Review Buku The Twilight Saga: Breaking Dawn

“Stephanie Meyer sukses menghadirkan sebuah kisah yang tidak biasa, penuh emosi dan menjadi fenomenal di dunia saat ini.”

0
819
review buku the twilight saga breaking dawn

DATA BUKU

  • Judul Buku: The Twilight Saga: Breaking Dawn
  • Jenis Buku: Novel
  • Genre: Fiksi – Fantasi
  • Nama Penulis: Stephanie Meyer
  • Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
  • Bahasa: Indonesia
  • Cetakan Pertama: Juni 2009
  • Tebal Buku: 864 halaman
  • Dimensi Buku (P x L): 13,5 x 20 cm
  • Website Resmi Penerbit: http://www.gramedia.com
  • No.ISBN: 978-979-22-4308-6
  • Harga:
    • Gramedia: Rp.95.000 (Harga Update Agustus 2010)

DATA LAINNYA

KARAKTER UTAMA

  • Isabella Swan
  • Edward Cullen
  • Jacob Black
  • Renesmee Carlie Cullen

SINOPSIS TWILIGHT SAGA: BREAKING DAWN

Bila kau mencintai orang yang membunuhmu, kau tak punya pilihan. Bila nyawamu satu-satunya yang harus kauberikan untuk orang yang kaucintai, bagaimana mungkin kau tidak memberikannya?

Bagi Bella Swan, mencintai dan dicintai vampir bernama Edward adalah bagaikan khayalan dan mimpi buruk yang dirajut jadi satu ke dalam kenyataan. Bukan itu saja, hubungannya yang sangat istimewa dengan Jacob Black sang werewolf, ternyata menyeret Bella ke pilihan-pilihan pelik yang membuat hati keduanya tercabik-cabik.

Tapi konon cinta harus memilih, dan karenanya Bella harus memutuskan. Dan sebagai orang yang sangat mengenal Bella, Jacob tahu persis apa keputusan gadis itu. Lalu sanggupkah Jacob meninggalkan Bella selamanya untuk menyembuhkan luka-luka hatinya sendiri? Dan ketika Bella mencarinya, sanggupkah Jacob mengatakan tidak?

REVIEW
 TWILIGHT SAGA: BREAKING DAWN

Yap, BREAKING DAWN.. Buku terakhir dari seri Twilight setelah Twilight, New Moon, dan Eclipse, karya Stephanie Meyer ini memang sangat ditunggu karena menyimpan kisah akhir perjalan cinta Edward Cullen sang vampir dan Bella Swan. Dengan sub judul “Awal Yang Baru”, buku ini mengisahkan kisah hidup Bella yang baru sebagai vampir dengan keluarga kecil barunya. Buku yang dikemas dalam 864 halaman ini, terdiri dari 3 bagian berdasarkan sudut pandang. Jadi bisa dianggap wajar jika bukunya cukup tebal. Bagian pertama menggunakan sudut pandang Bella, terdiri dari 154 halaman. Bagian kedua menggunakan sudut pandang Jacob, terdiri 247 halaman, dan bagian ketiga kembali pada sudut pandang Bella yang terdiri 247 halaman. Meskipun tidak ada secara khusus bagian yang menggunakan Edward sebagai sudut pandanganya, jangan khawatir, Edward tidak menghilang seperti di seri dua, New Moon, karena Edward tetap muncul dalam bagian pertama hingga bagian ketiga.

Buku ini sangat menarik karena banyak ketegangan yang ditampilkan. Selain itu semua hal yang menjadi pertanyaan pembaca mulai terjawab. Semua kisah dari setiap tokoh disempurnakan pada buku ini. Banyak tokoh dan karakter-karakter baru bermunculan sehingga pembaca harus lebih teliti untuk menemukan benang merah antara tiap karakter. Hal-hal yang tidak terduga pun mulai bermunculan seperti kekuatan perisai yang dimiliki Bella setelah menjadi vampir, kekuatan Renesmee yang merupakan kebalikan dari kekuatan kedua orang tuanya ataupun Jacob yang akhirnya mengalami imprint (khas shape-shifter) yang dapat menemukan jodohnya dan jatuh cinta secara tiba-tiba) dengan Renesmee.

Loading...

Diawali dengan kisah romantik yang banyak ditunggu-tunggu oleh semua pecinta Twilight. Apalagi kalau bukan pernikahan antara Bella dan Edward. Pernikahan Bella dan Edward nyaris seperti kisah dongeng. Bella didandani dengan begitu cantik oleh Alice dan Edward makin terlihat tampan dalam balutan busana pesta pengantin. Setelah menikah mereka berbulan madu dan ditengah bulan madu ternyata Bella hamil. Ia berusaha setengah mati mempertahankan kehamilannya. Hal paling menarik dalam buku ini tentu saja lahirnya si cantik Renesmee Carlie Cullen atau yang disapa Nessie.

Si kecil buah cinta Edward CUllen dan Bella ini sangat mencuri perhatian. Sosoknya yang menggemaskan dan jenis nya yang belum disadari membuat orang bertanya-tanya akan kelanjutan kisahnya. Ternyata Nessie adalah jenis vampir hibrida yaitu vampir setengah manusia. Ia tetap punya sifat manusia walaupun juga memiliki sifat khas vampir. Kekuatan yang dimilikinya adalah mengirimkan pikiran melalui sentuhan. Kisah ini berakhir happy ending dengan keluarga kecil baru yang dimiliki Edward Cullen dengan tiga kekuatan luar biasa yaitu membaca pikiran (Edward), perisai(Bella), mengirimkan pikiran melalui sentuhan (Renesmee).

Saat ini, setelah bukunya yang laris manis dan digemari banyak kalangan, Breaking Dawn akan ditampilkan dalam sebuah film. Hal ini juga sangat dinanti-nanti oleh banyak orang yang ingin menyaksikan kepiawaian akting Robert Pattinson dan Kristen Stewart. Stephanie Meyer sukses menghadirkan sebuah kisah yang tidak biasa, penuh emosi dan menjadi fenomenal di dunia saat ini.

(Sheila_Elia/Kitareview.com)

REVIEW OVERVIEW
Review Buku The Twilight Saga: Breaking Dawn
8.5
SHARE
Previous articleReview Buku The Twilight Saga: Eclipse
Next articleA Thousand Splendid Suns

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here