Detektif Conan

0
178

Detektif Conan
..komik
ini bisa dibilang sangat baik, karena mampu menyuguhkan alur cerita
yang seru, menegangkan, sedikit romantis, bahkan terkadang agak konyol.


DATA BUKU

    • Judul Buku: Detektif Conan
    • Jenis Buku: Komik
    • Genre: Serial Detektif
    • Nama Pengarang: Aoyama Ghoso
    • Penerbit: Elex Media Komputindo
    • Bahasa: Indonesia
    • Cetakan Pertama: Januari 1997
    • Tebal Buku: –
    • Dimensi Buku (P x L): 11 x 17,5 cm
    • Jumlah Volume: 1 – … (belum tamat)
    • No. ISBN: 979-637-789-6
    • Website Resmi Penerbit: http://www.elexmedia.co.id
    • Harga:
        • Gramedia: Rp.15.000 (Harga Update Januari 2010)


KARAKTER UTAMA

  • Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa
  • Kogoro Mouri
  • Ran Mouri


SINOPSIS


Shinichi Kudo yang duduk di kelas 2 SMU Teitan adalah seorang detektif SMU yang sangat terkenal, karena telah berkali-kali memecahkan kasus-kasus sulit, sehingga dijuluki “Penyelamat Kepolisian Jepang”. Suatu hari, ketika tengah berkencan bersama kekasihnya, Ran Mouri, dia bertemu dengan lelaki berjubah hitam yang sangat mencurigakan. Rasa keingintahuannya membuat dia membuntuti lelaki tersebut. Karena ketahuan menyaksikan aksi kejahatan yang dilakukan oleh organisasi misterius itu, maka untuk membungkam mulutnya, Shinichi diberikan obat yang baru dikembangkan oleh organisasi tersebut. Akibat obat tersebut tubuhnya jadi mengecil.
Karena kebingungan, Shinichi mengganti nama menjadi Conan Edogawa dan untuk menyembunyikan identitasnya ia tinggal di rumah Ran, sekaligus kantor detektif swasta Kogoro Mouri. Untuk menyempurnakan penyamarannya dia pun bersekolah di SD Teitan. Petualangan dari komik ini justru dimulai ketika Shinichi Kudo telah mengecil dan berganti nama menjadi Conan Edogawa dan tinggal di rumah Ran. Karena sejak saat, itu Conan banyak sekali membantu Kogoro Mouri dalam memecahkan kasus-kasus dari klien.

REVIEW


Nama Aoyama Gosho pasti sudah tidak asing lagi bagi para pecinta komik Jepang atau yang biasa disebut manga. Kalian juga pasti langsung teringat dengan sebuah komik yang berjudul… Yap… Benar sekali, Detektif Conan, Komik adalah salah satu karya terbaik yang pernah dibuatnya. Dan berkat komik ini pula, beliau mampu memenangkan Shogakukan Manga Award untuk kedua kalinya. Dengan manga tersebut juga, beliau membuktikan sekali lagi eksistensi dan kemampuannya dalam membuat karya-karya yang spektakuler.
Detektif Conan, dari judulnya terdapat kata “detektif”. Anda pasti berpikir lingkup ceritanya mengenai detektif, dan seringkali menangani sebuah kasus dari yang ringan, sampai yang paling sulit sekalipun. Tetapi Anda jangan mengambil kesimpulan dengan secepat itu. Menurut Kita, komik yang satu ini mampu menggambarkan seorang detektif  dari sudut yang berbeda, tidak seperti kebanyakan komik-komik detektif lain.

Detektif Conan banyak memiliki tokoh yang unik dan sangat berkarakter. Seperti misalnya Conan Edogawa yang tidak lain adalah Shinichi Kudo, yang mengecil karena obat yang diberikan oleh organisasi misterius. Profesor Agasa yang mampu menciptakan alat-alat yang canggih dan mutakhir. Kogoro Mouri yaitu seorang detektif swasta yang terkenal dengan julukan “Kogoro Tidur” karena selalu memberikan analisis ketika dalam kondisi tidur (padahal Conan-lah yang memberikan analisis dengan bantuan alat yang diciptakan Profesor Agasa). Kid Si Pencuri, sang pencuri legendaris yang selalu lolos dari genggaman polisi dalam setiap melancarkan aksinya. Kemudian ada grup detektif cilik yang dibentuk oleh Conan dan teman-teman SD-nya, dan masih banyak lagi tokoh pendukung lainnya yang tidak kalah uniknya. Menjadikan komik ini memiliki cerita yang sangat luas dan beragam, tidak hanya menceritakan kasus yang terjadi di seputar Kogoro Mouri saja.

Secara keseluruhan, komik ini bisa dibilang sangat baik, karena mampu menyuguhkan alur cerita yang seru, menegangkan, sedikit romantis, bahkan terkadang agak konyol. Jarang sekali ada komik yang mampu menyatukan semua elemen yang ada di atas. Oleh karena itu, sudah seharusnya komik ini bisa menjadi salah satu koleksi, yang pantas ditambahkan dalam deretan koleksi komik Anda! =)


(aRz/Kitareview.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here