Avatar

0
318

Avatar
Avatar bisa dibilang adalah sebuah terobosan besar dan fenomenal dalam sejarah perfilman dunia..

DATA FILM

  • Judul Film: Avatar
  • Genre: Action – Sci-fi – Adventure
  • Sutradara: James Cameron
  • Penulis Skenario: James Cameron
  • Produser: James Cameron & Jon Landau
  • Studio Produksi: Lightstorm Entertainment
  • Distributor: 20th Century Fox
  • Negara: Amerika
  • Bahasa: Inggris
  • Durasi:  161 menit
  • Tahun Rilis: 17 Agustus 2009 (Indonesia)         

                                                                                                                                             
PEMERAN UTAMA

  • Sam Worthington sebagai Jake Sully
  • Zoe Saldana sebagai Neytiri
  • Sigourney Weaver sebagai Dr. Grace Augustine
  • Stephen Lang sebagai Colonel Miles Quaritch
  • Michelle Rodriguez sebagai Trudy Chacon
  • Giovanni Ribisi sebagai Parker Selfridge


SINOPSIS

Ber-setting pada tahun 2154, dimana bumi tempat kita tinggal sedang sekarat akibat krisis energi, dan memaksa manusia memutar otak untuk mencari sumber energi baru di luar bumi. Sampai akhirnya ditemukanlah sebuah planet mirip bumi bernama Pandora, yang memiliki kandungan energi baru yang berlimpah dan juga sangat berharga, Unobtainium.

Segera saja Pandora kemudian diisi oleh koloni manusia yang terdiri dari para ilmuwan dan militer untuk mengeruk Unobtainium sebanyak banyaknya. Namun Pandora bukanlah planet yang tidak berpenghuni, karena di planet yang atmosfernya tidak bersahabat dengan manusia itu, hiduplah sebuah ras alien yang dikenal dengan nama Na’vi. Sebuah mahluk mirip manusia yang berkulit biru, berwajah mirip kucing dan memiliki ukuran tubuh diatas manusia bumi. Dan mereka tidak rela para manusia dengan seenaknya menghancurkan dunia mereka yang damai itu.

Untuk menghindari konflik dengan para Na’vi, sekaligus untuk dapat mempelajari dunia mereka yang unik dan indah itu, maka dibuatlah sebuah program ambius dan revolusioner bernama Avatar. Sebuah program dimana para manusia terpilih dapat mengendalikan mahluk2 Na’vi yang terlahir dari hasil rekayasa gentika melalui pikiran mereka. Dan nasib rupanya telah membawa Jake Sully, seorang mantan marinir yang dengan terpaksa terpilih dalam program Avatar tersebut.

Awalnya Jake tentu saja terkejut dengan penampilan barunya itu. Namun rupannya tidak perlu waktu lama baginya untuk menyesuaikan diri. Bahkan melalui wujud Na’vi nya itu ia mendapatkan sebuah kebebasan yang selama ini terenggut darinya. Dan Jake mungkin tidak pernah mengira sediktpun, bahwa kehadirannya akan menentukan hidup matinya Pandora, beserta para Na’vi di dalamnya.


 
TRAILER

 


REVIEW


James Cameron, oh James Cameron…Bagi para pencita film, siapa yang tidak mengenal nama tersebut? Sebuah nama yang merupakan jaminan mutu akan film-film hebat. Sebuah nama yang selalu menghadirkan sebuah terobosan baru di setiap filmnya, sebuah nama yang selalu ingin filmnya tampil sesempurna mungkin. Ya itulah James Cameroon. Sutaradara sekaligus penulis berusia 55 tahun ini, memang selalu mengundang decak kagum para penontonnya dengan karya-karya luar biasa yang dihasilkannya, lihat saja Terminator dan Terminator 2: Judgment Day, Aliens, The Abyss, True Lies dan tentu saja yang paling fenomenal, Titanic.

