Mikroprosesor Intel Jilid 1

0
366

Mikroprosesor Intel Jilid 1
“Panduan yang komprehensif bagi anda yang mempelajari mikroprosesor intel keluarga x86”

DATA BUKU

  • Judul Buku: Mikroprosesor Intel Jilid 1
  • Jenis Buku: Teknik
  • Judul Asli: The Intel Microprocessors
  • Penulis: Barry B. Brey
  • Penerbit: Erlangga
  • Bahasa: Indonesia
  • Cetakan Kelima: 2002
  • Tebal Buku: 560 halaman
  • Dimensi Buku (P x L):  36 x 20 cm
  • ISBN: 979-688-482-8
  • Website resmi penerbit: http://www.erlangga.co.id
  • Harga:
      • Gramedia: Rp.191.000 (Update Oktober 2009)


SINOPSIS

Aplikasi mikroprosesor yang sangat luas telah diperoleh Intel di berbagai bidang seperti elektronik, komunikasi, sistem kendali, dan sistem komputer desktop. Buku teks praktis ini ditulis bagi siapa pun yang membutuhkan atau berminat untuk memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai pemrograman dan pengantarmukaan (interfacing). Penjelasan penulis yang mendetail dan cermat, yang dikombinasikan dengan banyak tabel dan gambar, menyajikan pembahasan tentang kerabat mikroprosesor dalam susunan yang terorganisasi dengan baik dan mudah dipahami. Buku ini menantang pembacanya untuk tetap berasa di garis depan perkembangan teknologi.

Dalam edisi kelima ini, Mikroprosesor Intel telah diperbaharui secara menyeluruh agar memberikan cakupan yang komprehensif mengenai berbagai perkembangan baru di bidang mikroprosesor. Buku ini dapat digunakan sebagai referensi dan perangkat instruksional untuk mengembangkan keahlian pambaca dalam:

  • Membuat program yang menggunakan fungsi DOS untuk mengontrol keyboard, sistem peraga video (video display system), dan memori disk dalam bahasa Assembly.
  • Mengembangkan perangkat lunak untuk mengontrol aplikasi antarmuka ke mikroprosesor 8086/8088, 80186/80188, 80286, 80386, 80486, Pentium, Pentium-Pro, dan Pentium II.
  • Menggunakan fungsi BIOS untuk mengontrol keyboard, tampilan (display), dan piranti lain dalam sistem komputer.
  • Mengembangkan software dengan menggunakan urutan makro (macro sequences), prosedur (subroutine), fungsi assembly bersyarat (conditional assembly), dan direktif rakitan kontrol aliran (flow control assembler directive).
  • Memprogram koprosesor numerik untuk menyelesaikan persamaan kompleks.
  • Merinci penggunaan teknologi MMX-extension untuk mikroprosesor Pentium dan Pentium II.
  • Dan masih banyak lagi.


REVIEW

Jika anda adalah mahasiswa jurusan teknik komputer, teknik elektro, atau sedang mempelajari pemrograman dengan menggunakan mikroprosesor Intel, maka buku ini sangat saya anjurkan sebagai buku panduannya. Buku-buku teknik di Indonesia masih terhitung jarang, apalagi untuk buku teknik yang berkualitas. Buku ini telah diterjemahkan ke banyak bahasa lain dan sudah mengalami 5 kali cetak ulang. Ini sudah menjadi salah satu bukti sebaik apa kualiatas dari buku ini. Kita suka sekali dengan pembahasan yang ada pada buku ini karena membimbing anda belajar bahasa Assembly berikut arsitektur dari mikroprosesor Intel mulai dari nol. Sehingga anda tidak perlu kuatir anda tidak akan mengerti apa yang dibahas pada buku ini.

Pada edisi bahasa Indonesia ini, penerbit Erlangga memecah buku ini menjadi dua jilid, dikarenakan ukuran buku versi bahasa Inggrisnya sangat tebal. Sebagai perbandingan edisi asli bahasa Inggrisnya untuk edisi kelima terdiri dari 966 halaman. Selain itu harga buku ini jika tidak dipecah menjadi dua jilid, sudah dipastikan harganya akan sangat mahal, dan menjadi sulit dijangkau. Beberapa pokok bahasan yang ada pada jilid pertama antara lain: pengenalan mikroprosesor, pengenalan instruksi-instruksi bahasa Assembly, menggunakan bahasa Assembly dengan bahasa C/C++, interupsi, dan masih banyak lagi.

Walau pun pembahasan pada buku ini menggunakan bahasa Assembly keluarga Intel x86, anda harus memahami sedikit bahasa pemrograman C/C++. Anda tidak perlu tahu dengan mendalam mengenai bahasa C/C++. Minimal anda harus mampu mendeklarasikan variabel, menggunakan operator, membuat blok fungsi utama (main), dan beberapa keterampilan dasar lainnya. Mengapa anda harus menguasai bahasa pemrograman C/C++? Pada buku ini memang bahasa yang digunakan adalah bahasa Assembly keluarga Intel x86 tetapi pembahasan pada buku ini menggunakan compiler C/C++ sebagai penopangnya.

Pembahasan yang ada pada buku ini tidak hanya soal arsitektur mikroprosesor Intel dan bahasa Assembly keluarga Intel x86 saja. Jika anda sudah memiliki sedikit pemahaman mengenai bahasa Assembly dan matematika komputer, anda tentu tahu bahwa dalam komputer menggunakan beberapa jenis bilangan, pada buku ini kesemua jenis bilangan tersebut turut dibahas sehingga anda tidak kebingungan. Kelebihan lain dari buku ini adalah disetiap akhir bab disediakan sejumlah pertanyaan untuk menguji sejauh mana pemahaman anda setelah mempelajari bab tersebut. Kemudian jangan kuatir apakah jawaban anda benar atau salah karena kunci jawaban pun disediakan pada bagian akhir buku untuk memeriksa hasil jawaban anda.

Di atas semuanya jika anda sedang mempelajari bahasa Assembly keluarga Intel x86dan mikroprosesor Intel anda tidak akan menyesal telah membeli buku ini walau pun harganya cukup mahal. Untuk membaca review jilid 2 dari buku ini, silahkan klik di sini.

(Gerry/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here