Mudah Belajar Linux

0
324

Mudah Belajar Linux
Buku berjudul Mudah Belajar Linux ini hadir untuk menambah wawasan masyarakat tentang Linux.

DATA BUKU

    • Judul Buku: Mudah Belajar Linux (edisi revisi)
    • Jenis Buku: Komputer
    • Penulis: Iwan Sofana
    • Penerbit: Informatika Bandung
    • Cetakan Pertama: Mei 2010
    • Bahasa: Indonesia
    • Tebal Buku: x + 230 hlm
    • Dimensi Buku (P x L): 14,5 x 21 cm
    • Website Resmi Penerbit:
    • No. ISBN: 978-602-8758-02-4
    • Harga:
        • Toko Gunung Agung: Rp.50.000
        • (Harga update Juni 2011)


SINOPSIS

Buku Mudah Belajar Linux sudah beredar lebih dari 4 tahun. Oleh karena itu, Penulis merasa perlu untuk melakukan revisi. Sehingga isinya dapat lebih sesuai dengan kebutuhan saat ini dan kebutuhan di masa yang akan datang.

Sesuai dengan judulnya, buku ini dibuat untuk membantu siapapun yang ingin memahami intisari sistem operasi Linux secara otodidak. Titik berat pada buku ini tetap pada pembahasan dasar-dasar perintah Linux. Sehingga setelah mempelajari isi buku ini, pembaca diharapkan dapat memahami intisari pengoperasian Linux.


Seperti buku sebelumnya, bab demi bab disajikan dalam bahasa yang sederhana dan disertai soal latihan. Pembaca dapat mencoba mempraktekan contoh-contoh latihan menggunakan distro Linux yang disediakan pada DVD Pendamping.   



REVIEW

Jika diperhatikan, pengguna komputer di Indonesia saat ini masih lebih banyak menggunakan sistem operasi Windows dibandingkan sistem operasi lainnya, seperti Linux ataupun Mac. Hal tersebut salah satunya karena masyarakat terbiasa dengan kemudahan penggunaan sistem operasi Windows. Namun nyatanya pengguna sistem operasi Linux setiap tahunnya semakin bertambah. Daya tarik yang dimiliki Linux sehingga menambah jumlah penggunanya, yaitu karena Linux tidak dikuasai oleh perusahaan tunggal, siapapun dapat mempelajari dan mengembangkan Linux secara bebas, dengan kata lain, Linux bersifat open source.

Buku berjudul Mudah Belajar Linux ini hadir untuk menambah wawasan masyarakat tentang Linux. Mengenai sejarah dan perkembangan Linux dibahas secara rinci namun ringkas. Dimulai dari terciptanya Unix yang menjadi cikal bakal Linux, hingga bermunculannya distro-distro Linux yang dikembangkan oleh banyak orang. Penulis juga menjelaskan langkah demi langkah cara menginstal 3 jenis distro Linux (Slax, Ubuntu, dan CentOS), dimana ketiga distro ini disertakan dalam bonus DVD Pendamping.


Yang menjadi fokus dalam buku ini yaitu perintah-perintah yang dapat dilakukan pada Linux. Perintah-perintah tersebut dijalankan pada aplikasi Terminal (seperti Command Prompt pada Windows) ataupun saat menjalankan Linux pada mode teks. Istilah ‘aplikasi’ atau ‘utilitas’ dalam Linux seringkali digunakan untuk mengganti kata ‘perintah’. Mempelajari perintah-perintah Linux sangat penting jika Anda ingin menjadi seorang administrator. Selain itu, penggunaan perintah tersebut dapat mempercepat menyelesaikan pekerjaan tertentu.


Satu hal penting yang harus dipahami bagi pengguna Linux yaitu tentang filesystem-nya. Filesystem merupakan teknik yang digunakan suatu sistem operasi untuk mengatur file-file dan direktori. Lokasi file-file dan direktori pada filesystem Linux mengacu pada ketentuan yang disebut Filesystem Hierarki System (FHS).


Pada setiap bab dalam buku ini disertai dengan latihan soal yang dapat dipraktekkan oleh pembaca pada sistem operasi Linux, baik yang sudah terinstal pada komputer maupun yang dijalankan pada Live CD. Jadi, sambil membaca buku ini, pembaca juga dapat langsung mempraktekkan perintah-perintah yang penting pada sistem operasi Linux.


Sang penulis, Iwan Sofana, yang aktif menulis artikel komputer dan beberapa bukunya sudah beredar di pasaran ini, secara gamblang dan tuntas menjelaskan intisari pengoperasian Linux. Maka, tak perlu ragu lagi untuk segera memiliki buku ini. Pembahasannya yang komunikatif serta mudah dipelajari, menjadikannya buku yang patut dimiliki bagi Anda yang akan dan baru ‘bermigrasi’ ke sistem operasi Linux.
(AnnaTomi/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here