Review Film Taken

2
1191

“Menonton film Taken merupakan pengalaman menonton film aksi yang tidak terlupakan, dan pantas untuk ditonton berulang ulang.”

DATA FILM

– Judul Film: Taken
– Genre: Action – Thriller
– Sutradara: Pierre Morel
– Penulis Skenario: Luc Besson – Robert Mark Kamen
– Produser: Luc Besson
– Studio Produksi: EuropaCorp
– Distributor: 20th Century Fox
– Negara: Perancis
– Bahasa: Inggris, Perancis, Albania, Arab,
– Durasi:  93 menit
– Tahun Rilis:
– 27 Februari 2008 (Prancis)
– 30 Januari 2009 (Amerika)

PEMERAN UTAMA

– Liam Neeson sebagai Bryan Mills
– Maggie Grace sebagai Kim Mills
– Famke Janssen sebagai Lenore (Lenny)
– Xander Berkeley sebagai Stuart
– Katie Cassidy sebagai Amanda

SINOPSIS

Kesibukannya sebagai agen CIA, membuat Bryan Mills harus kehilangan istrinya, Lenore dalam sebuah perceraian. Bahkan ia juga harus merelakan putrinya, Kim diasuh oleh Lenore yang akhirnya menikah lagi dengan seorang pengusaha kaya, Stuart. Berusaha untuk memperbaiki hubungannya dengan Kim, Bryan kemudian berhenti dari pekerjaan yang sudah menjadi bagian hidupnya itu dan pindah kota agar dapat lebih dekat dengan putrinya tersebut.

Suatu hari, Bryan yang kini bekerja sebagai seorang pengawal bayaran, mendapatkan undangan makan siang dari Kim, ternyata undangan tersebut hanya “akal-akalan” putrinya, agar ia untuk diperbolehkan pergi ke Paris, untuk liburan. Awalnya Bryan menolak permintaan Kim, karena mengkhawatirkan keselamatan putrinya yang masih berusia 17 tahun itu. Apalagi belakangan diketahui Kim hanya pergi berdua saja dengan sahabatnya, Amanda. Namun karena tak tega melihat anak gadisnya itu kecewa, dan desakan dari sang ibu, maka dengan berat hati dan beberapa syarat, Bryan pun merelakan kepergian Kim.

Rupanya ketakutan Bryan yang sedikit berlebihan itu bukanlah tanpa alasan, karena suatu malam tepat pada saat ia menghubungi Kim melalui ponselnya, Bryan dikejutkan dengan kabar yang diberikan Kim bahwa ada beberapa orang asing yang memasuki apartemen tempat putrinya itu tinggal, dan melakukan penculikan terhadap Amanda. Didera rasa khawatir yang teramat sangat, Bryan berusaha untuk menenangkan Kim dan kemudian memberikan beberapa instruksi kepadanya untuk bersembunyi. Sayang Kim harus tertangkap, namun sebelumnya ia sempat memberikan beberap informasi penting kepada Bryan. Apa yang dilakukan oleh Bryan selanjutnya? Apakah ia berhasil menyelematkan nyawa Kim dan Amanda?

TRAILER

REVIEW FILM TAKEN

Taken mungkin bisa dibilang adalah contoh bagaimana sebuah action-thriller  berkualitas itu dibuat. Film yang ditulis oleh Luc Besson dan disutradarai oleh Pierre Morel ini, bukan hanya film yang mengandalkan adegan-adegan aksi brutal tanpa otak belaka, namun juga memiliki elemen cerita dan karakter yang kuat. Sehingga mampu memberikan sebuah tontonan yang menegangkan, enjoyable, sekaligus menghibur dari awal sampai akhir.

Walaupun hanya bertindak sebagai penulis cerita, namun tidak bisa dipungkiri pengaruhnya seorang Luc Besson cukup besar di film berdurasi kurang lebih satu jam setengah ini. Seperti alur cerita yang cepat, dengan perpidahan adegan-adegan yang dinamis, ditambah dengan aksi yang brutal namun terkesan elegan. Dengan cerita yang terbilang ringan, namun tidak terkesan murahan, film Taken penonton diajak merasakan ketegangan demi ketegangan yang dibangun dengan baik. Apalagi didukung dengan berbagai adengan pemacu adrenalin, yang divisualisasikan dengan cukup baik.

Pengembangan karakter BryanMills  sebagai seorang ayah yang sangat mencintai putrinya pun tergambar dengan dinamis. Khususnya pada awal film, dimana karakter yang diperankan dengan luar biasa“keren” oleh seorang Liam Neeson, mengalami pengembangan dari seorang yang lembut menjadi seseorang yang dingin, brutal dan penuh amarah. Berbicara Liam Nesson, memang tidak bisa dipungkiri bahwa kharisma dan kemampuan aktor kelahiran Irlandia Utara, 7 Juni 1952 ini, merupakan faktor utama film produksi EuropaCorp ini mendapatkan jiwanya. Disini Nesson benar tampil “kick ass”, sebagai seorang “rambo” modern, yang berjuang demi putri kesayangannya.

Overall, film Taken memiliki cerita menarik, adegan aksi laga yang pas, dan dukungan karakter yang luar biasa, menjadikan Taken sebuah tontonan yang menghibur sekaligus menegangkan. Sebuah pengalaman menonton film aksi yang tidak terlupakan, dan pantas untuk ditonton berulang ulang.

Semoga kamu suka dengan review film Taken dari Kitareview.com ini. Selamat menonton 🙂

(Hafilova/Kitareview.com)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here