Pasca Titanic rupanya Cameron tidak ingin terlalu terburu-buru untuk membuat film hebat lagi, dan hanya mengumumkan bahwa ia akan membuat sebuah proyek film dengan berbasis computer-generated system canggih. Jelas pengumuman itu adalah sebuah kabar gembira yang membuat rasa penasaran penggemarnya “terusik. Apalagi ternyata penonton harus dibuat sabar menunggu dengan beberapa kali penundaan yang dialami oleh film ini. Dan penantian panjang tersebut akhirnya berakhir pada tanggal 13 Desemeber 2009. Sebuah penantian yang ternyata tidak sia-sia, karena anda akan diajak menyaksikan sebuah pengalaman menonton film yang tidak akan terlupakan seumur hidup, dalam karya sci-fi fantasy adventure terbaru seorang James Cameron, AVATAR.

Avatar bisa dibilang adalah sebuah terobosan besar dan fenomenal dalam sejarah perfilman dunia, khususnya film-film yang berbasis animasi CGI sebagai pondasinya. Karena apa yang ditampilkan dalam film ini benar-benar sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Mungkin hampir semua gambar disetiap scene-nya bisa dijadikan koleksi desktop wallpaper dalam PC anda. Keindahannya dan kedetilannya tingkat tingginya yang benar-benar menakjubkan, bahkan tidak jarang penonton (khususnya Kita), dibuat merinding dengan visual yang ajaib itu.

Sepanjang kurang lebih dua jam setengah bersama dengan Jake dan Neytiri. Imajinasi anda akan dibawa terbang ke dalam dunia Avatar dengan segala keindahan dan keajaiban yang ditampilkan Pandora beserta koleksi flora dan faunanya yang cantik dan unik didalamnya. Belum cukup dengan itu semua, anda juga akan diberikan sebuah suguhan dari penampilan aktor dan aktris nya yang sekali lagi ditampilkan nyaris sempurna dalam teknologi Motion Capture-nya, khususnya pada karakter2 Na’vi yang memiliki gerakan yang sangat luwes nyaris tidak bercela. Dan karakter-karakter CGI tersebut juga mampu berbaur dengan mulusnya dengan karakter-karakter manusia asli dalam sebuah scene akhir yang super dahsyat nan spektakuler. Dan jangan lupakan nama seorang James Horner yang juga berhasil menjadi nilai plus film ini dengan scoring musiknya yang benar-benar menguggah emosi penontonnya.

Dari segi cerita mungkin bisa dibilang tidak terlalu istimewa, dan bukan berati seorang James Cameron tidak bisa menulis cerita yang baik. Menurut Kita, Cameron segaja menciptakan sebuah kisah kepahlawanan dan romansa yang terbilang ringan ini, agar dapat dinikmati oleh semua kalangan, baik tua atau muda, pria atau wanita, ataupun terpelajar atau tidak.

Dan sudah tentu dengan cerita seperti ini juga, berarti kabar baik untuk pihak produser. Karena jelas dengan cerita yang terbilang komersial ini, diharapkan pemasukan Dollar yang dihasilkan, dapat setidaknya menutupi biaya film yang fenomenal, yaitu US$ 237 Juta, sefenomenal filmnya ini. Dan dengan kualitas visual yang se-parah itu, sepertinya cerita yang tergolong biasa tampaknya tidak terlalu menjadi masalah besar.

Overall, sekali lagi Cameron memegang teguh prinsipnya, bahwa ia tidak pernah setengah-setengah dalam membuat sebuah film. Apalagi dengan budget yang bisa dibilang keterlaluan ini, Cameron bisa dengan bebas untuk mengekspresikan kreasinya dan imajinasinya dalam teknologi komputer yang super canggih dan juga super mahal ini. Avatar jelas adalah sebuah film yang layak dimasukan dalam daftar film-film terbaik 2009 anda, atau mungkin salah satu film terbaik sepanjang masa. Dengan segala kelebihannya yang luar biasa, anda diajak untuk merasakan sebuah pengalaman baru dalam menonton sebuah film, apalagi jika ditonton dalam bioskop dengan teknologi 3D!

(Hary/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleNinja Assassin
Next articlePush

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here