kozorai

Gudeg Yu Djum

http://www.kitareview.com/kuliner-khas-yogyakarta/gudeg-yu-djum

Gudeg Yu Djum

“Kalau Anda penggemar makanan manis yang satu ini, wajib hukumnya mampir ke Gudeg Yu Djum jika bertandang ke Yogya :)”

DATA WARUNG

  • Nama Warung: Gudeg Yu Djum
  • Alamat: Jl Kaliurang Km 4,5 Karang asem CT III/22 Yogyakarta 55281
  • Telpon:  (0274) 515968
  • Menu Utama: Gudeg
  • Harga: Rp.8.000Rp.100.000 (update 2011)

PETA

Lihat Gudeg Yu Djum di peta yang lebih besar

REVIEW

Meski tidak terlalu suka dengan makanan manis, rasanya kurang lengkap kalau pergi ke Yogya tanpa makan gudeg. Setelah tanya kiri dan kanan, akhirnya pilihan jatuh pada Gudeg Yu Djum yang lokasinya di Jl. Kaliurang.

Menu di tempat ini tentu saja hanya gudeg. Ketika lihat daftar harga, Kita hampir pingsan karena harga nya mencapai ratusan ribu rupiah. Sementara uang di dompet tidak sampai sejumlah itu. Untunglah, si penjual buru buru memberikan menu yang lebih bersahabat’ yaitu menu piringan. Rupanya menu yang saya lihat sebelumnya adalah menu besek alias porsi besar.

Karena sudah ‘eneg’ makan ayam selama berhari-hari, Kita pilih menu Gudeg Telur. Sementara suami langsung pilih Gudeg Telur dan Ayam Suwir. Harganya standar. Makan kami berdua dengan aneka krupuk dan teh hangat, hanya membutuhkan uang kurang dari Rp.30.000.

 

Gudegnya (seperti yang Kita duga) sedikit terlalu manis untuk lidah Kita, sehingga beberapa kali Kita bergidik ketika menelannya. Secara garis besar, rasanya enak, telurnya keras dan berwarna coklat gelap.

Kalau ada yang perlu diprotes adalah porsi kreceknya yang lumayan ‘pelit’ untuk menu Gudeg Telur (menu Gudeg Ayam Suwir diberi lebih banyak krecek). Dan dengan girang Kita makan Krupuk Tembok –memori masa kecil yang belum pernah  Kita temui lagi di Surabaya.

Tempat ini hampir bisa dibilang tidak menjual suasana. Bangunan dibuat dari bata merah yang tidak disemen. Interior hanya berisi meja kursi kayu (yang sedikit berdebu karena area agak terbuka) dan sebuah foto Yu Djum size besar.

Menjelang siang, warung mulai ramai, tapi jumlah customer take away, Kita perhatikan jauh lebih banyak. Dan dari logat bicara maupun cara berpakain, Kita yakin mereka adalah turis domestik.

Pelayan di tempat ini ramah ala jawa tengah. Meski mereka lupa mengantar teh hangat pesanan Kita :). Secara umum tempat ini bisa dibilang bersih. Makanan disajikan dalam piring anyam beralas kertas coklat. Kalau Anda penggemar makanan manis yang satu ini, wajib hukumnya mampir ke Gudeg Yu Djum jika bertandang ke Yogya :)

(Nakizura/Kitareview.com)

 

(Visited 45 time, 1 visit today)

Komentar kamu tentang review ini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Recommended Reviewclose