Travian

0
310

Travian

Berani adu strategi dan kekompakan dalam pertempuran online? Di game ini tempatnya..

DATA GAME

  • Nama Game: Travian
  • Jenis Game: Strategi – Massive Multiplayer Online
  • Developer: Travian Games GmbH
  • Website: www.travian.com

REVIEW


Game browser ini telah meraih game browser terpopuler pada tahun 2006. Karena game ini merupakan game strategi dimana pada awalnya kita memilih suku yang akan dimainkan. Di sini terdapat 3 suku yaitu suku Romawi, Galia dan Teoton. Ketika bermain anda hanya memiliki 1 desa dengan jumlah populasi 2. Dimana desa ini hanya memiliki  bangun utama dan 18 sumber daya yaitu 6 ladang, 4 kayu, 4 tanah liat dan 4 tambang besi. Pada ibukota sumber daya ini dapat dibangun pada level 20, sedangkan untuk desa selain ibukota tidak dapat dibangun melebihin level 10. Namun sebaliknya di ibukota tidak dapat dibangun barak besar, artifak dan istal besar.

Dari ketiga suku ini, yang paling kuat baik pertahan maupun menyerang adalah suku Romawi. Suku Romawi ini diperuntukan untuk orang yang bermain santai. Namun ada sedikit kelemahan yaitu ketika main di awal, suku Romawi menjadi tempat rampokan/jarahan bagi suku Teoton. Jadi sangat bahaya jika suku Romawi berada di sekitar suku Teoton. Mungkin sedikit strategi untuk menghindarinya:

  1. Diplomasi (IGM) agar tidak diserang
  2. Bergabung ke aliansi besar atau aliansi dimana anggotanya solid
  3. Minta kepada teman atau membuat ID lagi khusus suku Galia untuk dikirim pasukan bertahan (namun hati-hati terhadap Multi hunter)
  4. Jika sudah membuat pasukan jangan lupa untuk mengungsikan pasukan ketika lagi off agar tidak mati ketika diserang, dengan cara waktu PP (pergi pulang), dihitung waktunya ketika kita akan online kembali
  5. Minta siter kepada teman
  6. Sebelum perang besar upayakan membuat desa baru, dan carilah ladang gandum 15 buah, untuk dijadikan ibukota
  7. Apabila sudah tidak ada harapan di wilayah tersebut, usahakan membuat desa baru yang jauh dari konflik

Suku Galia merupakan suku yang kuat dalam bertahan, sehingga suku Teoton untuk menyerangnya akan berfikir dua kali. Adapaun taktik permainan Galia sabagai berikut:

  1. Ketika awal setelah menyelesaikan quis, jangan lupa membangun crany, suku Galia memiliki daya tampung Crany sebesar 2000
  2. Untuk menjaga desa dari serangan musuh diperlukan pasukan pertahan phalanx yang harganya tidak terlalu mahal. Catatan, pasukan phalanx merupakan pasukan pertahanan, jadi jangan sekali-kali menggunakan pasukan phalanx untuk menyerang, karena tidak efektif dari segi serangan dan bobot yang bisa di ambil dari rampasan. Kecuali desa yang diserang dalam kondisi kosong (tidak ada pasukan)
  3. Apabila pasukan pertahanan sudah ada, jangan lupa membangun perangkap.

Suku Teoton merupakan suku perampok, dimana pemain suku ini harus lebih aktif untuk lebih cepat membangun desa dan mencari jajahan disekitar agar tidak menjadi beban di kemudian hari.  Suku Teoton ini lemah dalam bertahan, jadi ada beberapa tips dalam permainan suku ini:

  1. Bangun barak lebih di utamakan dan buat pasukan Clubswinger atau 2:1 untuk pertubuhan pasukan 2 dan 1 untuk populasi (jumlah pasukan 2 kali jumlah populasi)
  2. Lebih aktif untuk melakukan serangan ke desa terdekat dengan tujuan untuk mengabil sumber daya, dimana hasilnya untuk membangun desa dan membuat pasukan.
  3. Jangan terlalu banyak Clubswinger jika bermain lama, karena tidak efektif dalam penyerangan
  4. Diusahakan membuat catas, tujuannya untuk menghancurkan desa yang jika diserang tidak dapat diamabil sumber dayanya. Tapi jangan lupa di scout dahulu untuk perhitungan sumber daya


Jika dalam pertempuran baik individu maupun aliansi menjadikan game ini lebih asik, karena sangat terpacu dalam mengatur strategi bagaimana bisa menjatuhkan musuh. Adapun taktik pernyerangan yang digunakan :

  1. Musuh terkadang lebih mengutamakan waktu penyarangan di malam atau dini hari
  2. Mengirim serangan tipuan ke musuh, beberapa kali agar kelihatan sibuk dalam defensif
  3. Jika diserang yang diperkirakan musuh mengunakan catas cobalah melakukan def, jika sekedar tipuan, balas juga dengan tipuan. Namun dicoba disisipkan pasukan full attack.
  4. Jika desa diserang dengan full attack, cobalah membalas dengan full attack pada waktu pasukan musuh kembali ke desanya (hitung dengan menggunakan toll travian)
  5. Dalam pertempuran aliansi serangan tipuan dan kekompakan sangat dibutuhkan agar musuh kalang kabut dalam memberikan pertahanan dan memberikan gandum untuk pasukan
  6. Dalam melakukan serengan catas ketika populasi masih kecil, utamakan serangan bangunan utama, kemudian ladang, atau penggilingan gandum. Kalau sudah populasi besar target dirubah menyerang ladang lebih diutamakan. Karena dengan berkurangnya ladang otomatis memberi makan pasukan mengalami kerepotan
  7. Pertempuran  melawan natar dan perang aliansi diperlukan pasukan puluhan ribu untuk menyerang maupun bertahan jangan lupa naikan pabrik perisai, kekompakan aliansi dibutuhkan
  8. Untul chief, senator dan Chieftain dapat mengusai desa jadi milik pemain lain kecuali ibukota yang tidak dapat ditaklukan. Desa baru bisa ditaklukan juga bangunan kastil sudah di hancurkan.

Akhir game ini adalah apabila keajaiban dunia (Wonder Of World) sudah tercapai level 100. Keajaiban dunia ini hanya dapat di bangun di daerah suku Natar. Suku Natar  ini sendiri dimainkan/digerakkan oleh NPC (Non Player Character, karakter yang dikendalikan oleh komputer/server). Jadi setiap pemain harus menguasai desa suku Natar, kemudian menjaganya dari serangan Natar dan pemain lain. Perlu diingat, suku Natar pada server normal akan datang pada hari ke 300 setelah server dimulai. Namun untuk server speed suku natar akan datang pada 100 hari setelah server dimulai.

Seru banget kan? Banyak strategi yang bisa anda jalankan  di game Travian ini. Tertarik untuk mencoba memainkannya? Yuks..Yuks..Yuuuukkss.. 🙂

(Grandong/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleSeal Online
Next articleDoTA (Defence of The Ancients)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here