Review Film Ip Man 2: Legend of the Grandmaster

3
3423

“Sebuah kisah lanjutan yang mampu mengimbangi kehebatan film pertamanya, film Ip Man 2: Legend of the Grandmaster dikemas secara apik dan menghibur..”

DATA FILM

  • Judul Film: Ip Man 2: Legend of the Grandmaster
  • Genre: Aksi – Bela Diri
  • Sutradara: Wilson Yip
  • Penulis Skenario: Edmond Wong
  • Produser: Raymond Wong
  • Studio Produksi: Beijing ShengShi HuaRei Film Investment & Management Co – China Film Co-Production Corporation – Mandarin Films Distribution Co – New Film Studio of Beijing Starlight International Media Co. Ltd – Shanghai Film Group & Time Antaeus Media Group
  • Distributor: Mandarin Films – Cathay-Keris Films & Innoform Media
  • Negara: Hong Kong
  • Bahasa: Kanton – Inggris – Mandarin
  • Durasi: 108 menit
  • Tahun Rilis: 29 April 2010 (Indonesia)

DATA LAINNYA

  • Prekuel: Ip Man (2008)

PEMERAN UTAMA

  • Donnie Yen sebagai Ip Man
  • Simon Yam sebagai Zhou Qingquan
  • Sammo Hung sebagai Hung Chun-nam
  • Fan Siu-Wong sebagai Jin Shanzhao
  • Kent Chengsebagai Fatso
  • Darren Shahlavi sebagai Twister

SINOPSIS IP MAN 2: LEGEND OF THE GRANDMASTER

Melanjutkan kisah heroik dari seorang master bela diri Wing Chun pada film pertamanya, Yip Man bersama dengan keluarganya berhasil melarikan diri dari tempat tinggal mereka di Foshan untuk kemudian pindah ke Hong Kong pada tahun 1949. Untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya, Yip Man kemudian mendirikan perguruan bela dirinya sendiri. Namun Hong Kong bunkanlah Foshan dimana Ia dan kemampuan bela dirinya dikenal banyak orang.

Di Hong Kong yang berada dalam kekuasaan Inggris ini, Yip Man harus menerima kenyataan susahnya mendapatkan murid yang mau belajar kepadanya. Di sini Yip Man juga harus berhadapan dengan masalah-masalah baru, seperti kehadiran para pesaingnya yang dipimpin oleh seorang guru besar kung fu, Hung Chun-nam. Hung Menganggap Yip Man tidak sopan karena sudah membuka peguruan bela diri tanpa ijin dan tanpa tata cara yang sudah ditetapkan.

Namun masalah terbesarnya adalah kehadiran polisi Inggris yang korup, dimana kerap kali merendahkan harga diri bangsa Cina. Hingga puncaknya sebuah pertarungan dahsyat antara Yip Man dan seorang petinju Inggris berjulukan “The Twister”, menjadi sajian penutup kisah kepahlawanan luar biasa seorang guru besar Wing Chun.

TRAILER IP MAN 2: LEGEND OF THE GRANDMASTER

REVIEW IP MAN 2: LEGEND OF THE GRANDMASTER

Yip Man Is Back!! Ya, melanjutkan kisah film pertamanya yang menuai kesuksesan baik secara kualitas maupun komersial. Kini dalam sekuelnya yang bertanjuk Legend of the Grandmaster, kisah kepahlawanan semi-autobiografi grandmaster Wing Chun kembali berlanjut, tentunya dengan cerita yang lebih menarik dan adegan pertarungan yang lebih banyak dan lebih dahsyat dari predesornya.

Sebelumnya sempat diinformasikan bahwa Ip Man 2 akan memfokuskan ceritanya pada hubungan Yip Man dengan muridnya, Bruce Lee. Namun pada kenyataanya film yang masih disutradarai oleh Wilson Yip sama sekali tidak menampilkan cerita yang sudah ditunggu-tunggu oleh fans seri pertamanya. Namun jangan kecewa dulu, karena ternyata kisah petualangan Yip Man – Bruce Lee sudah dipersiapkan untuk seri ke-3 nya, yang masih belum diketahui kapan penayangannya.

Dari segi cerita apa yang ditampilkan dalam Ip Man 2 ini bisa dibilang sedikit lebih menarik ketimbang seri pertamanya. Walaupun secara keseluruhan kedua film tersebut memiliki kelemahan yang sama, yaitu ceritanya yang terbilang ringan dan mudah ditebak kemana arah selanjutnya. Namun sepertinya kelemahan tersebut bukanlah menjadi masalah besar yang dapat menganggu kenikmatan menonton karena mampu tertutupi oleh adegan-adegan aksi bela dirinya, yang pada film keduanya ini mendapat porsi yang lebih banyak.

Ya, para penontonnya semakin dihibur den dimanjakan dengan banyaknya adegan yang mempertujukan kehebatan seorang Yip Man dalam menghadapi para musuh-musuhnya. Jurus-jurus maut nan mematikan, yang menampilkan kecepatan tangan dan kaki serta dibalut dengan sinematografi yang indah, sekali lagi terbukti mampu menjadi magnet terbesar film ini. Apalagi sang koreografer, Sammo Hung yang menangani aksi bela diri di kedua filmnya, kini ikut turun tangan meramaikan kisah film produksi Hong Kong ini.

Kehadiran sosok Sammo Hung jelas semakin membuat film ini menjadi jauh lebih menarik dan lebih terasa gregetnya. Walau sudah terlihat tua, namun aktor legendaris bertubuh tambun ini rupanya belum kehilangan pesonanya dan juga kehebatan bela dirinya. Hal itu ia tunjukan dalam adegan-adegan pertarungannya yang luar biasa dengan Donnie Yen. Salah satunya adalah adegan pertarungannya di atas sebuah meja makan sempit yang memukau dan benar-benar menjadi salah satu adegan paling memorable dalam film ini.

Ada satu hal utama yang mungkin sedikit menganggu di film pertamanya, yaitu Sosok Yip Man yang kelewat luar biasa hebatnya, tidak pernah kalah dan jarang sekali terkena pukulan. Bahkan pertarungan akhirnya yang diharapkan akan seru pun terasa terlalu mudah dan terlalu cepat. Namun hal berbeda dapat Anda temukan dalam sekuelnya ini.

Kali ini Yip Man akan menemui lawan-lawan yang lebih seimbang, sama-sama tangguh dan cepat. Menjadikan adegan pertarungan dalam Ip Man 2 menjadi jauh lebih seru dan menarik. Semua adegan tersebut itu tampaknya masih belum lengkap tanpa kehadiran musik scoring-nya yang ternyata juga mampu membuat emosi dan semangat penontonnya ikut terangakat dalam menyaksikan setiap adegannya. Jangan lewatkan kejutan kecil yang muncul diakhir film.

Overall, Ip Man 2: Legend of the Grandmaster bisa dibilang adalah sebuah sekuel yang sangat memuaskan. Sebuah kisah lanjutan yang mampu mengimbangi kehebatan film pertamanya, yang dikemas secara apik dan menghibur, khususnya bagi penggemar kisah-kisah aksi bela diri kualitas tinggi. Jadi buat yang sudah menonton dan menyukai kisah pertamanya, film ini wajib hukumnya untuk ditonton!

Gimana, setelah membaca review Ip Man 2: Legend of the Grandmaster ini pasti anda jadi ingin menontonnya. Kitareview.com mengucapkan selamat menonton! 🙂

(Hary/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleBlood Diamond
Next articleIron Man 2

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here