CSI: Crime Scene Investigation

0
752

CSI: Crime Scene Investigation
“..kejahatan akan selalu ada, dan CSI pun akan selalu ada di sana untuk memecahkan misterinya.”

DATA SERIAL

  • Judul Serial: CSI: Crime Scene Investigation
  • Genre: Drama – Thriller
  • Sutradara: Kenneth Fink – Richard J. Lewis
  • Produser: Jerry Bruckheimer – Carol Mendelsohn
  • Penulis Skenario: Anthony E. Zuiker
  • Studio Produksi: Alliance Atlantis Communications
  • Distributor: Columbia Broadcasting System (CBS)
  • Negara: Amerika Serikat – Kanada
  • Bahasa: Inggris – Spanyol
  • Durasi: 60 menit
  • Jumlah Episode: 210 ( hingga 2009, season 1-10 )   
  • Tanggal Tayang: 6 Oktober 2000 (Amerika)


DATA LAINNYA   

  • Penghargaan yang diperoleh:  menang 40  penghargaan dan 95 nominasi lainnya (termasuk 6 nominasi Golden Globe )


PEMERAN UTAMA   

  • Marg Helgenberger  sebagai  Catherine Willows (210 episode, 2000-2009)
  • George Eads  sebagai  Nick Stokes (210 episode, 2000-2009)
  • Paul Guilfoyle  sebagai  Captain Jim Brass (210 episode, 2000-2009)
  • Eric Szmanda  sebagai  Greg Sanders (208 episode, 2000-2009)
  • Robert David Hall  sebagai  Dr. Al Robbins (203 episode, 2000-2009)
  • William Petersen   sebagai      Gil Grissom (193 episode, 2000-2009)
  • Gary Dourdan  sebagai  Warrick Brown (183 episode, 2000-2008)
  • Jorja Fox  sebagai  Sara Sidle (177 episode, 2000-2009)

   
SINOPSIS

Las Vegas, Nevada, kota yang selalu sibuk dengan berbagai macam kegiatannya. Kota tempat berkumpulnya orang-orang penting, kalangan menengah keatas. Tiap harinya selalu ada turis datang baik lokal maupun mancanegara. Masuknya turis secara konstan ke kota ini juga menjadi incaran ideal para penjahat untuk melakukan aksi kriminal mereka, dan kebanyakan melakukannya dengan bersih dengan meninggalkan jejak seminim mungkin, sehingga mereka percaya diri tidak akan tertangkap.

Tindak kriminal yang tiada hentinya di kota metropolis itu, membuat kesatuan elit forensik dari Kepolisian Las Vegas bernama Crime Scene Investigation (CSI) yang dipimpin oleh Gil Grissom, harus bekerja ekstra keras untuk memecahkan tiap kasus-kasus pembunuhan yang menjadi jalan buntu bagi kepolisian biasa. Dengan dibantu oleh para anak buahnya yang sudah professional di bidangnya masing-masing, tim CSI ini selalu punya cara dan solusi untuk memecahkan kasus pembunuhan dengan teka-teki serumit apapun.


TRAILER

 


REVIEW


Serial ini telah membuat hit pada ranah televisi sejak debutnya pada tahun 2000 hingga sekarang telah berjalan 10 musim, dan mengubah wajah pertelevisian sejak saat rilis. Bahkan gamenya pun beberapa kali dibuat, yang cukup mewakili serialnya, terhitung sudah lima kali dibuat gamenya. Penghargaan yang diperoleh juga cukup banyak, dan beberapa kali dinominasikan di ajang Golden Globe.

Ber-setting dengan latar belakang kota Las Vegas, serial ini menampilkan para kru dari tim elit forensik CSI, dalam menghadapi berbagai kasus pembunuhan di tiap episodenya. Tidak ada cerita utama yang melatarbelakangi serial ini, hanya ada cerita sampingan yang menceritakan sedikit kehidupan pribadi para kru CSI. Plot inti hanya pada kasus-kasus pembunuhan yang berbeda tiap episodenya, dengan kerumitan dan teka-teki berbeda, dan pelaku pembunuhan yang berbeda pula. Dan selalu bisa dipecahkan oleh tim CSI ini walau serumit dan seaneh apapun teka-teki pembunuhannya, sehingga menawarkan ending bahagia di tiap episodenya.

