Pandora Saga

1
276

pandora saga
“Jika Anda ingin merasakan Lineage 2 bercita rasa Jepang, game inilah tempatnya.”

DATA GAME

  • Judul Game: Pandora Saga
  • Genre: Fantasy MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)
  • Pengembang: Gonzo Rosso
  • Penerbit: Headlock (Internasional), Game Icon (Indonesia)
  • Platform: PC
  • Sistem Pembayaran: Free to Play (Item Mall)
  • Negara Asal: Jepang
  • Bahasa: Inggris, Indonesia
  • Tanggal Rilis: 16 Juli 2009 (Internasional), 22 Agustus 2009 (Indonesia)
  • Situs Resmi:


STORYLINE

Dahulu kala, sebuah Kekaisaran Agung pernah mendominasi seluruh dunia dibawah satu raja. Dia sangat dikenal karena kebaikannya terhadap semua ras, sehingga membentuk tanah yang damai dan dipelihara eksistensinya di antara enam ras. Namun, momen besar ini tidak berlangsung lama.Suatu malam ketika orang-orang tidur, langit gelap berubah menjadi terang karena sebuah bola api besar jatuh menuju bumi, menghancurkan semua yang disentuhnya. Kekaisaran Agung hancur luluh lantak dalam semalam dan catatan sejarah penting kerajaan itu pun musnah bersamaan dengan terjadinya bencana besar tersebut.

Bertahun-tahun kemudian setelah kehancuran Kekaisaran Besar, tiga negara baru dibentuk, berjuang untuk tanah dan kekuasaan. Pemimpin dari tiga negara berjuang untuk meraih kekuasaan tertinggi untuk menjadi Kekaisaran Agung. Perang dengan cepat tumbuh di luar kendali dan teror menyebar ke seluruh dunia menyebabkan penderitaan besar untuk semua ras. Angka kematian yang mencapai ribuan telah mencemari tanah dengan darah dan tubuh yang membusuk. Sementara itu, para pemimpin dari tiga negara telah memerintahkan bawahan mereka pada sebuah misi untuk mencari sebuah Ultimate Weapon yang telah lama terlupakan. Legenda mengatakan “Dia yang memegang Ultimate Weapon akan merebut hari”. Namun, kekuatan sejati itu tetap menjadi misteri.

Dunia menderita selama berabad-abad setelah peperangan tiada akhir karena tidak ada bangsa yang bisa mendominasi atas bangsa lain. Namun, seorang pria bernama Brahm, yang menandatangani kontrak dengan setan, merencanakan sebuah perang baru demi memuluskan rencana jahatnya untuk  menguasai dunia. Ketika peperangan telah menyebar ke Teritori Netral Astir, pasukan tentara dari tiga negara dikirim ke medan perang untuk melawan satu sama lain. Pada saat itu, sebuah petir besar melanda pasukan dari tiga negara dan hampir menghancurkan semua resimen. Sementara sebagian besar prajurit meninggal, orang-orang yang selamat kehilangan semua ingatan mereka.

Anda akan menjadi petualang independen yang selamat dari bencana tersebut, menuju sebuah pencarian untuk memulihkan ingatan kamu serta kesetiaan kepada bangsa pilihan Anda ……



PREVIEW

 

 


REVIEW


Pandora Saga adalah game online ber-genre Fantasy-Massive Multiplayer RPG yang berasal dari negara Jepang, dikembangkan oleh perusahaan game Gonzo Rosso. Game Pandora Saga ini disebut-sebut sebagai “Lineage 2 dari Jepang”, karena banyaknya kemiripan dengan game online terkenal asal eropa tersebut. Mulai dari grafisnya, gameplay, variasi job, dan kemiripan pada rasnya.

Pandora Saga, ber-setting dalam dunia fantasi abad pertengahan Eropa yang didesain dengan grafis kaya tekstur dan detail. Pembuatan karakter dalam Pandora Saga cukup bervariasi, mulai dari pemilihan ras karakter, model wajah, model rambut, warna rambut, job, hingga menentukan salah satu dari tiga keahlian yang disediakan. Di layar pembuatan karakter, Anda juga bisa mengamati informasi mengenai status awal karakter yang dibuat, mulai dari jumlah HP, MP, Dex, STR, dan sebagainya.

Pilihan ras pada Pandora Saga cukup bervariasi. Ada 6 ras yang bisa dipilih, yaitu Manusia, Elf, Dwarf, Myrine, Enkidu, dan Lapin. Ras-ras tersebut hadir dengan bentuk fisik yang berbeda-beda dan memiliki keunikan masing-masing. Manusia adalah ras yang paling netral, tidak memiliki keunggulan atau kelemahan pada satu atribut tertentu. Elf memiliki penglihatan yang lebih jauh dibanding ras lain. Enkidu memiliki badan yang paling besar, dan kulit yang keras sehingga memiliki defense lebih baik dibanding ras lain. Lupin merupakan ras terkecil dibanding ras lain, bahkan lebih kecil dibanding Dwarf.

