Review Buku Pangeran Kecil – The Little Prince

“Begitu banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari buku anak-anak ini.”

2
1243
review buku pangeran kecil - the little prince

DATA BUKU

  • Judul Buku: Pangeran Kecil – The Little Prince
  • Jenis Buku: Buku Anak
  • Judul Asli: Le Petit Prince
  • Pengarang: Antoine de Saint Exupery
  • Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
  • Bahasa: Indonesia
  • Cetakan Pertama: September 2003
  • Tebal Buku: 112 halaman
  • Dimensi Buku (P x L): 13,5 cm x 20 cm
  • No. ISBN: 979-22-0469-5
  • Website Resmi Penerbit: http://www.gramedia.com
  • Harga:
    • Gramedia: Rp.23.400(Update Agustus 2009)

KARAKTER UTAMA

  • Aku
  • Pangeran Kecil

SINOPSIS

Suatu hari pesawatku jatuh di Gurun Sahara…Ini persoalan hidup atau mati. Air minum yang kupunyai nyaris tak akan cukup untuk seminggu. Pada malam pertama, aku tidur di pasir, seribu mil jauhnya dari semua tempat yang berpenghuni manusia. Aku lebih terisolasi daripada korban kapal karam yang terapung di rakit di tengah laut. Maka bayangkan kekagetanku ketika di saat fajar dibangunkan oleh suar kecil lucu yang berkata,

“Tolong…gambarkan biri-biri untukku!”
“Apa!”
“Gambarkan biri-biri untukku…”
Dan dimulailah kisah menakjubkan tentang Pangeran Kecil yang meninggalkan keamanan planet mungilnya untuk berkelana di jagat raya, mempelajari tingkah laku aneh orang-orang dewasa melalui pertemuan-pertemuan luar biasa. Puncak pengembaraannya adalah perjalanannya ke Bumi dan petualangan yang dialaminya di sana.

REVIEW

Hal pertama yang menarik perhatian dari buku ini adalah ilustrasi cover yang dibuat sendiri oleh pengarangnya. Gambarnya sangat khas anak-anak. Ilustrasi yang sama juga banyak terdapat dalam bagian dalam buku anak-anak ini. Buku ini mudah ditemukan dibagian khusus anak-anak atau di rak buku bacaan popular.

Walaupun buku ini lebih terkenal sebagai kisah untuk anak-anak, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya lebih banyak ditujukan kepada para pembaca dewasa. Hal ini dapat dibaca dari pesan yang ditulis oleh si pengarang buku pada halaman awal bukunya. Di situ beliau menuliskan bahwa buku ini ditujukan untuk seorang dewasa, yang merupakan teman baiknya yang bernama Leon Werth saat ia masih kecil, karena semua orang dewasa pada mulanya adalah anak-anak.

Di sini dapat dilihat bahwa pengarang berusaha untuk menuliskan pesan-pesan tentang kehidupan untuk dipahami pembaca dewasa melalui mata anak-anak yang diwakilkan oleh pangeran kecil. Ditambah pendapat dari orang-orang yang dekat dengan pengarang, bahwa buku ini merupakan sepotong otobiografi yang ditulis oleh pengarangnya untuk mengikis rasa pedih akibat kegagalan rumah tangganya, juga sebagai salah satu cara untuk kembali mengenang masa kanak-kanaknya.

Buku yang ditulis pada tahun 1943 ini sangat layak untuk dijadikan salah satu koleksi dalam perpustakaan pribadi anda. Sebab selain merupakan salah satu buku kanak-kanak prancis yang paling banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Juga merupakan salah satu buku anak-anak yang mampu membius banyak pembaca dewasa. Begitu banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari buku kanak-kanak ini.

Pengaruh buku ini sesuai dengan apa yang tertulis di sampul belakangnya, yaitu: Tak banyak kisah dalam cara dan tingkatan tertentu mengubah cara pandang pembaca terhadap dunia. Begitu selesai membaca buku ini, cara Kita memandang duniapun berubah. Bila anda ingin mengalami ‘nasib’ yang sama dengan Kita, silahkan baca buku ini 🙂

(Moyya/Kitareview.com)

REVIEW OVERVIEW
Review Buku Pangeran Kecil - The Little Prince
8.9
SHARE
Previous articleA Cup Of Hot Coffee For Psycho
Next articleBenarkah Itu, Anak-Anak Bicara Tentang Kejujuran

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here