Pantai Sundak

1
585

sundak

 ” Pantai Bersih dari nama asu (anjing) dan landak”

DATA  TEMPAT

  • Nama Tempat: Pantai Sundak
  • Alamat: Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta
  • Tiket: Rp 5.000 / orang (update Oktober 2013)

 

REVIEW

Pantai sundak merupakan pantai selatan  berpasir putih yang  terletak di Gunung Kidul, Wonosari,DIY. Pemandangan di sana sangat indah karena banyak karang-karang besar yang saling berhadapan, dan ada juga karang yang terpisah salain itu  pantainya masih bersih dari sampah.

payung pantai

Nama sundak berasal dari nama hewan yaitu pertarungan antara asu (anjing) dengan landak terjadi didalam goa. Kenekatan si anjing memakan landak dikarenakan si ajing begitu lapar dan berhasil memakan setengah dari landak. Selain itu keberkahan juga didapat setelah kejadian ini dimana terdapat air tawar melimpah didalam goa sehinga airnya dapat dimanfaatkan penduduk desa untuk keperluan sehari-hari dengan menggunakan pompa air.

Jarak ditempuh dari jogja ke pantai ini kurang dari 2 Jam, dengan restribusi biaya masuk perorang jika mengendarai kendaraan sepeda motor adalah Rp 5.000 ( Oktober 2013). Dengan tiket Rp 5.000 dapat memasuki kawasan pantai kukup, krakal, sundak dan indrayanti. Harga yang cocok untuk menikmati semua pantai tersebut.

penginapan

Pantai Sundak juga tersedia tempat berteduh berbentuk payung yang dipasang  dibibir  pantai seperti di pantai Bali, para wisatawan bisa duduk bersantai ria dibawah payung  sambil menikmati keindahan pantai sundak. Namun dipantai sundak  tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombaknya  yang besar  serta kontur  pantainya curam mengakibatkan hal seperti ini sangat berbahaya jika terseret ombak.

Melihat semua pemandangan pantai sundak dari atas, para pengunjung dapat menaikin bukit yang berada disisi timur pantai dengan biaya Rp 2000/orang. Pada lokasi tersebut disediakan tempat menginap dan mushola serta gubuk kecil untuk melihat pemandangan laut serta pantai yang ada disekitarnya.

pedagang

Namanya pantai tidak lepas dari  para pedagang yang menyediakan makanan maupun minuman. Adapun makan yang disajikan disini adalah gorengan ikan laut yang kecil-kecil jika dirasa cukup renyah, namun perlu diperhatikan kesehatannya sudah berapa kalikah minyak goreng dipakai buat menggoreng. Selain makanan pedagang aksesoris yang berbahan dasar kerang juga tersedia disini.

Bagi pengunjung yang hendak menikmati matahari terbit atau terbenam dan tidak dapat pulang, jangan kawatir karena di pantai sundak juga tersedia tempat penginapan. Jadi anda tidak begitu lelah untuk menikmati pemandangan indah pantai di pagi hari.

(Dumi/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleSate Klatak Pak Pong
Next articleSate Samirono

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here