Lenovo G460-4061

0
980
Lenovo G460-4061
“Notebook yang penuh dengan kemampuan multimedia”DATA NOTEBOOK

  • Tipe Notebook: Lenovo G460-4061
  • Produsen:  Lenovo
  • Website: http://www.lenovo.com
  • Driver:  klik disini
  • Harga:

SPESIFIKASI

  • Processor : Intel® Core™ i3-370M Processor (2.4GHz 3MB L3 Cache)
  • Memory:  2GB DDR3
  • Hard Drive:  500GB SATA HDD(5400rpm)
  • VGA: Nvidia Geforce 310M DDR3 512MB
  • Display: 14.1″ WXGA LED
  • Webcam
  • Optical drive: DVD RW
  • I/O port:
      • USB 2.0 port x2
      • Mikrophone, headphone x 1
      • eSata/USB combo  x 1
      • HDMI x 1
      • ExpressCard x1

REVIEW

Notebook G460-4061 merupakan salah satu seri Lenovo dengan Prosesor I3 (M370) dan berbekal VGA Nvidia Geforce 310M, menjadikan notebook ini dapat diandalkan untuk keperluan multimedia, seperti konvert video, edit gambar, dan bermain game. Operating System yang Kita gunakan untuk mengulas notebook ini adalah Windows 7 Ultimate dengan nilai rating 5.1.Notebook ini memiliki 3 tombol di sebelah kiri seperti tombol ON/OFF, Recovery OS (Windows), dan energy management. Memiliki tombol recovery membuatnya begitu mudah untuk mengembalikan data seperti semula. Caranya pun sangat mudah, Anda tinggal menekan tombol recovery ketika menyalakan notebook ini, setelah itu akan muncul tampilan recovery. Yang perlu diingat adalah, untuk dapat menjalankan sistem ini, partisi recovery pada laptop jangan sampai terhapus. Sedangkan pada tombol energy management memiliki fungsi untuk mengatur konsumsi daya listrik pada laptop. Tombol ini aktif jika Anda meng-install software-nya (driver  Operating System Windows). Apabila software dari CD tidak cocok, maka silahkan Anda kunjungi website Lenovo.

Sisi kanan memiliki 4 tombol, dengan 3 tombol berhubungan dengan volume dan satu tombol berhubungan dengan  mode teater (video). Tombol-tombol memiliki indikator LED, apabila Anda sentuh maka cahaya LED akan kelihatan lebih terang, dan Informasi volume suara akan tampil dilayar  liquid crystal display (LCD) laptop.

Lampu LED indikator lainnya terdapat pada bagian depan, dengan indikator lampu LED power battery (menyala merah ketika kondisi batere akan habis), wireless, dan aktifitas hardisk. Selain itu ada 2 lagi lampu LED indikator yaitu pada keybord untuk capslock dan webcam pada bagian atas LCD.

Memliki port  I/O  RJ-45, VGA, USB, eSATA atau USB combo, HDMI dan Express Card pada sisi kiri laptop, sedangkan untuk sisi kanan terdapat I/O USB, microphone, headphone dan DVD RW. Pada posisi depan terdapat I/O memory card dan Switch ON/OFF untuk wireless dan bluetooth.

 

Pertama kali menyalakan laptop ini kipas pendingin sistem langsung aktif berputar, kecepatannya menyesuaikan suhu yang ditimbulkan pada aktifitas laptop. Anda dapat mearasakan suhu yang dihasilkan, apabila laptop ini digunakan dalam waktu yang cukup lama, di bagian sebelah kiri laptop ini. Walau begitu, menurut Kita panasnya tidak sampai menganggu aktifitas Kita dalam menggunakan laptop ini. 

Ditambah lagi, meskipun Kita menggunakan laptop ini dalam waktu yang cukup lama, kemudian laptop dimatikan untuk beberapa menit, maka laptop ini akan langsung terasa dingin, terutama di bagian sisi, dimana telapak tangan berada ketika posisi mengetik. Namun ada sedikit kekurangan di bagian touchpad, terkadang dalam penggunaannya agak sulit untuk mengarahkan kursor yang berbarengan dengan klik tombol di touchpad.

Untuk performa, ketika Kita lakukan tes untuk kemampuan melakukan konvert video, dengan menggunakan software Joboshare AVI  MPEG Converter, untuk file MKV berukuran 1,28 GB menjadi file MP4, hanya membutuhkan waktu ±31 menit.

 

Menggunakan wireless dan bluetooth untuk transfer data melalui internet atau menggunakan ponsel pun sangat mudah. Caranya adalah dengan mengaktifkan bluetooth di laptop dan ponsel, kemudian Add A Device pada bluetooth. Tunggu perangkat ponsel yang dicari oleh bluetooth laptop tampil. Apabila sudah tampil, klik dibagian icon yang tampil, kemudian klik next. Masukkan kode yang sama di laptop dan ponsel, dan selesai. Laptop dan ponsel Anda sudah saling terkoneksi melalui bluetooth.

update review (desember 2013)

Apabila sering restart akibat panas yang berlebih seperti ketika prosesor mencapai 100% dalam kurung waktu tertentu. maka untuk mengatasinya berikut langkahnya:

  1. Bersihkan kipas prosesor dari debu
  2. Lepas thermal pad dari prosesor 
  3. Bersihkan paste prosesor yang sudah mengeras
  4. Jika sudah bersih oleskan paste prosesor diatas prosesor
  5. Pasang kembali thermal pad dan kipas seperti semula

demikian langkah yang dilakukan untuk menjadikan laptop kembali normal seperti semula, hal ini mungkin sama utuk kasus cepat restart ketika beban prosesor sudah  mencapai 100% dalam waktu tertentu.

(Donny/Kitareview.com)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here