Candi Plosan Lor

0
221

Candi Plosan Lor

“Candi ini murapakan salah satu maha karya dari Dinasti Sailendra”

DATA TEMPAT:

  • Nama Tempat: Candi Plosan Lor
  • Alamat: Desa Bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten,  Jawa Tengah
  • Tiket: Gratis (sukarela)

PETA

Lihat Candi Plosan Lor di peta yang lebih besar

 

REVIEW

Berjalan-jalan mencari Candi Plosan Lor teletak di Candi ini tidak begitu jauh dari candi prambanan dengan jarak keduanya adalah 1 km. Agar lebih mudah berikut koordinat pada google map 7°44’27.10”S 110°30’16.66”T.

Pada kawasan diluar candi tidak ada hotel atau penginapan, yang ada hanyalah rumah penduduk dan persawahan (Juli 2011). Namun bagi para pelancong yang jauh dan hendak menghabiskan hari libur di Candi Plosan, Candi Prambanan atau Candi-candi disekitarnya, dapat memesan penginapan di Yogyakarta atau di sekitar Candi Prambanan.

Candi Plosan Lor dibangun oleh Rakai Panangkaran, seorang Raja dari Dinasti Sailendra yang juga mendirikan Candi Borobudur dan Candi Sewu. Candi  ini terdiri dari Candi Induk dan Mandapa yang dikelilingi 58 Candi Prawara dan 194 Stupa. Pada beberapa perwara dijumpai tulisan-tulisan pendek yang memberikan indikasi bahwa bangunan tersebut merupakan sumbangan bawahan Sang Raja.

Syarat masuk ke dalam area Candi, Anda diharuskan mengisi buku tamu kerena belum ada loket tiket masuk.  Masuk ke area Candi, Anda akan melihat masih banyak batu Candi yang belum tersusun, karena memang pemugaran belum selesai dilakukan secara menyeluruh. Pada Candi Induk yang didalamnya terdapat 3 ruangan yang masing-masing di dalamnya terdapat 2 Arca. Karena masih dalam proses pemugaran dan untuk keamanan dari tangan pencuri, maka dipasang pintu besi pada pintu masuk ke dalam Candi.

Pada sisi utara terdapat Mandapa yang merupakan sebuah bangunan terbuka memiliki sebuah atap, namun saat ini atap tersebut sudah hilang. Di atas Mandapa terdapat Arca-arca dari Bodhisattva yang membentuk sebuah Mandala.

Anda tertarik ke tempat ini untuk merasakan  sisa-sisa runtuhan dari Candi serta susunan batu tempo dulu yang belum tertata seperti aslinya? Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi situs bersejarah ini, dan rasakan sensasi kembali ke masa kerajaan lampau 🙂

(Donny/Kitareview.com)

 

SHARE
Previous articleCandi Prambanan
Next articleGardu Pandang Penanjakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here