Change! Manajemen Perubahan dan Harapan

0
1049

1198850087_20091116062841_buku-change copy
“Bacalah buku ini. Dan terapkan ke dalam perusahan anda.”

DATA BUKU

  • Judul Buku: Change! Manajemen Perubahan dan Harapan
  • Jenis Buku: Umum
  • Penulis: Rhenald Kasali
  • Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
  • Bahasa: Indonesia
  • Cetakan Pertama: Maret 2005
  • Tebal Buku: 434 halaman
  • Dimensi Buku (P x L): 14.5 x 24 cm
  • No. ISBN: 979-22-1232-9
  • Website Resmi Penerbit: http://www.gramedia.com
  • Harga:
      • Gramedia: Rp.109.000 (Update November 2009)


SINOPSIS


Berubah, diubah, paradox of change

Sigmoid Curve dan perjalanan bangsa-bangsa
Melompat ke kurva ke-2
Melihat, bergerak, dan menyelesaikan perubahan
Membentuk “Belief
Action Oriented, Simplicity
Transformasi nilai-nilai dan budaya korporat
Manajemen Harapan
Pesta Perubahan

Sering kali seorang CEO, termasuk saya sendiri, berhadapan dengan perubahan setelah dia sudah berada di ambang pintu. Situasi seperti ini mungkin dapat diatasi, tetapi pasti hasilnya bukankah suatu potensi atau pun kegunaan. Buku ini menjelaskan bagaimana pemimpin menghadapi semua itu.

Manajemen perubahan sangat dibutuhkan agar perubahan yang dicanangkan tidak berubah menjadi keterpurukan-keterpurukan dan berujung pada kegagalan. Seperti yang diuraikan dalam buku ini, kita harus melibatkan banyak pihak untuk melihat, bergerak dan yang bergerak belum tentu mampu menyelesaikan.

Crescit eundo, bertumbuh selagi berjalan. Di buku ini, Sdr. Rhenald Kasali menulis siklus kehidupan yang harus dilalui, baik oleh semua mahluk hidup, alam, manusia, perusahaan, maupun bangsa-bangsa di dunia. Hanya mereka yang mampu melakukan adaptasi dengan perubahan yang mampu bertahan melewati kurva tersebut. Buku ini saya nilai sangat tepat waktu dan tepat temanya karena ditertibkan di tengah-tengah kondisi bangsa kita yang sedang mengalami pilihan-pilihan dilematis pada zaman yang senantiasa berubah.

Nilai-nilai social harmony yang terjadi di BUMN mau tidak mau harus diperkaya dengan nilai-nilai kecepatan, berorientasi pada bisnis, pelayanan pasar, dan competitiveness. BUMN mutlak harus berubah menjadi lebih profesional dan profitable. Buku ini dapat memperkaya profesional di BUMN dalam melakukan perubahan, termasuk transformasi nilai-nilai.

Eksekutif Indonesia umumnya hanya tahu bagaimana mengelola keteraturan dan suasana yaang tumbuh. Bagaimana mengelola perusahaan yang sedang turun? Eksekutif harus terbiasa dengan perubahan dan cepat mengantisipasinya.


REVIEW

Tidak ada yang abadi, semua serba berubah. Yang abadi hanyalah perubahan itu sendiri. Perubahan adalah isu utama yang dikupas tuntas dalam buku Change!. Dari judulnya saja tentu anda sudah dapat menerka bahwa isu utama dari buku ini adalah perubahan, dalam lingkup organisasi atau perusahaan.

Pada bab-bab awal buku ini akan menjelaskan apa itu perubahan, dan mengapa perubahan sangat perlu bahkan terkadang harus terjadi. Berubah atau dirubah. Sentuhan gaya bahasa formal ala text book kuliah. Namun diracik sedemikian rupa sehingga  mudah dimengerti dan tidak membingungkan, membuat buku ini sangat menarik dibaca. Percayalah pada Kita. Dalam buku ini anda akan disajikan hidangan yang padat ilmu ala text book, namun tetap nikmat “dikunyah”. Salut untuk Bapak Rhenald Kasali =)

Buku ini juga dilengkapi dengan banyak sekali contoh-contoh kasus. Mulai dari bagaimana Lee Guan Yu merubah Singapura yang kotor dan kumuh, restrukturisasi PT. Dirgantara Indonesia, Irwan Hidayat dengan Sido Muncul , Jack Welch “The Neutron Bomb” mengubah General Electric (padahal saat itu GE sedang pada masa jaya nya, ironis bukan?).

Buku ini disusun demikian rapi, dan runut. Mulai dari apa itu  perubahan (what)? Mengapa harus berubah (why)? Kapan harus berubah (when)? Sampai kepada bagaimana memulai perubahan dan mempercepat perubahan (how).

Bacalah buku ini. Dan terapkan ke dalam perusahan anda. Karena mungkin saja saat ini, “kanker” ganas sedang menggerogoti perusahaan anda.(Andi/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here