Review Buku Aku Suka Belajar: Tubuh Manusia

0
900

“Dalam buku Aku Suka Belajar: Tubuh Manusia ini, gambar dan analogi yang digunakan sangat akrab dengan dunia anak-anak sehingga akan terasa sangat mudah dipahami..”

DATA BUKU

– Judul Buku: Aku Suka Belajar: Tubuh Manusia
– Jenis Buku: Buku Anak
– Genre: Educomic (Komik Pendidikan)
– Penulis: Nam Chunja – Yi Seunghi – Kim Eunyeong
– Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
– Bahasa: Indonesia
– Cetakan Pertama: 2007
– Tebal Buku: 65 halaman
– Dimensi Buku (P x L): 20 × 28,5 cm
– No. ISBN: 978-979-798-837-1
– Website Resmi Penerbit: http://bhuanailmupopuler.multiply.com
– Harga: Rp.55.000

KARAKTER UTAMA

– Tobi
– Nara
– Jenderal Boni
– Dr. Tako

SINOPSIS

Suatu malam, Tobi dan Nara kedatangan tamu istimewa, Jenderal Boni dan Dr. Tako. Jenderal Boni hanya punya tulang sedangkan Dr. Tako berwujud otak yang bisa bicara karena sihir jahat telah melenyapkan tubuh mereka. Mereka bisa mendapatkan tubuh mereka kembali jika Tobi dan Nara belajar tentang tubuh manusia. Tobi dan Nara melakukan perjalanan menarik menjelajahi tubuh manusia untuk menyelamatkan Jenderal Boni dan Dr. Tako dari kutukan sihir.

Berhasilkah Tobi dan Nara mengembalikan tubuh Dr. Tako dan Jenderal Boni? Ayo sama-sama kita nikmati petualangan mereka.

REVIEW BUKU AKU SUKA BELAJAR: TUBUH MANUSIA

Dalam komik berjudul “Aku suka belajar : Tubuh Manusia” ini anda akan diperkenalkan secara umum tentang organ-organ didalam tubuh manusia. Pengemasannya berupa jalan cerita bergambar (komik) berisi petualangan yang diperankan oleh beberapa tokoh kartun. Gambar dan analogi yang digunakan sangat akrab dengan dunia anak-anak sehingga akan terasa sangat mudah dipahami oleh anak setingkat sekolah dasar sekalipun.

Tokoh kartun yang digunakan dalam buku ini adalah kakak-adik Tobi dan Nara, Jenderal Boni, dan Dr. Tako. Wujud Jenderal Boni hanya berupa tulang, sehingga Dr. Tako meminta tolong kepada Tobi dan Nara untuk membantu menemukan kembali tubuh Jenderal Boni. Dr. Tako yang berwujud otak bertugas memberikan informasi tentang bagian-bagian tubuh manusia kepada Tobi dan Nara, sehingga mereka bisa melengkapi tubuh Jenderal Boni.

Dalam setiap bagian petualangan, Dr. Tako menjelaskan struktur dan fungsi dari tiap organ atau jaringan tubuh manusia mulai dari rambut sampai jantung. Tidak hanya itu saja, dijelaskan juga tentang bahaya penyakit yang ditimbulkan bila organ-organ tubuh tersebut mengalami gangguan. Yang menjadi nilai tambah buku Aku Suka Belajar: Tubuh Manusia ini adalah dipaparkannya solusi untuk menjaga organ-organ tubuh tersebut, contohnya adalah bagaimana cara menjaga pertumbuhan tulang, cara melatih otot, dan lain-lain.

Buku Aku Suka Belajar: Tubuh Manusia ini adalah salah satu dari seri buku terjemahan bahasa Korea yang ditulis oleh “Fourth Dimension” yang terdiri dari Nam Chunja, Yi Seunghi, Kim Eunyeong. Mereka telah banyak menulis komik dalam bahasa Korea tentang pelajaran, sejarah, dan esai sekolah, dan salah satunya adalah buku Aku Suka Belajar: Kuman & Parasit. Ilustrator buku ini adalah Choe Gyeongeun, seorang seniman yang suka menggambar ilustrasi, komik, dan animasi untuk buku-buku ilmu pengetahuan berbahasa Korea.

Gambar dan jalan cerita yang unik serta adanya “fakta jempolan” pada tiap bab, membuat anak sekolah tidak akan bosan membaca “educomic” ini. Meskipun memang ditujukan untuk anak sekolah namun buku ini bisa dibilang cukup informatif untuk kalangan mahasiswa maupun orang dewasa sekalipun.

Semoga review buku anak Aku Suka Belajar: Tubuh Manusia ini bisa bermanfaat, jangan lupa like dan share review dari Kitareview.com ini ya 🙂

(Marcell/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here