Confessions Of An Economic Hit Man

0
716

785666720_20091005043410_buku-ehm copy
“Melalui buku ini, John Perkins memaparkan bagaimana bobroknya tindak tanduk para Economic Hit Man ini.”

DATA BUKU

  • Judul Buku: Confessions Of An Economic Hit Man: Pengakuan Seorang Ekonom Perusak
  • Jenis Buku: Umum
  • Judul Asli: Confessions Of An Economic Hit Man
  • Penulis: John Perkins
  • Penerbit: Abdi Tandur
  • Bahasa: Indonesia
  • Tebal Buku: 278 halaman
  • Dimensi Buku (P x L): 15,5 x 14 cm
  • ISBN: 979-3047-27-5
  • Website Resmi Penerbit: http://www.gramedia.com
  • Harga:
      • Gramedia: Rp.75.000 (Update Oktober 2009)
      • BukuKita.com: Rp.63.750 (Update Oktober 2009)


SINOPSIS

Dalam cerita pribadi yang memukau ini, Perkins menceritakan perjuangan pribadinya dari seorang pelayan kerajaan menjadi pejuang yang gigih untuk hak asasi manusia dan orang-orang tertindas. Seebagai hasil rekutmen terselubung oleh United States National Security Agency dan tercantum sebagai penerima gaji dari perusahaan konsulatan internasional, dia berkelana ke berbagai pelosok dunia – ke Indonesia, Panama, Ekuador, Kolumbia, Saudi Arabia, Iran dan negara strategis lainnya. Pekerjaannya adalah menerapkan kebijakan yang mempromosikan kepentingan korporatokrasi (Koalisi pemerintah, bank dan korporasi) Amerika Serikat, sambil menyatakan minat mengurangi kemiskinan – suatu kebijakan yang sebenarnya mengasingkan berbagai bangsa serta meyebabkan peristiwa 11 September dan meningkatkan Anti-Amerika.


REVIEW

Dalam buku ini John Perkins mengisahkan kisah hidupnya sebagai seorang Economic Hitman (EHM), atau dalam bahasa Indonesianya diterjemahkan sebagai tukang pukul ekonomi atau penghancur ekonomi negara lain. Para EHM ini bertujuan supaya negara-negara berkembang menjadi sangat bergantung secara ekonomi kepada negara Amerika Serikat. Salah satunya adalah Indonesia. Sehingga Kita pun menjadi tertarik untuk membacanya.

Melalui buku ini John Perkins memaparkan bagaimana bobroknya tindak tanduk para EHM ini. Mulai dari melakukan penyuapan hingga pembunuhan para petinggi negara bahkan pemimpin negara. Salah satunya adalah Omar Torrijos, pemimpin negara Panama. Kematian Omar Torrijos menjadi salah satu alasan John Perkins untuk hengkang dari pekerjaannya sebagai tukang pukul ekonomi.

Omar Torrijos dibunuh karena Panama tidak ingin tunduk pada sistem korporasi yang dibangun oleh para EHM ini. Di mana sistem korporasi ini memang hanya merugikan Panama dan memberikan keuntungan yang besar bagi korporasi-korporasi dari Amerika Serikat.

Pada contoh lainnya, John Perkins juga membeberkan bagaimana menderitanya suku-suku pedalaman di Amerika Selatan  seperti suku Shuar. Mereka menderita karena ekosistem daerah yang sudah mereka diami selama beratus-ratus tahun menjadi hancur karena ulah perusahaan penambangan minyak bumi dari Amerika Serikat.

Buku ini layak dibaca dan Kita tidak terkejut jika buku ini menjadi salah satu buku yang best-seller di negaranya, Amerika Serikat. Walaupun Kita agak kecewa dengan sedikitnya fakta-fakta yang dibeberkan oleh John Perkins dalam buku ini. Tapi tetap merupakan sebuah buku yang menarik untuk dibaca..

(Gerry/Kitareview.com)
SHARE
Previous articleFreakonomics
Next articlePersonal Attraction

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here