Runes of Magic

0
201

rune of magic
“Kita rekomendasikan semua orang dari berbagai umur, atau latar belakang MMORPG apapun, untuk mencoba Runes of Magic.”

DATA GAME

  • Judul Game: Runes of Magic
  • Genre: Fantasy Online Role-Playing/MMORPG
  • Pengembang: Runewaker Entertainment Ltd.
  • Penerbit: Frogster Interactive – Prodigy Infinitech (Indonesia)
  • Platform: PC
  • Negara: Taiwan
  • Bahasa: Inggris – Indonesia
  • Tanggal Rilis: 19 Maret 2009 (Internasional), 9 Desember 2009 (Indonesia)
  • Situs Resmi:

      • http://www.romonline.web.id (Indonesia)
      • http://www.runesofmagic.com  (Internasional)


PENGHARGAAN YANG DIPEROLEH

  • 2009 Best Free-MMORPG in Europe
  • 3D MMORPG Terbaik di Indonesia (GameQQ Awards pilihan pembaca 2009)


SPESIFIKASI YANG DIBUTUHKAN (PC)

  • Minimum:
      • CPU: Intel Pentium 4 2.0 GHz or equivalent
      • RAM: 512MB
      • Required Harddisk Space: 3.8GB
      • Graphics Card: DirectX 9.0c compatible with 128MB RAM
      • Broadband Internet Connection
      • Keyboard and Mouse


STORYLINE

Dahulu kala Dewa Ayvenas membuat sebuah buku, dimana dia menangkap bentuk dari dunia dan mencatat asal mula kehidupan. Buku itu bernama “Taborea”. Meskipun telah membuat dunia yang indah, Ia masih merasa kosong. Oleh karena itu, Ia mengambil tanah liat dan inilah awal bentuk kehidupan di Taborea. Dunia itupun mulai berkembang, tapi Ayvenas mulai merubah dunia Taborea secara diam-diam. Karena ide yang tak disadari oleh Ayvenas, penduduk dunia pun mulai berubah. Ayvenas mengambil alih kembali karena dia merasa dunia Taborea telah lepas dari kendalinya.

Selama berabad-abad, kehancuran yang diakibatkan oleh Ayvenas dari ciptaannya sendiri telah menjadi legenda. Manusia di jaman selanjutnya sangat mengidami dan mencari serpihan dari buku Taborea itu. Beberapa dari mereka mengatakan, siapapun yang mendapatkan serpihan itu, dapat menentukan masa depan.



PREVIEW

 

 


REVIEW


Runes of Magic adalah game online yang dapat dimainkan secara free to play dengan sistem Item Mall. Game ini ber-genre MMORPG (Multiplayer Massively Online Role-Playing Game), dan merupakan game free-MMORPG no 1 di Eropa dan Amerika yang, dikembangkan oleh Runewaker Entertainment dan di-publish secara eksklusif di Indonesia oleh PT. Prodigy Infinitech sejak bulan Juli 2009, dan memasuki masa open beta-nya pada bulan Desember 2009. Runes of Magic membawa nuansa baru dengan gebrakan yang inovatif disetiap fiturnya serta Quest yang tertanam dalam cerita latar belakang yang menawan yang memimpin pemain tanah Taborea.

Keunggulan dari Runes of Magic yang tidak dimiliki game lain yang sejenis adalah adanya Dual Class System, dimana setiap pemain memiliki pilihan antara kombinasi dari 6 Class dasar (Knight, Warrior, Mage, Priest, Scout, Rogue) yang berbeda untuk mengembangkan gaya permainan individu dari masing-masing pemain. Jadi totalnya ada 36 kombinasi Class yang berbeda, misalnya: Knight/Warrior, Warrior/Mage, Priest/Scout, dll. Dan, setiap kombinasi Class tersebut memiliki akses ke skill khusus yang disebut Elite Skill. Elite Skill ini berbeda pada tiap kombinasi Class, yang membuatnya menjadi unik dan memiliki ciri khas masing-masing. Jadi misalnya, Skill Elite Knight/Warrior itu berbeda dengan Skill Elite Warrior/Knight.

