Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) Jilid 1

0
576

Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) Jilid 1
“Buku panduan yang pas bagi anda yang sedang mempelajari rekayasa perangkat lunak”

DATA BUKU

  • Judul Buku: Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) Jilid 1
  • Jenis Buku: Teknik
  • Judul Asli: Software Engineering
  • Penulis: Ian Sommerville
  • Penerbit: Erlangga
  • Bahasa: Indonesia
  • Tebal Buku: 356 halaman
  • Dimensi Buku (P x L):  17,5 x 25cm
  • ISBN: 979-688-946-3
  • Website resmi penerbit: http://www.erlangga.co.id
  • Harga:
      • Gramedia: Rp.102.500 (Update Okotober 2009)


SINOPSIS

Rekayasa perangkat lunak menyajikan perspektif yang luas terhadap sistem rekayasa perangkat lunak, dengan konsentrasi pada teknik-teknik yang digunakan secara luas untuk membangun sistem perangkat lunak skala besar. Dalam tujuh bagian, buku best seller ini merangkum spektrum yang luas dari proses-proses perangkat lunak, mulai dari spesifikasi awal yang di butuhkan ke perancangan dan pengembangan sampai pada evolusi sistem.

Buku ini membantu mahasiswa yang mengambil studi sarjana dan pascasarjana di bidang rekayasa perangkat lunak dan juga bagi insinyur perangkat lunak dalam industri, yang perlu meningkatkan pengetahuannya tentang teknik-teknik baru seperti rekayasa persyaratan, arsitektur sistem terdistribusi, dan kebergantungan sistem. 


REVIEW

Buku Rekayasa Perangkat Lunak ini pertama kali dicetak pada tahun 1982 dan hingga sekarang buku ini masih digunakan sebagai pegangan bagi kebanyakan orang yang sedang mempelajari rekayasa perangkat lunak. 6 kali cetak ulang sudah menjadi salah satu bukti bahwa buku ini sangat pantas untuk dijadikan sebagai buku pengangan bagi anda yang mempelajari rekayasa perangkat lunak. Pada setiap kali buku ini dilakukan cetak ulang, isi dari buku ini mengalami perubahan untuk disesuaikan dengan kondisi perkembangan komputer yang ada. Seperti yang mungkin anda ketahui, industri komputer adalah salah satu bidang yang perkembangannya sangat cepat sehingga tidak aneh jika dalam tempo sepuluh tahun saja, suatu alat akan usang kemudian digantikan dengan alat yang lain yang pada akhirnya akan mengubah proses anda dalam membuat perangkat lunak.

Pada buku edisi terjemahan bahasa Indonesia ini buku dibagi menjadi dua jilid, di mana pada jilid pertama berisi dari bab 1 sampai bab 15 sedangkan pada jilid kedua berisi dari bab 16 sampai bab 29. Hal ini dilakukan karena buku edisi bahasa Inggrisnya cukup tebal. Sehingga untuk menyesuaikan harga dengan kondisi kebanyakan orang Indonesia umumnya buku ini dipecah menjadi dua jilid. Keuntungan lainnya adalah buku menjadi tidak terlalu tebal.

Pada buku jilid pertama ini pembahasan dimulai dengan pemahaman dasar mengenai rekayasa perangkat lunak seperti pengertian rekayasa perangkat lunak. Kemudian setelah pembaca memiliki dasar pemahaman yang kuat mengenai rekayasa perangkat lunak, maka berikutnya akan dibahas bagaimana melakukan proses rekayasa perangkat lunak. Setelah membaca buku ini, menurut Kita buku ini sangat cocok bagi mahasiswa dan praktisi rekayasa perangkat lunak. Setelah anda selesai mempelajari jilid pertama buku ini, maka bisa anda lanjutkan ke jilid keduanya untuk pemahan yang lebih mendalam mengenai rekayasa perangkat lunak. Kita akui buku ini sangat bagus untuk dipelajari bagi yang sedang mempelajari rekayasa perangkat lunak, namun kekurangan dari buku ini adalah harganya yang cukup mahal untuk ukuran kebanyakan mahasiswa Indonesia. Diskon pliz.. 🙂

(Gerry/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here