Membangun Web Berbasis PHP Dengan Framework Codeigniter

0
577

Membangun Web Berbasis PHP Dengan Framework Codeigniter
“Buku ini lebih ditujukan untuk programmer yang sudah menguasai dasar-dasar PHP, Codeigniter, HTML, CSS, SQL, dan perancangan database relasional.”

DATA BUKU

    • Judul Buku: Membangun Web Berbasis PHP Dengan Framework Codeigniter
    • Jenis Buku:  Komputer
    • Nama Penulis: Awan Pribadi Basuki
    • Penerbit: Mediakita
    • Bahasa: Indonesia
    • Cetakan pertama: April 2010
    • Tebal buku: xiii + 212 halaman
    • Dimensi Buku (P x L): –
    • Website Resmi Penerbit: http://www.bukulokomedia.com
    • No. ISBN : 978-979-1758-66-6
    • Harga:

        • Gramedia: Rp.48.800
        • (Harga Update Maret 2011)


SINOPSIS


Framework telah menjadi tren pemrograman saat ini. Faktanya, banyak perusahaan mencari programmer yang menguasai Framework. Alasannya jelas, menyamakan gaya programmer yang berbeda-beda dalam membuat program, sehingga program lebih mudah dikembangkan, karena tidak bergantung pada satu programmer saja.

Codeigniter adalah salah satu Framework handal berbasis PHP. Selain itu, kesederhanaa dan kerampingannya membuat Codeigniter menjadi Framework yang paling mudah dipelajari dan tercepat aksesnya dibandingkan Framework lainnya.

Dalam buku ini, secara praktis dibahas dasar-dasar Codeigniter, karena disajikan langsung dalam bentuk studi kasus pembuatan Program Absensi Siswa, mulai dari perancangan database sampai menjadi proyek siap pakai. Sehingga memudahkan Anda dalam menguasai Framwork Codeigniter secara cepat.



REVIEW

Sekarang ini penggunaan Framework pada lingkungan pemrograman PHP semakin populer. Bahakn sudah menjadi suatu keharusan bagi siapa pun yang ingin berkaris dibidang yang banyak menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hampir semua lowongan kerja untuk bidang pemrograman PHP mensyaratkan pelamarnya menguasai Framework PHP, salah satunya adalah Codeigniter. Namun sayangnya ada gap besar antara dunia pendidikan dan dunia karis. Salah satu contohnya adalah hampir semua universitas atau lembaga pendidikan komputer lainnya mengajarkan PHP, tetapi sangat jarang sekali yang mengajarkan Framework PHP.

Buku “Membangun web berbasis PHP dengan framework Codeigniter” menurut Kita bisa menjadi salah satu alternatif melihat jarangnya literatur Framework Codeigniter terutama dalam bahasa Indonesia. Tidak berlebihan jika Kita katakan buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan pemrograman Framework Codeigniter dengan harga murah.

Pembahasan awal buku membahas apa itu Codeigniter disertai dngan cara instalasi framework ini berikut sejumlah contoh potongan kode PHP dalam bentuk Framework Codeigniter. Namun menurut Kita kode-kode ini tidak banyak membantu bagi Anda yang masih awam dengan Framework Codeigniter untuk dicoba dan dipelajari, karena penulis tidak banyak memberikan penjelasan terperinci. Pada pembahasan awal ini juga dibahas cara instalasi WAMPP Server sebagai wadah praktek. Software WAMPP disertakan dalam CD lampiran buku ini. Pambahasan kemudian berlanjut pada perancangan database untuk studi kasus pembuatan sistem informasi pada absensi sekolah.

Begitu selesai bagian perancangan database Anda mulai ke bagian inti dari buku ini, pembuatan sistem informasi sekolah berbasis web. Hal yang Kita sukai dari buku ini adalah pembahasan dibuat secara berurut dan cukup terperinci untuk tingkatan programmer yang sudah menguasai dasar-dasar pemrograman PHP dan Framework  Codeigniter  Hal lainnya yang Kita sukai adalah Kita memperoleh banyak sekali teknik-teknik baru untuk mengembangkan sistem informasi berbasis web yang lebih baik lagi dengan menggunakan Framework Codeigniter.

Namun buku ini bukan untuk Anda yang belum mengenal Framework Codeigniter sama sekali. Buku ini lebih ditujukan untuk programmer yang sudah menguasai dasar-dasar PHP, Codeigniter, HTML, CSS, SQL, dan perancangan database relasional. Jika ada salah satu atau lebih dari hal tersebut yang belum Anda kuasai, maka sebaiknya Anda terlebih dahulu mempelajari buku yang membahas bagian yang belum Anda kuasai dasarnya. Jika tidak maka Anda akan kesulitan memahami dan mengikuti semua pembahasan yang ada pada buku ini.

(Gerry/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here