Outliers: Kisah dibalik sukses

0
549

1522925343_20091005031259_buku-outliers copy
“Buku ini memberikan bukti ilmiah bahwa sukses juga ditentukan oleh kapan dan dimana anda lahir!”

DATA BUKU

  • Judul Buku: Outliers: Kisah dibalik sukses
  • Jenis Buku: Umum
  • Judul Asli: Outliers: The Story of Success
  • Penulis: Malcolm Gladwell
  • Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
  • Bahasa: Indonesia
  • Cetakan pertama: Maret 2009
  • Tebal Buku: 352 halaman
  • Dimensi buku (P x L): 13,5 x 20 cm
  • ISBN: 978-979-22-4476-2
  • Website Resmi Penerbit: http://www.gramedia.com
  • Harga:
      • Gramedia: Rp.60.000 (Update Oktober 2009)
      • BukuKita.com: Rp.51.000 (Update Oktober 2009)

SINOPSIS

Biasanya kisah-kisah tentang orang-orang yang amat sangat sukses menonjolkan faktor kecerdasan dan ambisi. Dalam buku Outliers, Malcolm Gladwell mengemukakan bahwa kisah sejati tentang sukses benar-benar berbeda dengan apa yang biasa kita baca, dan bahwa jika kita ingin memahami bagaimana perjuangan orang-orang, kita seharusnya meluangkan waktu lebih banyak untuk mengamati apa yang ada di sekeliling mereka-misalnya keluarga mereka, tempat lahir, atau bahkan tanggal lahir mereka. Kisah di balik kesuksesan ternyata jauh lebih rumit-dan jauh lebih menarik-ketimbang yang terlihat di permukaan.Buku Outliers ini menjelaskan apa persamaan Beatles dan Bill Gates, kesuksesan luar biasa bangsa Asia dalam bidang matematika, keuntungan tersembunyi yang diperoleh bintang-bintang olahraga, mengapa semua pengacara New York memiliki riwayat hidup yang sama, dan alasan mengapa orang-orang genius tidak selalu sukses—semuanya berhubungan dengan generasi, keluarga, budaya, dan kelas sosial. Menurut Gladwell, sangatlah penting tahun berapa Anda lahir jika Anda ingin menjadi miliarder Lembah Silikon dan sangatlah penting di mana Anda lahir jika Anda ingin menjadi pilot yang sukses. Hidup para outlier-orang-orang yang pencapaian suksesnya di luar jangkauan normal-mengikuti logika yang aneh dan tak terduga. Sukses pada dasarnya adalah tentang kesempatan dan warisan budaya.


REVIEW

Melalui buku ini, Malcolm Gladwell mengajak anda untuk melihat bagaimana tanggal lahir bisa menentukan apakah seseorang bisa menjadi atlet yang handal atau tidak. Ini bukanlah persoalan mistik seperti Astrologi misalnya. Malcolm Gladwell dengan indahnya menjelaskan ada alasan ilmiah bagaimana tanggal kelahiran seseorang menentukan apakah dia dapat menjadi seorang atlet profesional atau tidak.

Pada bahasan lainnya Malcolm Gladwell memberikan bukti ilmiah tanggal lahir para penguasa lembah silikon yang saling berdekatan seperti Bill Gates (pendiri Microsoft), Steve Jobs (pendiri Apple), Bill Joy (pendiri Sun Microsystems). Pada pokok bahasan lainnya, Malcom Gladwell memperlihatkan kepada anda, The Beatles dapat menjadi band besar karena dipengaruhi juga oleh tempat asal para personilnya, yaitu Liverpool.

Seringkali kita berpendapat bahwa kesuksesan sangat ditentukan melalui seberapa keras usaha kita dan seberapa tinggi IQ kita. Sekali lagi, Malcolm Gladwell akan menjungkir balikan anggapan anda. Di mana dia memberikan bukti orang dengan IQ yang melebihi Einstein, tetapi tidak memperoleh kesuksesan seperti Einstein.

Di buku ini Malcom Gladwell menyebutkan bahwa selain tanggal lahir, orang tua, tempat kelahiran, lingkungan tempat tinggal, bahkan kebudayaan akan mempengaruhi apakah seseorang sukses atau tidak.

Buku ini direkomendasikan bagi anda yang ingin tahu banyak, mengapa sekelompok orang bisa menggapai kesuksesan yang luar biasa, sedangkan yang lainnya tidak. Setelah selesai membaca buku ini, maka anda akan melihat dunia tempat tinggal anda ini dengan sudut pandang yang berbeda sebelumnya. Terjemahan buku ini pun menurut saya cukup baik serta kata-katanya mudah dicerna. Tertarik membacanya? Yuks baca, siapa tahu anda lah Bill Gates selanjutnya! =)
(Gerry/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here