The Blair Witch Project

0
837

The Blair Witch Project
The Blair Witch Project ternyata mampu mengusung sebuah horor jenis baru yang belum pernah ditampilkan film-film sejenisnya.

DATA FILM

  • Judul Film: The Blair Witch Project
  • Genre: Horor
  • Sutradara: Daniel Myrick & Eduardo Sánchez
  • Penulis Skenario: Daniel Myrick & Eduardo Sánchez
  • Produser: Robin Cowie & Gregg Hale
  • Studio Produksi: Haxan Films
  • Distributor: Artisan Entertainment
  • Negara: Amerika
  • Bahasa: Inggris
  • Durasi:  86 menit
  • Tahun Rilis: 30 Juli 1999 (Amerika)

                                                                                                                                            
PEMERAN UTAMA

  • Heather Donahue sebagai Heather Donahue
  • Joshua Leonard sebagai Joshua ‘Josh’ Leonard
  • Michael C. Williams sebagai Michael ‘Mike’ Williams


SINOPSIS

Pada tahun 1994, Tiga orang mahasiswa perfilman yang terdiri dari Heather Donahue, Michael Williams dan Joshua Leonard sedang mempersiapkan sebuah film dokumenter tentang keberadaan sosok penyihir legendaris bernama Blair disebuah tempat bernama Burkittsville, Maryland. Disini mereka mewancarai para penduduk lokal tentang kebenaran mitos penyihir tersebut.

Dari beberapa keterangan yang mereka dapat mereka kemudian melanjutkan penyelidikan mereka untuk mencari bukti-bukti keberadaan penyihir misterius tersebut di sebuah hutan setempat tanpa memperdulikan peringatan para penduduk yang mengatakan tempat tersebut angker.

Ketiga mahasisiwa terus melanjutkan perjalanan mereka semakin jauh masuk kedalam hutan, tentunya dengan berbekal peta dan kompas yg mereka miliki mereka tidak takut tersesat. Namun sayangnya mereka terlalu naif. Mereka tidak tahu apa yang sudah menunggu di dalam hutan angker tersebut, sesuatu yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Dimana nantinya mereka hanya bisa berharap bahwa ini semua hanyalah mimpi buruk yang akan segera berlalu….
 


TRAILER

 


REVIEW


Pada tahun 1999 para penikmat film khususnya pecandu film horor, dikejutkan dengan kemunculan sebuah film horor fenomenal berjudul The Blair Witch Project. Footage di film ini diklaim merupakan kisah nyata, yang walaupun pada akhirnya diketahui bahwa hal tersebut hanya merupakan strategi viral marketing, yang bertujuan untuk menarik perhatian penonton.

Namun terlepas dari ke-kontroversialan-nya itu, The Blair Witch Project ternyata mampu mengusung sebuah horor jenis baru yang belum pernah ditampilkan film-film sejenisnya. Dengan menampikan gaya mockumentary, film yang hanya berbudget kurang dari US$ 1,000,000, mampu menghasilkan pendapatan hampir US$ 250,000,000 di seluruh dunia. Sebuah hasil yang fantastis!!

Tampil dengan kesederhanaanya, The Blair Witch Project mampu menghadirkan sebuah ketegangan dan kengerian yang belum pernah dirasakan penonton horror sebelumnya. Ddengan gaya dokumeternya yang tampil tanpa musik score dan pergerakan kamera yang selalu bergoyang, penonton seakan akan diajak masuk kedalam dunia Blair Witch bersama ketiga mahasiwa tersebut secara langsung dan realistis. Dengan sudut pandang orang pertama, anda juga diajak menyaksikan berbagai peristiwa supranatural yang dialami ketiganya.

Ditilik dari ceritanya film yang berdurasi 81 menit ini tidak menampilkan cerita yang istimewa. Di paruh bagian pertama film berlangsung biasa saja, tanpa ada kejutan-kejutan berarti, anda akan diajak melihat kegiatan ketiga mahasiswa dalam mempersiapkan film mereka. Belum ada tanda-tanda ketengangan dimulai. Namun menginjak paruh kedua, film yang hanya dibuat kurang dari 8 hari ini berubah drastis. Peristiwa-peristiwa supranatural yang penuh dengan kengerian dihutan misterius itu pun mulai bermunculan. Dan sekali lagi dengan gaya dokumeternya, film berhasil menangkap semua ketegangan dan kengerian yg mencekam sampai akhir. Apalagi diitambah dengan dukungan aktor dan aktris nya yang bermain sangat realistis.

Overall, sebagai pionir film horor mockumentary, The Blair Witch Project tampil fresh dengan keorisilannya, yang mampu memberikan sebuah pengalaman baru dalam menonton sebuah film horor. Bahkan film-film seperti .Rec, Noroi, Cloverfield, dan Paranormal Activity, jelas harus berterima kasih kepada The Blair Witch Project, sebagai pelopor horor jenis baru.

(Hary/Kitareview.com)

SHARE
Previous articlePandorum
Next article1408

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here