Membangun Web Portal Multibahasa dengan Joomla 1.5.x

0
297

Membangun Web Portal Multibahasa dengan Joomla 1.5.x
Kita membaca buku ini untuk mempelajari dasar-dasar pembuatan website dengan menggunakan Joomla.

DATA BUKU

    • Judul Buku: Membangun Web Portal Multi Bahasa dengan Joomla 1.5.x
    • Jenis Buku: Komputer
    • Nama Penulis: Slamet Riyanto
    • Penerbit: Elex Media Komputindo
    • Bahasa: Indonesia
    • Cetakan Pertama: Maret 2009
    • Tebal Buku: ix + 272 halaman
    • Dimensi Buku (P x L): –
    • Website resmi penerbit: http://www.elexmedia.co.id
    • No. ISBN: 978-979-27-4604-4
    • Harga:

        • Gramedia: Rp.53.800
        • (Harga Update Maret 2011)


SINOPSIS

Bisnis pengembangan website sudah menjamur di mana-mana, mulai dari yang sederhana sampai yang paling kompleks (Web Portal). Mulai dari yang hanya berupa teks hingga penyediaan menu dan fitur menggunakan berbagi media, seperti gambar, animasi, hingga video. Hal itu dilakukan untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya agar menikmati informasi yang disajikan.

Membuat website multibahasa bertaraf internasional tidak serumit yang dibayangkan. Orang awam yang kurang paham dengan bahasa pemrograman dalam sekejap dapat membuat website secara interaktif. Dengan memanfaatkan Joomla yang bersifat open source, memungkinkan Anda membangun website dengan berbagai bahasa secara cepat, mudah, dan powerfull.

Buku Membangun Web Portal Multibahasa dengan Joomla 1.5.x merupakan pedoman untuk membuat situs menggunakan Joomla. Pembahasan dimulai dari proses instalasi, penambahan aplikasi video player, random article, slide show, hingga penyediaan multibahasa sesuai kebutuhan.

Untuk mempermudah pemahaman, diberikan contoh-contoh studi kasus pembuatan situs secara runut dengan bahasa yang ringan. Selain itu, file-file yang dibutuhkan dalam contoh kasus disediakan dalam CD Bonus.


REVIEW

Kita membaca buku ini untuk mempelajari dasar-dasar pembuatan website dengan menggunakan Joomla. Pembahasan awal buku setebal 272 halaman ini dimulai dengan sejarah singkat joomla, instalasi server, pembuatan database di PHPMyAdmin untuk website yang nantinya akan dibuat serta cara instalasi Joomla. Jika Anda sudah memahami dasar-dasar tersebut Anda dapat melewatkan bagian pembahasan ini kemudian dimulai ke bagian inti.

Pada bagian inti Anda akan diperkenalkan dengan extension Joomla, mulai dari apa itu ekstension hingga bagaimana penggunaannya.  Melalui CD lampiran yang juga disertakan pada buku ini, Anda dapat memasang berbagai ekstension sehingga website yang Anda buat menjadi terlihat profesional. Seperti fungsi slide show gambar, menampilkan video, fasilitas multi bahasa dan masih banyak lagi materi-materi seputar ekstension yang dibahas pada buku ini.

Walau pun isi buku ini lebih banyak membahas penggunaan ekstension yang ada pada Joomla, tidak ketinggalan pula materi-materi penting lainnya seperti pengaturan menu, artikel, cara upload website hasil desain Anda ke internet, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya, Kita mengharapkan pada cetakan berikutnya buku ini banyak dikoreksi. Seperti pada salah satu materi yang dibahas, diajarkan membuat sebuah artikel yang disertai dengan file gambar. Dalam buku pun disebutkan file gambar disertakan dalam CD lampiran, namun ketika Kita membukanya, file gambar yang dimaksud tidak ada. Kita pun pernah mengalami kesulitan mempelajari salah satu materi pada buku ini, karena file modul untuk latihan tidak ada di dalam CD. Sedangkan pada materi tersebut yaitu materi slideshow, mengharuskan Kita memiliki file modul tersebut untuk di-install ke Joomla.

Semoga juga pada revisi berikutnya penulis buku ini pun menyertakan file-file contoh isi artikel untuk latihan. Karena pada pembahasan penulis menampilkan gambar contoh hasil pembuatan yang sudah lengkap dengan berbagai artikel, namun sayangnya tidak ada file artikel di dalam CD, atau pun petunjuk artikel seperti apa yang cocok untuk diisikan ke dalam web portal yang dibahas pada buku ini.

(Gerry/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here