Ping: Perjalanan Seekor Katak Mencari Kolam Baru

0
241

Ping: Perjalanan Seekor Katak Mencari Kolam Baru
Buku yang ringan dan inspiratif! =)

DATA BUKU

    • Judul Buku: Ping: Perjalanan Seekor Katak Mencari Kolam Baru
    • Jenis Buku: Novel
    • Genre: Fiksi – Fabel/Parabel – Umum
    • Nama Penulis: Stuart Avery Gold
    • Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
    • Bahasa: Indonesia
    • Cetakan Pertama: 2006
    • Tebal Buku: vi + 82 halaman
    • Dimensi Buku (P x L): 13 x 19 cm
    • Website Resmi Penerbit: –
    • No.ISBN:  979-798-198-3
    • Harga: 
        • Gramedia: Rp.17.000

(Harga update Desember 2010)


KARAKTER UTAMA

  • Ping
  • Burung Hantu


SINOPSIS

Menghindari pengambilan risiko berarti mengambil risiko terbesar.
Mengalirlah bersama arus, karena arus itu mengetahui ke mana ia harus mengalir.

Kisah yang sederhana dan inspirasional ini bertutur tentang Ping, yaitu seekor katak yang melakukan perjalanan untuk mencari kolam baru yang ia rasa paling cocok untuk melakukan lompatan jarak jauh. Dalam perjalanan itu, ia berjumpa Burung Hantu, yaitu guru penuh wawasan yang membagikan kebijaksanaannya, yang mendesak Ping agar melakukan suatu perjalanan batin sebelum memutuskan untuk mengejar tujuannya.

Ping menggambarkan setiap orang yang sedang menghadapi kemunduran, dituntut mengambil risiko, atau bergumul melawan tantangan perubahan. Burung Hantu adalah guru yang membantu Ping menemukan makna dan melompat ke ketinggian yang baru. Perjalanan yang mereka lakukan bersama itu begitu menarik dan mencerahkan.


REVIEW

Ada satu hal yang tidak bisa dihindari oleh setiap insan di dunia fana ini, yaitu perubahan. Siapa yang akan menyangkalnya? Pasti tidak ada. Perubahan dalam hidup pasti ada, bisa berarti kemajuan ataupun kemunduran. Semuanya harus dihadapi, disikapi, diatasi, dan diperbaiki tentu saja.

Perubahan—perubahan besar—selalu menggelisahkan. …
Perubahan itu dapat menciptakan kebingungan, keraguan, kemarahan, kecemasan, dan keputusasaan. Rasa takut akan perubahan bisa mencengkeram Anda dengan kekuatan yang begitu besar sehingga akan melumpuhkan Anda. Tetapi hanya jika Anda mengizinkannya. (hlm. 10)


Buku ini adalah tentang itu. Pertama kali melihat sampul buku ini dan membaca sampul belakangnya, yang pertama kali terlintas adalah buku Spencer Johnson yang fenomenal, Who Moved My Cheese? Keduanya bicara tentang bagaimana menyikapi dan mengantisipasi perubahan yang tidak bisa dihindari. Hanya saja tokohnya berbeda.

PING, judul buku ini, adalah sekaligus nama tokoh utama di dalamnya. Ia adalah seekor katak penghuni kolam yang berpetualang untuk mencari kolam baru. Sebagai pelompat ulung, ia resah bila lingkungan sekitarnya sudah tidak memungkinkannya untuk menjadi pelompat ulung. Di kolam lamanya, airnya tinggal sedikit. Ini membuatnya sulit untuk melompat. Perubahan inilah yang membuatnya memutuskan untuk meninggalkan kolam lamanya, zona nyamannya, untuk mencari kolam baru.

Perjalanan Ping mencari kolam baru sebenarnya menggambarkan perjalanan spiritual dalam hidup manusia, ketika menghadapi berbagai masalah dan perubahan. Burung Hantu yang dijumpai Ping di jalan tidak hanya menuturkan kebijakan dan kebajikan kepada Ping selama perjalanannya, tetapi juga bicara kepada pembaca.

Meninggalkan kolam lama yang pastinya sudah memberikan kenyamanan kepada Ping tentu saja berisiko. Ping sadar itu. Namun, Ping juga sadar bahwa risiko itu memang harus diambil, atau ia akan mendapati risiko yang lebih besar. Pun manusia. Ini soal pilihan; pilihan untuk meninggalkan masa lalu, menghadapi masa depan, dan melahirkan gagasan besar yang baru tentang hidup. Karena hidup adalah milik setiap pribadi, untuk dijalani dengan penuh tujuan. Hidup yang berdasarkan pilihan, bukan peluang.

Buku yang ringan dan inspiratif! =)

(Wiwin_Utami/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here