The International

0
215

The International
The International merupakan sebuah suguhan thriller action package yang cukup menjanjikan..

DATA FILM

  • Judul Film: The International
  • Genre: Thriller – Action
  • Sutradara: Tom Tykwer
  • Produser: Lloyd Philips, Charles Roven, Richard Suckle
  • Penulis Skenario: Eric Singer
  • Studio Produksi: Columbia TriStar Motion Picture Group
  • Distributor: Sony Pictures Releasing
  • Negara: Amerika
  • Bahasa: Inggris
  • Durasi: 118 menit
  • Tahun Rilis: 17 April 2009 (Indonesia)


PEMERAN UTAMA

  • Clive Owen sebagai  Louis Salinger
  • Naomi Watts sebagai Eleanor Whitman
  • Armin Mueller-Stahl sebagai Wilhelm Wexler
  • Ulrich Thomsen sebagai Jonas Skarssen
  • Haluk Bilginer sebagai Ahmet Sunay


SINOPSIS

Seorang interpol, Louis Salinger, mendapati bahwa dirinya ternyata berhadapan dengan kasus rumit. Dimana sebuah bank kelas international, IBCC, dicurigai melakukan transaksi untuk membeli senjata dengan seorang perusahaan pembuat senjata asal Italia. Sangat aneh jika sebuah bank membeli persenjataan, karena bank bukan sebuah organisasi yang membutuhkan persenjataan, apalagi dalam jumlah besar yang cukup untuk memulai perang. Dibantu rekannya, Eleanor Whitman, membuka kedok sebuah bank besar bukan perkara mudah, karena informan-informan mereka sudah dihabisi terlebih dahulu sebelum bisa dikorek informasinya oleh seorang sniper.

Perjalanan berlanjut dengan melacak sniper tersebut, hingga mendapati bahwa Wilhelm Wexler, seorang penasihat bank tersebut ternyata ikut terlibat. Maka perjalanan lintas Eropa dan Amerika mereka lakukan hingga ternyata sampai pada pembuat senjata asal Turki, Ahmet Sunay, saingan si perusahaan Italia. Pembelian senjata tersebut ternyata bukan hanya untuk memulai perang saja, namun demi sebuah tujuan besar bank tersebut yang menyangkut keadaan finansial dunia.



TRAILER

 


REVIEW


The International merupakan sebuah suguhan thriller action package yang cukup menjanjikan, mengingat terdapat aktor dan aktris papan atas, Clive Owen dan Naomi Watts. Digarap dengan dialog penuh dengan sarat konflik, sehingga perkenalan dengan karakter-karakternya sangat singkat. Tanpa basa basi, film ini dibuka dengan adegan salah satu adegan pembunuhan. Menit berikutnya kita akan berkutat dengan karakter Louis Salinger yang sangat keras dan idealis serta tanpa neko-neko.

Alur cerita yang dibangun oleh Tom Tykwer selaku sutradara, memang sangat fokus pada kasus bank tersebut. Sehingga tidak menyisakan side story lainnya yang dapat dibangun sebagai perkenalan kepada karakter-karakter lain selain karakter Louis, termasuk karakter Eleanor Whitman.

Selain alur yang fokus tersebut, ritme yang dibuat juga cukup cepat, termasuk berbagai masalah dalam film ini yang finishing serba cepat. Akibat dari alur di atas, emosi yang hendak dibangun menjadi agak hambar. Tykwer juga tampak kurang paham menjadikan sebuah thriller menjadi sajian tegang ala Bourne Ultimatum misalnya. Dengan dialog-dialog yang sangat terfokus, cerita menjadi agak datar, tidak terbangun dengan baik. Hingga ditutup kemudian dengan ending yang pasti akan membuat sebagian penonton senang, atau sebaliknya, selesai menonton film ini dengan berbagai pertanyaan.

Datarnya cerita juga bisa dialamatkan pada pembangunan karakter yang terkesan biasa. Karakter milik Clive Owen dibuat tidak untuk membuat penasaran penonton, karena pembawaan karakternya terkesan blak-blakan. Sedangkan Naomi Watts Nampak hanya sekedar tempelan dari aksi-aksi karakter Owen. Tapi by the way, tetap tidak ada salahnya menonton film serius ini. Walau bergenre thriller, film ini tidak lupa akan akar film thriller khas Hollywood, yaitu sajian action yang mumpuni. Tidak terlalu banyak, namun action-nya tetap dibesut dengan sangat baik. Jadi tidak ada alasan untuk anda tidak menontonnya =)

(Jack/Kitareview.com)

SHARE
Previous articleConstantine
Next articleQuantum of Solace

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here