Yang menarik dari serial ini adalah, bagaimana para kru CSI secara cerdas dan professional dengan menggunakan ilmu sains dan teknologi yang mereka punya, untuk memecahkan kasus teka-teki pembunuhan yang paling rumit, dan kejahatan yang paling mengerikan.

Dari segi efek spesial/visual, serial yang dibuat oleh Anthony Zuiker dan diproduseri oleh Jerry Bruckheimer ini, memiliki efek yang bagus dengan tingkat detail yang cukup akurat. Terlihat disini bahwa tim yang bekerja untuk serial ini memang ahli di bidang sains. Ketika kru CSI sudah menemukan titik terang dan menjelaskan kronologis kejadian, diperlihatkan alur bagaimana sang korban terbunuh dan dengan senjata pembunuh apa dengan visual efek yang mengagumkan, dan juga sangat detail ketika memperlihatkan visualisasi organ dalam tubuh manusia. Misal peluru yang menebus arteri pembuluh darah, racun yang masuk ke paru-paru atau liver, pukulan benda tumpul dikepala yang merusak jaringan syaraf di otak, semua ditampilkan dengan efek yang bagus dan detail hingga ukuran mikroskopis, sehingga bagi orang awam yang tidak mengerti tentang ilmu sains dan medis ataupun kriminologi, bisa mengerti apa yang sedang dijelaskan dan ditunjukkan oleh para aktor CSI.

Untuk cast, para pemeran serial ini, menurut Kita, juga telah diberi pemahaman mendalam tentang sains dan medis. Sehingga bisa membawakan peran mereka masing-masing dengan sangat baik, dan terlihat sangat memahami apa yang mereka coba jelaskan ke penonton. Terutama William Petersen sang pemeran Gil Grissom, aktingnya sangat brilian, yang membuat karakternya sangat berkharisma sebagai seorang pemimpin.

Serial sains dengan nuansa mencekam bak film thriller ini, banyak mengandung nilai positif di dalamnya. Banyak hal yang bisa penonton ambil hikmahnya dan dijadikan pelajaran di kehidupan nyata. Bahkan dari data yang Kita peroleh, serial ini telah memberikan efek positif yang luas terhadap beberapa universitas terutama di Amerika, tempat serial ini dibuat. Semenjak serial ini diputar, banyak calon mahasiswa baru yang berminat masuk ke jurusan/program sains dan forensik. Atau para pengacara yang mendapati bahwa para juri kini sudah terbiasa dengan bukti DNA atau bukti forensik lainnya. Fenomena ini disebut “CSI effect” oleh orang-orang di Amerika sana.

Secara keseluruhan, serial ini adalah salah satu serial terbaik yang pernah dibuat, walau ada sedikit kekurangan, karena memang tidak ada yang sempurna, tapi hanya minor sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap keseluruhan paket serial ini. Bagi anda yang berminat untuk masuk kedokteran atau jurusan yang berhubungan dengan sains dan medis, atau yang memang gemar terhadap sains, serial ini sangat Kita rekomendasikan. Atau bagi para orang tua yang mencari tayangan positif untuk anak-anaknya, silahkan menonton CSI ini, karena mengandung banyak nilai positif.

Tapi jangan mengharapkan ending yang klimaks pada serial ini, karena serial ini memang tidak ada cerita akhirnya. Seperti tagline serial ini “Sins Never Sleeps”, dosa tak pernah tidur, karena kejahatan akan selalu ada, dan CSI pun akan selalu ada di sana untuk memecahkan misterinya. Selamat menonton! 🙂

(Chibot/KitaReview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here