Tidak hanya Job untuk bertarung, karakter dalam Runes of Magic dapat juga mengambil pekerjaan Crafting yang bervariasi seperti Alchemist, Cooking, Carpenter, Blacksmith, Armorcrafter, dan banyak lagi. Terlihat di sini Runewaker tidak main-main dalam mengembangkan fitur pengembangan karakter di Runes of Magic.


Salah satu fitur yang Anda tidak boleh lupa adalah bahwa pemain dapat menyesuakan hampir segalanya dalam permainan. Dimulai dengan antarmuka grafis, yang mudah disesuaikan melalui pengaya, built-in micro dan berakhir dengan hampir setiap item dalam permainan. Pemain juga dapat melakukan re-skin wajah dan penampilan, meng-upgrade baju zirah, senjata, dan equipment lainnya, mengubah tampilan dan member warna pada equipment-nya melalui itemitem tertentu yang dijual di Item Mall, dan masih banyak lagi.

Fitur lain yang memudahkan pemain menjelajahi dunia Taborea adalah Mount. Terdapat berbagai jenis Mount di Runes of Magic, mulai dari Mount standar yaitu kuda yang bisa disewa hampir di setiap kota/desa. Mount hadiah dari kenaikan level, biasanya tiap kenaikan 10 level mulai dari level 1, 10, 20, dst. Pemain akan mendapat hadiah Mount 1 hari dari gift bag mulai dari kuda biasa, kuda perang, berhu, hingga macan. Ada juga Mount yang dapat di beli di Item Mall, yang jenisnya sangat beragam. Tiap Mount ini berbeda kecepatan larinya.

Dunia permainan Runes of Magic meliputi berbagai visual besar dan wilayah yang berbeda. Ada hutan, desa-desa kecil dan kota-kota besar, padang pasir dan gurun salju, pegunungan, pantai dan bajak lautnya. Dan dibawah dari wilayah Ystra Highlands, pemain dapat menemukan sistem ruang bawah tanah yang sangat luas. Terdapat pula berbagai macam goa-goa yang disebut instance/dungeon dalam dunia Runes of Magic ini, dengan berbagai macam monster elit di dalamnya yang memiliki tingkat kesulitan berbeda.Terdapat pula beberapa mini-games yang terletak pada beberapa kota, yang dapat dimainkan, dengan sejumlah token, pemain dapat menghilangkan sejenak kepenatan dengan bermain mini-games yang bervariasi jenis permainannya. Menggali dan menemukan pemandangan yang berbeda hanyalah bagian kecil dari kenikmatan yang ditawarkan Runes of Magic.

Gebrakan lain dari Runes of Magic adalah begbagai macam mode PvP. Dari PvP duel antar player, Arena, Battleground, Team deathmatch 3v3 dan 6v6, Capture the Flag, PK, Siege Castle, Guild Challenge, dan untuk pertama kalinya di Indonesia, server vs server PvP.

Dari segi grafis dan suara, pendekatan grafis Runes of Magic memang sedikit menimbulkan perdebatan antar pemain, ada yang suka ada yang tidak. Runes of Magic memang tidak mengusung grafis terbaik namun ada keuntungannya yaitu desain senjata dan armor lebih detil dan bisa dimainkan pada spesifikasi komputer yang lebih rendah. Kualitas efek suara dan musik latar belakang dalam Runes of Magic sudah cukup baik, tidak terlalu membosankan, namun tentu saja ini tergantung selera masing-masing pemain.

Dari segi gameplay, kontrol pergerakan dan pertarungan karakter dalam Runes of Magic sangat mengadopsi MMORPG barat dengan menggunakan tombol WSAD dan tombol angka sebagai action bar, tidak seperti MMORPG Korea yang lebih sering menggunakan mouse click untuk bergerak dan bertarung. Runes of Magic sangat mengutamakan leveling menggunakan Quest, tersedia sedikitnya 600 Quest bagi pemain untuk menaikkan karakter sampai dengan level 50. Quest yang ditawarkan juga tidak monoton sekedar membunuh monster X sebanyak Y kali terus menerus, ada beberapa Quest yang dikategorikan Epic yang memiliki alur cerita menarik dan tidak jarang mengajak pemain melakukan tindakan-tindakan tidak biasa, seperti mengawal NPC, menyamar untuk mendapatkan informasi, dan lain-lain. Kemudian ada juga yang dinamakan Quest Harian dimana setiap karakter dapat melakukan Quest ini sebanyak sepuluh kali dalam sehari.