Ada 4 Job awal yang bisa dipilih, yaitu Warrior, Scout, Acolyte, Mage. Dari 4 job awal tersebut bisa dipilih lagi menjadi beberapa job khusus apabila sudah mencapai level 20, agar karakter Anda menjadi lebih kuat lagi. Misalnya dari Warrior bisa menjadi Gladiator dan Knight, dari Scout bisa menjadi Archer dan Agent, dari Acolyte menjadi Priest dan Ascetic, dan Mage bisa menjadi Wizard serta Darkroar.



Di dalam dunia Pandora Saga, terdapat tiga kekuatan negara yang sedang berperang, Negara tersebut adalah Kerajaan St.Felshtein, Aliansi Suku Utara Varik dan Kekaisaran Latuga. Anda dapat memilih satu diantara tiga negara tersebut apabila sudah mencapai level 20. Ketiga negara tersebut membutuhkan bantuanmu untuk membuatnya menjadi negara yang terkuat di antara kedua negara lainnya. Dan, dengan bergabung ke salah satu dari tiga negara ini, Anda bisa mengikuti sebuah peperangan besar melawan kedua bangsa lain yang sangat menarik.

Gameplay dalam perang antar negara ini cukup menarik dan seru seperti pada perang di RF Online. Para prajurit saling mengalahkan prajurit dari negara lawan dengan menembus pertahanan mereka dan menghancurkan 4 buah tower penjaga. kemudian merebut kastil lawan dengan menghancurkan core stone yang terdapat di dalam kastil. Tentunya dari pihak lawan tidak akan tinggal diam begitu aja. Dan Anda harus berusaha mempertahankannya selama mungkin hingga Buggle Call berbunyi setiap 10 menit untuk mengumpulkan point.  Menang kalahnya suatu negara dalam perang ini ditentukan dari jumlah point yang berhasil didapatkan. Sangat seru perang yang ditawarkan dalam Pandora Saga, dimana kerjasama dan kekompakan para pemain serta strategi jitu dari sang komandan prajurit sangat menentukan kemenangan suatu negara.

Disamping itu juga, Pandora Saga menawarkan cukup banyak Skill yang telah dikategorikan menjadi beberapa bagian, untuk memudahkan pemain dalam mengatur skill karakternya. Skill utamanya terdapat 3, yakni skill Ras, skill Job, dan skill Kemampuan. Untuk skill Kemampuan dijabarkan lagi menjadi skill Melee, Teknik, Pray, Magic, dan Spesial. Hal ini bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi para pemain dalam berkreasi dan mengatur skill yang tepat untuk job dan ras karakternya.

Keunikan di Pandora Saga, Ada taktik yang diimplementasikan ke dalam battle-nya, dimana dengan menghajar monster dari arah samping atau belakang dapat menimbulkan point damage yang lebih besar dibandingkan menghajar monster dari arah depan. Monster-monster dalam game online ini terkadang cukup agresif dan mereka akan terus mengejar karakter pemain yang melarikan diri hingga sejauh mungkin atau hingga karakter pemain tewas. Untungnya Kita mengunakan ras Elf dengan job Scout, kemudian mengambil skill berlari cepat sehingga dapat dengan mudah menghindari kejaran monster yang pantang menyerah itu.

Quest dalam Pandora Saga tidak berbeda jauh dengan MMORPG lainnya, pemain menemui NPC untuk mendapatkan quest story dan quest sekunder. Namun yang menjadi kekurangan game ini, NPC yang memberikan quest tidak memiliki tanda di atasnya, sehingga Anda akan mesti berkeliling kota dan mengajak ngomong setiap NPC. Dan hanya quest yang berhasil diselesaikan akan memunculkan tanda di atas kepala NPC. Selain Anda bisa melihat langsung, dari map Anda juga dapat memantau posisi NPC yang berhasil Anda selesaikan quest-nya tersebut.

Grafis pada Pandora Saga cukup bagus dan halus. Para karakter juga terlihat cukup mendetil mulai dari wajah hingga model armor dan senjata yang terpasang dengan pas pada model karakter. Kemudian lingkungan permainan yang diisi dengan berbagai macam variasi objek, seperti bebatuan, pepohonan, rerumputan, sungai, reruntuhan kuil, dan bangunan dengan corak medieval terlihat cukup detil. Animasi pergerakan karakter juga kelihatan dinamis saat berlari maupun bertarung.  Begitu juga dengan perputaran pagi ke malam dari segi visual sangat, sewaktu memandang ke langit. Saat siang hari terlihat pancaran sinar matahari dari balik awan serta didukung efek bayangan karakter yang realistis sesuai dengan arah pancaran sinar matahari.

Secara keseluruhan, kesan pertama Anda mungkin tampak biasa saja, apalagi ketika awal-awal permainan mungkin akan terasa membosankan. Namun coba mainkan agak lama, karena sewaktu karakter Kita menginjak level 20 keatas, gameplay baru akan terasa seru dan menarik. Karena beberapa fitur unik yang ditawarkan akan dapat dirasakan dalam Pandora Saga ketika mulai menginjak level 20. Overall, Pandora Saga tidak terlalu mengecewakan. Jika Anda ingin merasakan Lineage 2 bercita rasa Jepang, game inilah tempatnya. Silahkan langsung download dan buat account-nya, lalu mainkan game Pandora Saga ini. Selamat bermain! 🙂

(Chibot/KitaReview.com)

SHARE
Previous articleDrift City
Next articleCross Fire

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here