MySQL Untuk Pengguna, Administrator, dan Pengembang Aplikasi Web

0
271

MySQL Untuk Pengguna, Administrator, dan Pengembang Aplikasi Web
“Membimbing anda memahami SQL dengan baik”

DATA BUKU

  • Judul Buku: MySQL Untuk Pengguna, Administrator, dan Pengembang Aplikasi Web
  • Jenis Buku: Teknik
  • Penulis: Betha Sidik
  • Penerbit: Informatika
  • Bahasa: Indonesia
  • Cetakan Revisi: Juni 2005
  • Tebal Buku: 442 halaman
  • Dimensi Buku (P x L):  14 x 21 cm
  • No ISBN: 979-3338-04-0
  • Website resmi penerbit:
  • Harga: Rp.49.000 (Harga Update November 2009)


SINOPSIS

MySQL sebagai software manajemen database relasional (RDBMS), tersedia di lingkungan Unix, Linux, danWindows, patut untuk dipelajari dan dikuasai karena telah menjadi salah satu software database yang banyak digunakan sebagai alternatif dari software sejenis sepeti: Oracle, DB2, Sybase, MS SQL Server, Interbase, dan lainnya.

Buku ini disusun dengan menjelaskan bagaimana melakukan instalasi server MySQL, dengan contoh di lingkungan Windows,bagaimana melakukan administrasi database dan menentukan siapa saja yang boleh menggunakannya, dan apa saja haknya yang diberikan kepada pemakai tersebut. Juga bagaimana membuat aplikasi, web atau client/server, dengan menggunakan MySQL sebagai engine databasenya.

Pembahasan dilakukan dengan menggunakan contoh kasus, bagaimana merancang database, mengimplementasikannya dengan MySQL dengan menggunakan perintah SQL, mendefinisikan pemakai yang boleh mengaksesnya disertai dengan pendefinisian hak-hak pemakai dengan menggunakan DCL, bagaimana membuat aplikasi berbasis web dengan menggunakan PHP dan ASP, dan bagaimana membuat aplikasi client/server dengan menggunakan Delphi dan Visual Basic.


REVIEW

Buku ini mengajarkan anda bagaimana menggunakan MySQL mulai dari nol besar. Pada buku ini, pertama-tama anda akan diperkenalkan sejarah singkat serta cara instalasi MySQL versi 4.0 pada sistem operasi Windows. Kemudian anda akan mulai belajar bagaimana menggunakan sintaksis SQL pada MySQL, seperti perintah untuk membuat database, perintah untuk membuat tabel, perintah untuk memasukan data ke dalam tabel, dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan, buku ini juga memberikan sedikit gambaran kepada anda bagaimana cara untuk merancang database yang baik dan benar. Serta bagaimana cara untuk melakukan normalisasi pada database. Namun yang Kita sayangkan adalah pembahasan pada bagian ini hanyalah sambil lalu, serta penjelasannya kurang mendetail. Sehingga jika anda ingin mendapatkan pemahaman yang baik mengenai perancangan database, sebaiknya anda menggunakan buku lain, yang pokok pembahasannya dikhususkan pada perancangan database.

Setelah anda menguasai perintah-perintah SQL, anda kemudian akan diajarkan bagaimana cara untuk menggunakan MySQL dengan program atau script, yang anda buat dari bahasa pemrograman lain. Bahasa-bahasa pemrograman yang dibahas pada buku ini antara lain: Visual Basic, ASP, PHP, serta Delphi. Sehingga buku ini layak dijadikan juga sebagai referensi bagi anda yang mempelajari salah satu atau lebih dari bahasa pemrograman tersebut. Terutama jika anda nantinya berencana membuat program yang akan menggunakan MySQL sebagai mesin database-nya. Tertarik? =)

(Gerry/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here