Menjadi Seorang Programmer Komputer

1
559

Menjadi Seorang Programmer Komputer

”..buku ini dapat menjadi referensi yang baik serta cocok untuk kelas pemula dalam bidang pemrograman.”

DATA BUKU

  • Judul Buku: Seri Buku Pintar: Menjadi Seorang Programmer Komputer
  • Jenis Buku: Umum
  • Genre: Komputer
  • Penulis: Wahana Komputer
  • Penerbit: CV Andi Offset (Penerbit Andi)
  • Cetakan Ketiga: 2009
  • Bahasa: Indonesia
  • Tebal Buku: xii + 324 halaman
  • Dimensi Buku (P x L): 16 x 23 cm
  • Website Resmi Penerbit: http://www.andipublisher.com
  • No. ISBN: 979-763-309-8
  • Harga:
    • Gramedia: Rp.39.900
    • (Harga Update Agustus 2011)

SINOPSIS

Bermacam cara untuk menjadi programmer profesional ditulis dalam buku ini. Pembahasan tidak hanya berkisar pada isu teknik, tetapi juga isu nonteknis.

Seri Buku Pintar: Menjadi Seorang Programmer Komputer ini menjelaskan beberapa isu yang berkaitan dengan dunia pemrograman dari hulu ke hilir. Buku ini adalah buku refrensi yang memungkinkan Anda untuk menelaah lebih dalam dunia pemrograman dari berbagai sisi, baik teknis maupun nonteknis.

Selengkapnya buku ini membahas: Program Komputer, Bahasa Pemrograman, Konsep Umum Pemrograman, Basis Data, Programmer Komputer, Kualifikasi Programmer Profesional, dan Peluang Usaha dalam Bidang Pemrograman.

REVIEW

Apa itu programmer? Sulitkah menjadi seorang programmer komputer? Bagaimanakah kriteria programmer komputer yang handal?

Sama halnya dengan profesi lainnya, untuk menjadi seorang programmer pun membutuhkan kerja keras dan ketelatenan, tentunya dalam mempelajari bahasa pemrograman komputer. Namun sebenarnya untuk menjadi seorang ahli program komputer, bukan berarti harus bisa menguasai semua bahasa pemrograman, melainkan benar-benar ahli dalam satu atau dua jenis bahasa saja. Yang dituntut dari seorang programmer komputer terutama adalah kreativitas. Karena ide-ide kreatif sangat dibutuhkan demi terciptanya suatu program yang dapat digunakan dengan mudah untuk fungsi tertentu.

Terdiri dari 7 bab yang dibahas secara mendalam melalui beberapa subbab, buku ini berusaha menampilkan pembahasan tentang pemrograman dengan bahasa yang mudah dipahami. Pada bab pertama merupakan pengenalan jenis dan fungsi dari piranti komputer. Setelah itu pada bab dua mulai masuk pada sejarah bahasa pemrograman dan pengelompokkannya. Bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu yang berbasis web, berbasis objek, serta yang berbasis teks. Penjelasan mengenai algoritma dan operasi-operasi yang dapat dilakukan pada bahasa pemrograman secara umum, diperinci pada bab tiga.

Orang yang masih awam tentang dunia pemrograman seringkali terkecoh antara konsep bahasa pemrograman dengan konsep basis data (database). Untuk itu pada bab empat, penulis memberikan teori tentang database yang dianalogikan dengan sebuah lemari. Pengantar teori dimulai dari arsitektur database hingga melakukan operasi data dengan bahasa SQL. Selanjutnya pada tiga bab terakhir barulah pembahasannya mengenai segala hal yang berkaitan dengan profesionalitas programmer komputer.

Saat beralih pada bagian daftar pustaka, pembaca dapat melihat bahwa sumber bacaan yang diambil penulis lebih banyak mengacu pada website dibandingkan dengan buku. Hal ini dapat dimaklumi karena perkembangan informasi pada jaringan internet jauh lebih pesat daripada percetakan buku.

Kekurangan yang cukup jelas pada buku ini yaitu isi halaman yang sama sekali tidak berwarna, sehingga kadang terasa membosankan untuk dibaca. Namun dilihat dari segi tata bahasa, ilustrasi pendukung, dan tata letak penulisan, buku ini dapat menjadi referensi yang baik serta cocok untuk kelas pemula dalam bidang pemrograman.

(AnnaTomi/Kitareview.com)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here