4bia

0
640

4bia
“Tegang, sadis, penuh kejutan, dan menyeramkan, semua disajikan dalam satu paket di 4bia.”

DATA FILM

  • Judul Film: 4bia
  • Genre: Horror
  • Judul Asli: สี่แพร่ง (See Prang)
  • Sutradara: Y. Thongkonthun – B. Pisanthanakun – P. Wongpoom – P. Purikitpanya
  • Produser: Jira Maligool
  • Penulis Skenario: Y. Thongkonthun – B. Pisanthanakun – P. Wongpoom – P. Purikitpanya
  • Studio Produksi: Jor Kwang Films
  • Distributor: GMM Tai Hub (GTH)
  • Negara: Thailand
  • Bahasa: Thailand
  • Durasi: 109 menit
  • Tahun Rilis:  25 April 2008 (Thailand)


PEMERAN UTAMA

  • Laila Boonyasak  sebagai  Pim
  • Maneerat Kham-uan  sebagai  Pin
  • Apinya Sakuljaroensuk  sebagai  Pink
  • Witawat Singlampong  sebagai  Diaw
  • Pongsatorn Jongwilat  sebagai  Phueak
  • Kantapat Permpoonpatcharasuk  sebagai  Aey


SINOPSIS

Film ini dibagi dalam 4 cerita pendek yang antara satu cerita dengan yang lain masih ada benang merahnya atau masih saling berhubungan.

Cerita pertama berjudul “Loneliness”. Menceritakan tentang seorang wanita lajang bernama Pin yang kesepian, dan terjebak di apartemennya, karena kakinya sedang di gips akibat kecelakaan. Untuk membunuh rasa kesepiannya, ia ber-sms dengan temannya. Hingga Pin mulai menerima sms dari seseorang tidak dikenal dan mengajaknya berkenalan, yang ternyata seorang laki-laki. Ia pun akhirnya menikmati ber-sms-an dengan pria asing tersebut, tapi semuanya berubah menjadi menyeramkan setelah Pin mengirimkan foto dirinya.

Cerita kedua berjudul “Deadly Charm”. Menceritakan tentang sekumpulan pelajar bandel yang senang menyiksa anak yang lemah. Hingga suatu saat anak yang sering disiksa itu mengutuk orang-orang yang senang menyiksa dia. Lalu ia pun melakukan ritual ilmu hitam, dan satu persatu orang-orang yang menyiksanya tertimpa musibah, termasuk dia sendiri.

Cerita ketiga berjudul “In The Middle”. Sekelompok pemuda berjumlah 4 orang berkemah di tengah hutan. Pada malam hari di dalam tenda, mereka pun mulai bercerita seram untuk saling menghibur diri. Setelah itu mereka malah menjadi ketakutan sendiri oleh cerita mereka, dan saling berebut untuk tidur ditengah. Karena menurut mereka, di tengah adalah tempat yang paling aman, sedangkan yang tidur dipinggir akan dihantui. Tapi yang terjadi justru diluar perkiraan mereka.

Cerita keempat berjudul “The Last Flight”. Seorang pramugari bernama Pim yang seharusnya sedang tidak bertugas, harus menggantikan temannya yang cuti, untuk ikut dalam penerbangan yang telah disewa secara khusus untuk mengantarkan seorang putri dari Khurkistan. Tapi beberapa jam setelah pesawat tiba di lokasi, sang putri tersebut meninggal dunia karena sakit. Pihak kerajaan meminta agar jenazah sang putri diterbangkan lagi ke Khurkistan. Pim mendapatkan tugas untuk menjaga jenazah sang putri selama dalam perjalanan. Disinilah kejadian-kejadian aneh mulai bermunculan.



TRAILER

 

 


REVIEW


Pernahkah anda merasa ketakutan setengah mati? Tagline ini sangat cocok untuk menggambarkan keseluruhan dari film ini. 4bia adalah horor anthology atau kumpulan cerita-cerita horor. Judulnya merupakan plesetan dari kata Phobia, yang berarti ketakutan. Angka 4 sendiri maksudnya adalah mewakili 4 cerita yang ada dalam film ini.

Memang tidak diragukan lagi, selain Jepang, Thailand mampu memproduksi film-film horor berkualitas dan menyeramkan, seperti 4bia ini. Para sutradara film ini memang telah berpengalaman dalam ranah horor, film-film horor terkenal seperti Alone, Body, Shutter adalah hasil karya mereka. Walaupun film ini cukup unik karena ceritanya bukan merupakan satu cerita utuh, tapi dibagi menjadi beberapa cerita. Tapi justru disinilah letak perbedaannya dibanding film horor yang lain, lebih tegang, lebih seram, dan jantung berdetak lebih cepat =)

Nuansa mencekam yang dibangun sejak awal di film ini sangat terasa sekali, terutama pada cerita pertama, walaupun beberapa menit awal pace-nya terasa lambat. Tokoh Pin disini walaupun tidak ada dialog karena dia hanya sms-an. Tapi aktingnya sangat bagus, terutama saat ia ketakutan setengah mati, dijamin anda akan ikut merasakan ketegangannya. Kita sendiri sampai teriak saking tegangnya..Hahaha..Duh jadi malu :). Yah mau gimana lagi, jantung Kita memang sudah dipaksa bekerja lebih keras sejak awal film (ko lebih terdengar seperti excuse yah..Hahaha..).

Keempat cerita dalam film ini merupakan empat sisi yang berbeda dalam film horor. Cerita yang pertama nuansa thriller dan ketegangannya sangat terasa dibanding cerita yang lain. Cerita kedua lebih menunjukkan sisi gore dengan banyak adegan-adegan yang cukup sadis, dan penuh darah. Cerita ketiga menurut Kita yang paling bagus dari segi plot. Disini otak anda yang akan diajak untuk berpikir lebih banyak, dan ada twist ending yang akan membuat anda terkejut. Sedangkan cerita yang terakhir merupakan klimaks dari film ini, kemunculan hantunya dibuat lebih seram dan menakutkan dibandingkan cerita yang lain.

Secara keseluruhan, film ini sangat bagus terutama bagi anda pecinta dan penikmat film horor. Tegang, sadis, penuh kejutan, dan menyeramkan, semua disajikan dalam satu paket di 4bia. Anda akan merasa ketakutan setengah mati ketika hantunya mulai beraksi. Seperti tagline pada film ini, “Have you ever been scared to death?”. Well, selamat menonton! =)(Chibot/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleGrace
Next articleOrphan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here