Personal House dan Guild Castle. Bisa dikatakan fitur Housing dan Castle ini merupakan kelebihan Runes of Magic. Di sini Anda tidak hanya bisa memiliki rumah pribadi sendiri, tetapi juga berikut perabotannya, hebatnya lagi perabotan tersebut bukan sekedar hiasan saja, tetapi pada beberapa perabotan juga memiliki fungsi khusus sebagai pemberi bonus EXP jika kita beristirahat di dalam rumah. Namun sayang perabotan yang memiliki efek bonus tersebut hanya tersedia di Item Mall, sehingga tanpa bonus tersebut rasanya fitur perabotan tersebut tidak terlalu berguna. Guild Castle juga memiliki fitur yang mirip dengan rumah pribadi namun mungkin dalam skala yang lebih besar.
Kita bisa membangun berbagai macam infrastruktur di dalamGuild Castle untuk memudahkan para anggota Guild dalam bermain, seperti Vault untuk menyimpan barang-barang, jika ingin share antar anggota. Castle Board untuk mengambil Quest Guild yang bisa dilakukan sehari sekali, dan mendapatkan gift bag serta Ruby Stone sebagai hadiahnya. Field, Forge, dan Lumber untuk para anggota yang suka mencangkul, kini bisa mencangkul di kastil secara nonstop (cocok untuk ditinggal AFK :p). Ada pula Library, untuk menghilangkan sejumlah Debt Player. Stables untuk menyewa Mount lebih murah dan durasi lebih lama. Serta banyak lagi infrastruktur yang dapat dibangun di kastil. Selain itu, Guild Castle ini juga bersifat open-source, jadi para anggota juga bisa menghias kastil mereka sesuka hati, menempatkan berbagai macam perabotan di dalam kastil, kecuali membangun infrastruktur, karena hanya ketua Guild yang memiliki akses.
Dari segi fitur Item Mall. Runes of Magic menjalankan cara yang sangat inovatif dalam menerapkan sistem Free-to-Play ini. Menggunakan empat mata uang yaitu Gold yang bisa didapatkan dari berburu monster ataupun menyelesaikan Quest, Diamond yang hanya bisa didapatkan dengan membeli voucher, tetapi di dalam game ini juga bisa didapatkan dengan membelinya dari pemain lain untuk Gold melalui Auction House, selain itu ada Ruby yang bisa didapatkan salah satunya dengan cara menyelesaikan Guild Wuest, dan ada Phirius Token yang didapatkan lewat quest harian.Selain itu, Item Mall yang tersedia tidak semata-mata menjual barang-barang yang sangat dibutuhkan pemain hingga tidak mungkin untuk bermain tanpa membelinya dan hampir semua item (kecuali item khusus event) dalam Item Mall bisa didapatkan secara gratis atau menggunakan Gold meskipun dalam jumlah atau fitur yang dibatasi. Misalnya pemain bisa menambah jumlah penyimpanan tas dan bank jika merasa kurang, atau membeli tunggangan yang lebih cepat dan permanen menggunakan Diamond daripada terus menerus menyewa menggunakan Gold.

Kesimpulannya, tidak salah memang jika Runes of Magic dengan cepat memenangkan Awards Pilihan Pembaca 2009 sebagai 3D MMORPG Terbaik di Indonesia, dan juga memenangkan penghargaan internasional sebagai game F2P MMORPG no 1 di Eropa. Kita rekomendasikan semua orang dari berbagai umur, atau latar belakang MMORPG apapun, untuk mencoba Runes of Magic. Anda tidak akan dikecewakan. Bisa dibilang bahwa Runes of Magic telah membuat sebuah dunia tiada batas dan penuh dengan ubahan-ubahan cerdik, menyenangkan, dan juga menambahkan arti baru ke genre MMORPG. Anda sebaiknya langsung download game ini atau pesan DVD-nya, buat account, dan segera mainkan, karena Anda benar-benar tidak mau ketinggalan game online yang satu ini. Your #1 Free to Play MMORPG in Europe has arrived in Indonesia!
(Chibot/Kitareview.com)
SHARE
Previous articleCross Fire
Next articleWar Commander

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here