawa. Kepulauan terletak di laut jawa dengan jarak udara antara pelabuhan  (jepara) kurang lebih 80km, dan pada umumnya trip perjalanan dimulai dari pelabuhan kartini (jepara).

Pelabuhan Kartini terbilang cukup asik karena di sekitar pelabuhan ada taman bermain atau untuk rekreasi keluarga. Disamping itu ada juga warung makan yang siap melayani para wisatawan sebelum berangkat atau kembali dari karimun jawa. Pelayanan warung disini cukup baik karena ketika kami tiba pada jam 6 pagi warung disini sudah siap dengan menu untuk sarapan pagi.

Untuk dapat sampai ke karimun jawa ada 2 jenis kapal tersedia yaitu kapal cepat atau kapal ferry. Selisih waktu tiba di karimun jawa diantara 2 kapal tersebut selisih 2 jam.  Jika menggunakan kapal ferry bisa 4-6 jam, sedangkan kapal cepat berkisar 2-4 jam. Karena agen perjalanan pada umumnya mengetahui kebutuhan dari wisatawan untuk cepat sampai  dipilihnya kapal cepat sebagai pilihan yang sangat tepat.

Perlu diingat bagi merasa mudah mabuk naik kendaraan disarankan untuk minum obat anti mabuk, karena gonjangan naik kapal cepat cukup terasa ditambah lagi jika cuaca kurang bersahabat. Namun bagi yang  tidak mabuk dapat mencoba melihat pemandangan laut dari atas kapal sambil berfoto dengan background lautan atau menghabiskan 1 batang rokok karena didalam kapal merupakan area bebas rokok.

Setiba di pelabuhan karimun jawa agen perjalanan sudah menunggu para wisatawan untuk diantar ke tempat penginapan. Pada umumnya penginapan diatawarkan adalah home stay, yaitu penginapan di rumah penduduk atau lebih kerennya kita tinggal dirumah penduduk seperti anak kost dengan fasilitas kamar dan  tempat tidur. Jika  tidak suka dengan home stay, wisatawan dapat memilih tempat penginapan tersendiri seperti penginapan apung yang berada di atas laut atau penginapan yang berkelas.

Jika agen perajalanan mempunyai jadwal tiba di karimun jawa pada pagi hari, maka menjelang sore harinya para wisatawan sudah dapat merasakan snorkeling dengan menggunakan kapal nelayan. Sebelum kapal berjalan ke tujuan wisata, kita di anjurkan bahkwan diwajibkan untuk menggunakan pakaian pelampung tujuannya untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan selama diperjalanan.

Pada umumnya snorkeling pertama berada di sekitar pulau cemara yang letaknya tidak terlalu jauh dari dermaga. Cuaca sore hari  tidak begitu panas membuat snorkeling menjadi pengalaman tersendiri bagi yang baru pertama kali. Namun sebelum snorkeling pemandu akan memberikan arahan bagaimana menggunakan alat snorkeling serta peringatan untuk tidak menginjak terumbuk karang.

Indahnya berbagai macam bentuk terumbu karang serta biota laut seperti ikan atau rumput laut, membuat parawisatawan berdecak kagum. Adanya ikan-ikan mengelilingin para snorkeling seakan-akan mereka mengucapkan selamat datang. Jika hendak membuat ikan ini mengelilingi kita, triknya adalah dengan memberi makan ikan-ikan ini dengan roti.

Terumbu karang di kepuluan karimun jawa ini masih terjaga karena sudah ada kesadaran dari para penduduk maupun pemandu wisata kepada wisatawan untuk turut menjaga kelestariannya. Hal ini dibuktikan jika kapal berjalan sekitar pantai  di sore hari tampak begitu jelas terumbu karang begitu indah menghiasi dasar laut yang dangkal. Karena hampir semua pulau memiliki turumbu karang, menjadikan jadwal  perjalanan disesuaikan menurut agen wisata mana yang layak bagi wisatawan disamping penyesuaian dengan biaya paket perjalanan wisata itu sendiri.

