Review Game ARMA 2

0
968

“Game ARMA 2 adalah game yang cocok bagi penggemar militer sejati..”

DATA GAME

  • Judul Game: ARMA 2
  • Genre: Modern First Person Shooter (FPS) – Simulation
  • Designer: Ivan Buchta
  • Pengembang: Bohemia Interactive Studio
  • Penerbit: 505 Games
  • Platform: PC
  • Negara: USA
  • Bahasa: Inggris
  • Estimasi Durasi Main: 20-40 jam
  • Tanggal Rilis: 7 Juli 2009
  • Rating ESRB: Dewasa
  • Situs Resmi: http://www.arma2.com

SPESIFIKASI YANG DIBUTUHKAN (PC)

  • Minimum:
  • Prosesor: Intel Pentium 4 Dual Core 3.0 GHz / Intel Core 2.0 GHz / AMD Athlon 3200+ or faster
  • RAM: 1 GB
  • VGA: nVidia GeForce 7800 or Ati Radeon 1800 or faster
  • Harddisk: 10 GB
  • Rekomendasi:
  • Windows XP/Vista
  • Quad-core processor
  • 1 GB RAM
  • Graphics card with 512 MB VRAM and Shader Model 3.0

STORYLINE

Anda adalah sebuah anggota tim elit Marinir Amerika Serikat yakni “Marine First Recon”  yang sedang menjalankan Operation Harvest Red disebuah negara fiktif Chemarus, pecahan Uni Soviet yang dilanda perang saudara. Chemarus saat ini tengah dilanda konflik politik antara kaum pro Demokrasi yang didukung pihak Barat dan kaum pro Komunis. Pemerintah Chemarus yang tidak dapat mengatasi konflik ini meminta bantuan Barat dan Amerika Serikat menjawab dengan mengirimkan pasukan Marinir (USMC = United States Marine’s Corps) dan disinilah peran Anda sebagai anggota pasukan khusus USMC menangani konflik di Chemarus ini.

TRAILER GAME ARMA 2

REVIEW GAME ARMA 2

Game ini  adalah sebuah game yang tidak dapat dimainkan oleh semua orang, karena game ini berbeda dengan game FPS pada umumnya. ARMA 2 menuntut Anda untuk berpikir sebagai tim, bekerja sebagai tim dan bergerak tanpa kehilangan satu anggota tim.

Game ARMA 2 adalah sebuah game yang dibuat oleh pengembang yang sangat berpengalaman dalam hal game simulasi militer FPS. Anda semua mungkin pernah memainkan Operation Flashpoint Cold War Crisis? Nah, game tersebut dibuat oleh Bohemia Interactive Studio, yang juga membuat game ARMA 2 ini.

Berbeda dengan game FPS yang lain, game ini adalah game simulasi militer dimana Anda akan berperang dalam sebuah tim dengan tujuan utama menyelesaikan sebuah misi, dengan korban seminimal mungkin dan  menekankan Anda bertindak sebagai tim, bukan sebagai prajurit super yang mampu menghabisi satu markas sendirian dan bermodal nekat. Tidak, di game ini tidak seperti itu. Karena bila Anda tertembak di bagian vital seperti kepala, Anda dipastikan langsung terkapar tak bernyawa. Senjata yang ada juga digunakan semaksimal mungkin sesuai dengan jarak optimal senjata itu.

Waktu dalam tiap misi akan berjalan dinamis dan target operasi juga bergerak berdasarkan waktu-waktu tertentu, jadi tugas Anda adalah membaca data-data intel yang disediakan untuk mengetahui tingkah laku target Anda, sehingga bisa di eliminasi atau ditahan.

Dalam game ARMA 2 ini Anda akan dihadapkan dengan sejumlah pilihan objektif/misi yang bila dipenuhi atau tidak dipenuhi atau dipenuhi sebagian akan menentukan jalan cerita Operation Harvest Red. Asal tahu saja, game ini memiliki sejumlah ending tergantung bagaimana Anda menjalankan misi per misi.

Grafik dalam game ini ditampilkan dengan indah tergantung dari kartu grafis yang Anda miliki, karena ARMA 2 membutuhkan sebuah kartu grafis yang berkinerja tinggi yang bertugas merender area map, asal tahu saja game ini bisa merender hingga 10 kilometer (lihat gambar). Texture terlihat sangat bagus, semua texture ditampilkan dengan sedetail mungkin seperti aslinya. Efek cuaca juga terlihat manis, dari efek malam, suasana hutan, kabut dan sebagainya digambarkan secara indah.

Dari segi sound effect juga merupakan salah satu daya tarik karena semuanya disuarakan dengan seotentik mungkin. Anda akan mendengar suara berbeda antara suara helikopter tempur Mi-24 Hind dan AH-1Z Cobra. Suara varian AK-74, varian M-16, varian M-4. Efek suara dari ledakan granat, mortir juga diperdengarkan dengan sempurna bahkan sangat sempurna hingga saat Anda mendengarnya, Anda sudah terkapar tak bernyawa. Satu lagi karena negara Chenarus ini banyak memiliki hutan, maka suasana hutan juga bisa anda dengarkan.

Seperti game pendahulunya, ARMA 2 menyediakan sebuah editor yang berguna untuk membuat sebuah misi Anda sendiri yang bisa disebarkan kepada komunitas atau orang lain. Game ini juga menyediakan beragam alat tempur yang bisa digunakan.

Salah satu hal penting yang diperhatikan oleh pengembang game saat ini adalah masalah pembajakan maka Bohemia Interactive Studio menggunakan program anti-bajakan SecureROM v.7 dan program FADE. Program FADE ini akan sangat menjengkelkan bagi para pengguna bajakan karena program ini akan menurunkan kemampuan ARMA 2, misal: akurasi senjata menurun drastis, AI rekan tim menjadi bodoh, pada kesempatan acak karakter Anda jadi burung secara tiba-tiba, dan lainnya.  Sebagai info tambahan, ekspansi ARMA 2 yakni ArmA 2: Operation Arrowhead sedang masa pengembangan dan berlatar di Asia Tengah.

Overall, ARMA 2 adalah game yang menarik untuk dimainkan tetapi tidak untuk semua orang. Semua fitur yang lengkap dan tampilan game yang menawan akan menggugah Anda untuk memainkan game ini. Kemampuan untuk berpikir sebagai ketua tim akan menantang Anda untuk menyelesaikan misi tanpa korban jiwa di pihak Anda. Sebuah game yang cocok bagi penggemar militer sejati, untuk merasakan getirnya medan peperangan, tanpa harus khawatir mati tertembak peluru 😀

Gimana, pasti langsung tertarik main setelah membaca review game ARMA 2 ini ya. Kalau begitu, Kitareview.com mengucapkan selamat bermain!

(Chibot/KitaReview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here