Benteng Digital

0
368

Benteng Digital

“Secara singkat, novel ini sangat menarik, seru, menegangkan, dan sangat informatif :)”
 
DATA BUKU
    • Judul Buku: Benteng Digital
    • Jenis Buku: Novel
    • Judul Asli: Digital Fortress
    • Genre: Fiksi – Thriller – Misteri
    • Penulis: Dan Brown
    • Penerbit:  PT. Serambi Ilmu Semesta
    • Bahasa: Indonesia
    • Cetakan Pertama: 25 Mei 2006
    • Tebal Buku: 566 halaman
    • Dimensi Buku (P x L): 16 x 24,5 cm
    • Website Resmi Penerbit: http://www.serambi.co.id
    • ISBN : 979-16-0091-0
    • Harga: 
        • Gramedia: Rp.69.900 (Harga update November 2010)
 
KARAKTER UTAMA
  • Susan Fletcher
 
SINOPSIS
 
National Security Agency (NSA) adalah lembaga paling rahasia dan bernilai miliaran dolar. Ketika mesin pemecah kode NSA yang sudah teruji keandalannya menghadapi sebuah kode misterius yang tidak dapat dipecahkan, badan rahasia itu mengundang kepala kriptografernya, Susan Fletcher, seorang ahli matematika yang cantik dan cerdas. Hasil temuan Susan memunculkan gelombang yang mengguncang para pemangku kekuasaan.
 
NSA tersandera … bukan oleh bom atau senjata, tetapi oleh kode yang begitu kompleks sehingga, jika diedarkan, akan melumpuhkan dinas intelijen Amerika. Terjebak dalam badai-kencang dusta dan rahasia, Susan Fletcher berjuang menyelematkan perusahaan yang dipercayainya. Terjegal dari segala sisi, ia mendapati dirinya tidak hanya berperang demi negaranya, tetapi juga hidupnya dan pada akhirnya, hidup lelaki yang dicintainya.
 
Dari kekuatan ruang bawah tanah ke gedung pencakar langit di Tokyo sampai katedral yang menjulang tinggi di Spanyol, sebuah pertarungan hebat terbentang.
 
 
REVIEW
 
Mengingat kesuksesan Dan Brown, tidak salah kalau Anda mengharapkan sesuatu yang luar biasa dari karyanya. Anda bisa memperoleh harapan tersebut, salah satunya di Benteng Digital ini. Ramuan khas Brown – informasi, fakta, dan imajinasi liar – kembali menjadi daya tarik utama pada cerita kali ini. 
 
Brown memang dikenal berani mengangkat cerita dari lembaga atau perkumpulan yang jarang disentuh oleh pengarang lain. Di novel ini pun, Brown mengangkat cerita dari sebuah lembaga intelijen Amerika yang besar dan sangat rahasia, yaitu NSA. Sebagai latar belakang ceritanya, maka Brown menghadirkan sekilas informasi dan penjelasan mengenai lembaga NSA dan aktivitas yang dilakukan lembaga tersebut, yang dikemas sebagai alur cerita yang sangat menarik sehingga jauh dari kesan membosankan. Anda justru akan merasa seperti sedang dibawa dalam sebuah tur pribadi ke dalam lembaga yang ber-Tuhan-kan kerahasiaan. Sangat seru.
 
Sama seperti karya Brown yang lain, dalam novel ini Anda juga akan digiring untuk menerka dalang dari semua insiden yang terjadi. Satu perbedaan yang mencolok, yang sekaligus juga menjadi ciri khas utama pada cerita kali ini, adalah tersangka utama cerita ini juga merupakan seorang korban. Anda mungkin akan ikut merasa miris sebagaimana yang dirasakan oleh tokoh tersebut. Tapi di satu sisi lainnya, Anda akan ikut merasa sedih atas apa yang dilakukannya demi sebuah ambisi besarnya.
 
Di dalam karyanya Brown juga dikenal karena mampu menyajikan cerita aksi secara apik. Begitu pula di dalam Benteng Digital ini, Anda akan diberikan penceritaan aksi yang cukup mendebarkan. Anda juga akan dibawa hanyut dengan gambaran eksotis sebuah negara di Eropa. Di samping itu, Anda juga akan dimanjakan dengan imajinasi teknologi yang mengagumkan. Bahkan jika anda bukan penggemar teknologi, Anda akan tetap dapat merasa terkagum-kagum dengan prospek teknologi yang disuguhkan novel ini. Secara singkat, novel ini sangat menarik, seru, menegangkan, dan sangat informatif 🙂
(WikaCH/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here