Memiliki Pantai masih alami seperti di pantai ujung gelam menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata dari agen perjalanan untuk mendaparkan kapalnya di bibir pantai. Karena masih alami banyak wisatawan dari luar negeri mengahbiskan waktu sore bahkan sampai malam di pantai ini. Adapun kegiatan mereka seperti snorkeling, berendam dalam air, duduk di tepi pantai sambil bercerita atau berjemur dengan sinar matahari, berfoto, dan menyalakan api ketika malam telah tiba.

Pada lokasi pantai ujung gelam ini juga tersedia warung makan dibangun dengan menggunakan kayu (bukan semi permanen) dan atapnya terbuat dari daun. Setiap warung rata-rata menjajakan makanan gorengan, mie goreng atau rebus, soft drink, bir, dan kelapa muda. Harga 1 buah kelapa muda berkisar Rp 10.000 – Rp 15.000, dan dari pengamatan kami hanya 1 warung yang tidak menjual minuman beralkohol (bir).

Dari sekian banyak pulau, hanya ada 1 pulau dengan kondisi gersang tidak ada penghuni atau tidak ada satu batang pohon yang hidup. Nama pulau itu adalah pulau gosong. Pulau ini sangat kecil sekali dan hanya ada di waktu siang hari, jika malam pulau ini hilang karena tenggelam. Oleh kerena itu kalau ke karimun jawa tanpa berkunjung ke pulau ini terasa kurang lengkap.

Tempat terakhir di kunjungin dari semua agen adalah tempat penangkaran ikan hiu. Letaknya tidak jauh dari utara dermaga dengan memiliki 2 kolam penangkaran anak ikan hiu menjadikan tempat ini layak untuk di kunjungi, apalagi jika dapat foto bersama dengan anak ikan hiu yang sedang berenang mengelilingi kolam. Sayangnya air laut di dalam kolam ini agak sedikit berlumut.

Pada suasana malam di karimun jawa, untuk listrik hanya hidup 12 jam yaitu pada waktu malam mulai jam 17.30 sampai jam 5.30. sehingga pada waktu jam listrik nyala gunakan kesempatan tersebut untuk charger alat komunikasi anda. Perlu di ketauhui listrik disini dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga disel (PLTD) dan letaknya didekat alun-alun.

Seperti alun-alun ditempat lain pada umumnya merupakan tempat rekreasi atau aktifitas hiburan bagi masyarakat. Selain tempat hiburan alun-alun juga menyediakan jajanan kuliner, di alun-alun karimun jawa jenis kuliner yang mendominasi adalah serba seafood seperti ikan, cumi goreng atau dibakar dan bakso terbuat dari ikan. Harganya dapat kita tawar untuk jenis makanan seafood, sedangkan jenis lain pada harganya sudah tidak dapat ditawar.

Menikmati kuliner sambil duduk di atas tikar di pinggir alun-alun bersama tiupan angin laut memiliki rasa tersendiri, ditambah lagi kemeriahan jika ada acara dari kecamatan seperti panggung hiburan di sertai dengan musik. Kemeriahan ini tidak saja dinikmati oleh turis domestik namun turis manca negara juga ada.

Setelah puas dengan wisata di karimun jawa, terasa kurang lengkap kalau tidak membawa oleh-oleh berupa cindera mata berupa kerajinan tangan khusus dari karimun jawa. Adapun yang di jual berupa kaos dengan tema wisata  karimun jawa, gantungan kunci, tongkat, dan lain-lain. Lokasi tempat belanja tidak sulit karena semua terpusat menjadi satu lokasi.

Menghilangkan kejenuhan rutinitas kerja atau menjadikan tempat preweding dan bulan madu atau berwisata bersama keluarga dan teman, di karimun jawa tempat yang layak untuk anda coba.

(MGI/Kitareview.com)

(Visited 152 time, 1 visit today)

Komentar kamu tentang review ini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Recommended Reviewclose