Review Buku Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi, dan Intelegensi Buatan

“..buku ini tetap layak dijadikan sebagai salah satu buku panduan Anda untuk belajar komputer..”

5
4080

DATA BUKU

SINOPSIS

Edisi ini merupakan perbaikan dari edisi sebelumnya. Perbaikan-perbaikan yang dilakukan meliputi beberapa hal sebagai berikut ini:

  1. Perbaikan-perbaikan kesalahan ketik.
  2. Pembuangan beberapa bagian yang sudah tidak relevan lagi. Pembuangan-pembuangan yang dilakukan adalah pembuangan beberapa bagian di pembahasan DOS (bab 13) dan beberapa bagian di pembahasan BASIC (bab 14).
  3. Penambahan beberapa informasi yang baru. Penambahan-penambahan yang dilakukan adalah dengan menambahkan hal-hal terbaru tentang sejarah perangkat keras dan sejarah perangkat lunak, penambahan tentang Internet dan tentang Windows 98.

Secara keseluruhan, lebih banyak yang ditambahkan daripada yang dibuang. Jumlah halaman di edisi ini memang lebih sedikit dibandingkan dengan di edisi sebelumnya disebabkan perubahan font yang dikecilkan, sehingga buku ini diharapkan akan lebih padat dengan informasi. Semoga buku ini masih tetap berguna.

REVIEW BUKU PENGENALAN KOMPUTER: DASAR ILMU KOMPUTER, PEMROGRAMAN, SISTEM INFORMASI, DAN INTELEGENSI BUATAN

Melalui buku Pengenalan Komputer, Jogiyanto Hartono memberikan panduan yang cukup lengkap bagi anda yang berminat untuk mempelajari lebih dalam mengenai komputer. Buku ini sendiri pertama kali dicetak pada tahun 1989, dan terus mengalami cetak ulang yang disertai dengan revisi untuk mengikuti perkembangan jaman.

Buku ini sendiri sudah cukup umum digunakan sebagai buku panduan bagi mahasiswa-mahasiswa yang belajar bidang informatika, pada tahun-tahun awal perkuliahan. Sehingga jika anda adalah mahasiswa bidang informatika yang baru memulai kuliah, dan memerlukan buku panduan yang baik untuk memulai belajar komputer, maka buku ini dapat anda gunakan. Walau begitu, buku ini tidak hanya terbatas bagi kalangan mahasiswa saja, siapa pun yang hendak memperdalam ilmu komputer, akan merasakan manfaat dari buku ini ketika membacanya.

Pembahasan buku ini sangatlah luas, inilah salah satu keunggulannya sehingga menjadikan buku ini layak untuk dijadikan sebagai referensi bagi anda. Pada awal-awal pembahasan, penulis membahas sejarah perkembangan komputer. Kemudian berlanjut ke pembahasan perangkat keras komputer satu demi satu seperti printer, monitor, keyboard, dan lain sebagainya.

Loading...

Tidak hanya itu, penulis juga membahas mengenai sistem bilangan yang ada pada komputer, bahasa-bahasa pemrograman yang ada pada komputer, dan masih banyak lagi.Karena pembahasannya yang luas, maka jika anda mahasiswa informatika, anda akan menemukan bahwa buku ini bahkan bisa dijadikan sebagai acuan pada banyak mata kuliah seperti jaringan komputer, pengantar ilmu komputer, dan lain sebagainya.

Selain itu, pembahasannya yang sangat luas dan pembahasan antar bab yang terkadang berbeda, maka menurut Kita, mempelajari buku ini tidak perlu dilakukan dari halaman awal hingga akhir. Anda cukup membaca pada bagian yang anda minati tanpa perlu kuatir tidak akan mengerti apa yang dibahas.

Seperti pribahasa tidak ada gading yang tidak retak. Di samping memiliki sejumlah kelebihan, buku ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli buku ini. Pembahasan perangkat keras komputer pada buku ini masih banyak diisi dengan data lama.

Coba anda lihat gambar mouse pada buku ini, anda akan dapati gambar mouse yang dibuat pada tahun 90-an awal, yang tentu saja dari segi bentuk dan cara kerjanya sudah cukup banyak berbeda. Pada jaman itu penggunaan bola karet masih umum namun sekarang teknologi sudah banyak menggunakan sinar infra merah atau laser sebagai medianya.

Buku ini dicetak pada tahun 2000, sehingga pembahasan mengenai sistem operasi windows pun masih hanya sampai Windows 98 saja. Belum ada pembahasan mengenai Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7. Kemudian pada topik bahasa pemrograman pun tidak ada pembahasan mengenai bahasa pemrograman Java & PHP. Padahal kedua bahasa tersebut sudah cukup populer digunakan untuk saat ini. Di mana sudah umum dibahas pada buku-buku komputer lainnya.

Menurut Kita, penulis masih menggunakan format lama, di mana pada jaman itu bahasa pemrograman yang cukup populer adalah BASIC, C, dan PASCAL. Di atas semuanya, menurut penilaian Kita, buku ini tetap layak dijadikan sebagai salah satu buku panduan anda untuk belajar komputer, mengingat masih banyak materi yang penting untuk anda ketahui. Jadi tidak ada salahnya bagi anda untuk membaca buku ini., untuk menambah pengetahuan anda. Anda masih ingin menjadi lebih pintar kan? ;p

(Gerry/Kitareview.com)

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here