Lesehan Padi Gogo

0
235

Lesehan Padi Gogo

Nasi merah dari padi gogo pantas untuk di coba

DATA WARUNG

  • Nama Warung: Lesehan Pari  Gogo
  • Alamat: Barat jembatan Jirak Semanu Wonosari Yogyakarta
  • Menu Utama: Nasi Merah
  • Harga: Rp 10.000 – Rp 20.000 (update 2011)

 

REVIEW

Berjalan ke wonosari  tepatnya di daerah semanu terdapat warung makan lesehan pari gogo dengan lokasi di pinggir jalan.  Nama pari gogo jika dalam bahasa indonesia adalah padi gogo. Kita ketaui bawah padi gogo merupakan jenis padi tadah hujan, yang berarti padi ini tidak mengenal irigasi perariran seperti pada umumnya.



Warung makan lesehan pari gogo buka pukul 06:00 namun untuk menu nasi merah tersedia pukul 09:00 dan tutup pukul 16:00 WIB. Sesuai namanya warung makan ini memiliki tempat makan secara lesehan dengan beralaskan tikar, sehingga jika duduk disini terasa seperti ada acara kumpul keluarga. Selain itu didalamnya juga tersedia cemilan atau makanan ringan sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke rumah.
Menu yang ditawarkan disini adalah sayur lombok ijo, gudeg daun kates, trancam, daging sapi, iso babat, wader goreng, walang (belalang) goreng dan nasi merah (padi gogo). Menu minuman yang menarik bagi kami untuk dipesan adalah teh poci.

Tidak lama menunggu, semua  menu dipesan sudah siap di hadapan.  Menu disajikan satu persatu diletakkan di atas piring . Namun berbeda dengan nasi merah yang diletakan di atas ceting. Nasi merah ini masih sedikit meninggalkan sisa proses padi menjadi beras, karena proses pembuatanya dengan cara ditumbuk dengan menggunakan lesung, sehingga masih ada tersisah sedikit  gabahnya. Selain itu teh poci berserta cangkir dari tanah liat berisi gula batu siap diseduh menambah selera untuk mencoba.

Renyah ikan wader goreng ditambah dengan sayur lombok ijo dengan rasa pedas membuat didalam mulut  perpaduan kedua rasa ini menjadi mantap. Ditambah dengan daging sapi dan iso babat yang masih hangat untuk  dinikmati. Diakhiri dengan minum teh poci hangat terasa begitu nyaman berada di warung ini.

Perhitungan pembayar untuk menu makanan adalah per piring, jika piring masih penuh namun hanya di ambil sedikit akan dihitung ½ piring, apabila masih ½  piring maka dihitung 1 piring penuh.  Selamat menikmati menu makanan ini diatas piring sampai tak tersisa.

(Donny-Edy/Kitareview.com)

 

SHARE
Previous articleBu Hartin
Next articleHouse of Raminten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here