Review Film Silent Hill

“Suasana mencekam dan menyeramkan dari kota mati Silent Hill, berhasil digambarkan dengan baik di film ini.”

2
1222
Review Film Silent Hill

DATA FILM

  • Judul Film: Silent Hill
  • Genre: Horor – Drama – Thriller
  • Sutradara: Christophe Gans
  • Produser: Samuel Hadida – Don Carmody – Konami – Team Silent
  • Penulis Skenario: Roger Avary – Christophe Gans – Nicolas Boukhrief
  • Distributor: TriStar Pictures
  • Negara: Perancis – Canada – Jepang – Amerik
  • Bahasa: Inggris – Jepang
  • Durasi: 127 menit
  • Tahun Rilis:
    • 21 April 2006 (Amerika)
    • 13 Oktober 2006 (Indonesia)

PEMERAN UTAMA

  • Radha Mitchell sebagai Rose Da Silva
  • Jodelle Ferland sebagai Sharon Da Silva / Alessa
  • Sean Bean sebagai Christopher Da Silva
  • Laurie Holden sebagai Cybil Bennett

SINOPSIS FILM SILENT HILL

Rose dan suaminya Chistopher Da Silva khawatir dengan kondisi anak angkatnya, Sharon, yang selalu mengalami mimpi buruk dan suka berjalan dalam tidurnya (sleepwalking). Dalam mimpinya, Sharon selalu menyebut kata Silent Hill berulang-ulang. Karena merasa putus asa dan penasaran atas hal ini, Rose membawa Sharon menuju kota Silent Hill, tanpa sepengatahuan Christopher.

Dalam perjalanannya, mereka bertemu dengan polisi wanita yang bernama Cybil Bennet, yang merasa curiga kepada Rose sebagai seorang penculik anak. Rose dan Sharon, yang kemudian dikejar oleh Cybil menggunakan motor polisi, melanjutkan perjalanan dengan tergesa-gesa. Tepat di luar kota Silent Hill, tiba-tiba muncul seorang anak kecil muncul di depan mobil mereka. Kecelakaan pun terjadi ketika Rose berusaha menghindar agar tidak menabrak anak tersebut. Rose pingsan, dan ketika sadar Sharon telah menghilang.

Rose pun mencari Sharon ke dalam kota Silent Hill yang penuh kabut dan debu. Tidak hanya itu, kota tersebut kemudian berubah menjadi kota yang seperti ada dalam mimpi buruk dan penuh dengan makhluk menyeramkan. Sambil mencari anaknya, Rose menyadari bahwa kota Silent Hill memiliki rahasia kelam, dan rahasia itu berhubungan dengan Sharon..

TRAILER

REVIEW SINOPSIS FILM SILENT HILL

PERINGATAN: Film ini sangat menyeramkan dan penuh dengan gambar yang mengganggu! Bagi yang menggemari game ber-genre survival horror di Playstation, pasti tahu akan Silent Hill. Game ini memiliki setting tempat dan monster jahat yang lebih menyeramkan dibandingkan game sekelasnya, Resident Evil. Jadi jangan heran bila banyak yang tidak berani memainkan game ini sendirian, apalagi memainkannya pada malam hari :p

Loading...

Tapi sekarang Kita tidak akan membahas soal game Silent Hill, melainkan filmnya. Menurut Kita, film ini adalah satu-satunya film yang sukses mengadaptasi game-nya. Kita kecewa ketika menonton film Resident Evil, Doom, bahkan Final Fantasy: The Spirits Within. Tapi Silent Hill beda. Dari segi cara penyampaian cerita, alur, karakter, setting, sampai hantu dan monster jahatnya, sangat mirip dengan apa yang ada di dalam game-nya. Suasana mencekam dan menyeramkan dari kota mati Silent Hill, berhasil digambarkan dengan baik di film ini. Bahkan terasa lebih menegangkan dibandingkan film horor pada umumnya.

Coba anda bayangkan, melihat kota mati, sunyi tanpa penghuni, bangunan tua yang tak terurus dan diselimuti kabut, sudah berhasil membangun suasana menyeramkan dan membuat tegang. Ditambah lagi tiba-tiba terdengar bunyi sirine jaman perang dunia ke-2, dan beberapa detik setelah sirine usai, kota Silent Hill tiba-tiba berubah menjadi kota hantu, seperti yang ada dalam mimpi-mimpi buruk Kita, dan mungkin juga Anda. Tembok bangunan berubah warna menjadi seperti besi yang sudah berkarat, jalan raya berubah menjadi seperti jembatan yang terbuat dari anyaman kawat, dimana pemandangan di bawahnya adalah api dan lahar dari gunung berapi, dan makhluk-makhluk menyeramkan bermunculan dari segala arah. Dan pemeran utama dari film ini, Rose, harus berusaha bertahan hidup dari semua itu, demi menyelamatkan nyawa anaknya. Benar-benar menyeramkan! Bahkan untuk menceritakannya kembali di sini saja, berhasil membuat bulu kuduk Kita berdiri!

Untuk kualitas akting memang tidak bisa dibilang wah, walau juga tidak buruk. Sebagaimana yang biasanya terjadi di film horor, tidak banyak dialog di film ini, kecuali untuk menyampaikan cerita. Walau begitu, Anda tidak akan banyak memperhatikan semua itu, karena plot cerita mengalir dengan baik dan suasana mencekam sepanjang film sangat berhasil dibangun. Oh iya, Anda juga akan bisa melihat pemeran Boromir (Lord of The Ring) di film ini, yaitu Sean Bean, yang berperan sebagai Christopher, ayah dari Sharon.

Bagi Anda yang belum pernah memainkan game-nya, tidak perlu khawatir. Film Silent Hill ini bisa berdiri sendiri, sehingga tetap bisa Anda nikmati dan mengerti, sekalipun Anda belum pernah memainkan game-nya. Tapi bila Anda adalah penggemar game Silent Hill, atau setidaknya pernah memainkannya, maka film ini adalah film yang WAJIB Anda tonton. Dijamin akan puas! Dan yah..tidak bisa tidur, karena terus terbayang dengan kengerian Silent Hill, untuk dua atau tiga hari :p

(FrameRate/Kitareview.com)

REVIEW OVERVIEW
Review Film Silent Hill
8.8
SHARE
Previous articleNothing But The Truth
Next articleReview Film Grace

2 COMMENTS

  1. Serem banget lah gua pernah nonton di sana ada monster yang namanya
    “Pyramid Head”=Salah satu monster yang kepalanya seperti pyramid tetapi memanjang ke depan dan moster itu seperti monster yang menjaga kota itu dari monster yang membahayakan,dia memiliki penjara di kota silent hill dan di dalamnya ada monster lain yang membahayakan…
    Contoh jalan ceritanya: Saat itu Ros Da Silva secara tidak sengaja berjalan melewatinya dan dari dalam penjaranya muncul tangan tangan para monster dan pyramid head pun datang dan Ros Da Silva langsung sembunyi , pyramid head langsung memotong tangan para momster yang keluar dari balik jeruji,, … ,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here